Alun-Alun Kidul Jogja: Harga Tiket & Aktivitas

Posted on
Harga Tiket Masuk Alun-Alun Kidul Jogja: Gratis
Jam Buka: 24 jam
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Jl. Alun-Alun Kidul, Patehan, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55133

Yogyakarta, kota dengan pesona budaya dan keindahan alamnya, menyimpan beragam destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah Alun-Alun Kidul, atau yang lebih populer dikenal dengan sebutan Alkid. Terletak di belakang Keraton Yogyakarta, Alun-Alun Kidul adalah sebuah taman wisata yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang ingin menikmati pesona Jogja di malam hari.

Alun-Alun Kidul Jogja

Dahulu, tempat ini difungsikan sebagai tempat untuk menentramkan hati dan dipercaya sebagai lokasi beristirahat para dewa. Namun, kini Alun-Alun Kidul semakin diminati oleh wisatawan dari berbagai kalangan karena menyajikan beragam hiburan dan kuliner khas Yogyakarta. Di Alun-Alun Kidul, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seru tanpa harus membayar tiket masuk, karena tempat ini menawarkan akses gratis untuk siapa saja.

Beragam kegiatan menarik dapat dinikmati di sini, mulai dari ritual Mitos Masangin, naik kereta hias yang berlampu corak, hingga menjajal kuliner malam khas Yogyakarta. Aktivitas seru di Alun-Alun Kidul ini menarik minat berbagai kalangan, termasuk pelajar, warga sekitar, dan wisatawan yang datang berkunjung. Pengunjung seringkali berlama-lama di taman ini karena semaraknya lampu lampion dan hiburan yang dihadirkan, menciptakan suasana malam yang mengasyikkan.

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul atau Alkid merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang menawarkan berbagai aktivitas seru tanpa harus membayar tiket masuk. Taman wisata ini memberikan akses gratis bagi siapa saja yang ingin menikmati pesona malam Jogja. Pengunjung dari berbagai kalangan, baik pelajar, warga sekitar, hingga para turis, dapat mengunjungi Alkid tanpa biaya tiket masuk. Dengan begitu, tempat ini semakin diminati sebagai tujuan rekreasi dan hiburan.

No. Aktivitas Harga Tiket Masuk (per orang)
1 Ritual Masangin Gratis
2 Naik Kereta Hias Rp20.000 – Rp60.000
3 Kuliner Malam Hari Varian harga tergantung menu
4 Pertunjukan Khusus Gratis
5 Kandang Gajahan Gratis

Meskipun tidak ada tiket masuk resmi untuk masuk ke Alun-Alun Kidul, berbagai aktivitas yang ditawarkan di dalamnya mungkin memiliki biaya tersendiri. Misalnya, untuk melakukan ritual Masangin, beberapa pedagang menyediakan jasa penyewaan penutup mata dengan tarif sekitar Rp5.000.

Baca:  Candi Borobudur Magelang: Harga Tiket Masuk & Aktivitas

Begitu juga dengan naik kereta hias yang berlampu corak di sekitar Alkid, pengunjung dapat menyewa sepeda tandem, becak mini, hingga andong mini dengan harga berkisar antara Rp20.000 hingga Rp60.000. Selain itu, wisata kuliner malam hari yang menggoda selera juga dapat dinikmati dengan harga terjangkau di berbagai warung sekitar Alkid.

Jam Buka Alun-Alun Kidul Jogja

Alun-Alun Kidul merupakan destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung setiap saat, karena tempat ini buka selama 24 jam penuh. Pengunjung dapat mengunjungi Alkid kapan saja, baik siang maupun malam, tanpa harus khawatir tentang jam operasional. Hal ini menjadikan Alun-Alun Kidul sebagai salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu malam di Yogyakarta.

Berikut adalah tabel jam buka Alun-Alun Kidul Jogja:

Hari Jam Buka Jam Tutup
Setiap Hari 24 Jam Penuh 24 Jam Penuh

Dengan jam buka yang fleksibel, pengunjung dapat mengatur waktu kunjungan mereka dengan lebih leluasa. Bagi mereka yang ingin menikmati suasana malam hari di Jogja, Alun-Alun Kidul menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati hiburan, kuliner, dan aktivitas menarik tanpa harus terikat oleh jam operasional. Selain itu, suasana Alkid yang ramai dan penuh warna di malam hari memberikan pengalaman berbeda yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

Aktivitas Seru di Alun-Alun Kidul Jogja

Alun-Alun Kidul Jogja tidak hanya menawarkan suasana malam yang menyenangkan, tetapi juga beragam aktivitas seru yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Alun-Alun Kidul Jogja:

Mitos Masangin

Mitos Masangin

Salah satu aktivitas yang paling terkenal di Alun-Alun Kidul adalah Mitos Masangin. Mitos ini melibatkan dua beringin besar yang berada di tengah alun-alun. Pengunjung dapat mencoba melewati antara dua pohon tersebut dengan mata tertutup. Konon, hanya mereka yang memiliki hati yang bersih dan tulus yang dapat melewati masangin dengan lancar. Mitos ini menjadi daya tarik bagi banyak pengunjung yang ingin membuktikan kebenarannya.

Naik Kereta Hias

Naik Kereta Hias

Untuk mengitari Alun-Alun Kidul dengan lebih mudah dan menyenangkan, pengunjung dapat menyewa sepeda tandem, becak mini, atau andong mini yang dihias dengan lampu-lampu berwarna. Naik kereta hias ini merupakan pengalaman yang menyenangkan, terutama saat malam hari ketika suasana alun-alun semakin meriah dengan lampu-lampu berwarna yang berkilauan.

Baca:  Watu Goyang Jogja: Harga Tiket & Aktivitas Seru

Wisata Kuliner Malam Hari

Wisata Kuliner Malam Hari

Bagi pecinta kuliner, Alun-Alun Kidul juga menyajikan beragam kuliner khas Yogyakarta yang lezat. Pengunjung dapat menikmati aneka makanan ringan dan berat di warung-warung sekitar alun-alun. Salah satu kuliner yang sering menjadi favorit adalah Wedang Ronde dan Bajigur. Menikmati kuliner malam hari di tengah suasana alun-alun yang ramai dan meriah akan menjadi pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Melihat Pertunjukan Khusus

Melihat Pertunjukan Khusus

Pada hari Sabtu di minggu kedua setiap bulannya, Alun-Alun Kidul menyajikan pertunjukan wayang yang berlangsung semalam suntuk di Sasono Hinggil Dwi Abad. Selain itu, menjelang upacara Grebeg, pengunjung juga bisa menyaksikan geladi bersih upacara Grebeg yang diadakan di Alun-Alun Kidul. Menyaksikan pertunjukan-pertunjukan khusus ini akan menambah kesan dan pengalaman wisata yang berbeda di Alun-Alun Kidul.

Kandang Gajah dan Cilok Gajahan

Kandang Gajah dan Cilok Gajahan

Meskipun kandang gajah sudah pindah ke Kebun Binatang Gembira Loka, area yang dulu menjadi kandang gajah keraton kini dikenal dengan sebutan “Gajahan.” Di area ini, pengunjung dapat menemukan Cilok Gajahan yang terkenal dan sering menjadi incaran wisatawan. Cilok Gajahan adalah makanan khas Yogyakarta yang berbentuk bulat seperti bakso, tetapi terbuat dari bahan baku yang berbeda dan memiliki rasa yang unik. Kandang Gajah dan Cilok Gajahan adalah salah satu tempat menarik untuk menghabiskan waktu di Alun-Alun Kidul.

Dengan beragam aktivitas seru yang ditawarkan, Alun-Alun Kidul Jogja menjadi tempat yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata malam yang menyenangkan. Baik Anda ingin mencoba mitos masangin, mengelilingi alun-alun dengan kereta hias, menikmati kuliner malam, atau menyaksikan pertunjukan khusus, Alun-Alun Kidul siap menyambut Anda dengan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Selain itu, suasana yang ramai dan penuh warna di malam hari membuat pengalaman wisata di Alun-Alun Kidul Jogja semakin berkesan.

Fasilitas di Alun-Alun Kidul Jogja

Alun-Alun Kidul Jogja menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung selama berada di area wisata ini. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di Alun-Alun Kidul:

  1. Toilet Umum: Alun-Alun Kidul memiliki fasilitas toilet umum yang dapat digunakan oleh pengunjung. Toilet ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang ingin melakukan istirahat atau kegiatan lainnya.
  2. Halte: Di sekitar Alun-Alun Kidul terdapat halte untuk angkutan umum. Fasilitas halte ini memudahkan pengunjung yang ingin menggunakan transportasi umum untuk mencapai lokasi alun-alun.
  3. Area Parkir: Bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi, Alun-Alun Kidul menyediakan area parkir yang luas dan aman untuk meletakkan kendaraan. Dengan adanya fasilitas parkir ini, pengunjung dapat dengan mudah meninggalkan kendaraan dan menikmati waktu di area alun-alun.
  4. Fasilitas Umum Lainnya: Selain itu, Alun-Alun Kidul juga menyediakan berbagai fasilitas umum lainnya seperti tempat duduk, tempat penitipan barang, dan tempat beristirahat. Fasilitas ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjung selama berada di alun-alun.
Baca:  Candi Sambisari: Tiket Masuk, Sejarah & Pesona

Dengan adanya fasilitas yang lengkap dan nyaman, pengunjung dapat menikmati wisata di Alun-Alun Kidul dengan lebih menyenangkan. Fasilitas yang tersedia di alun-alun juga memastikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung selama berada di lokasi wisata. Dengan begitu, pengalaman wisata di Alun-Alun Kidul Jogja akan menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan.

Lokasi Alun-Alun Kidul Jogja

Alun-Alun Kidul Jogja atau yang lebih dikenal dengan sebutan Alkid merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Yogyakarta. Lokasinya yang strategis membuat alun-alun ini mudah dijangkau oleh para wisatawan yang datang ke kota istimewa ini. Berikut adalah lokasi lengkap Alun-Alun Kidul Jogja:

Alamat: Jl. Alun-Alun Kidul, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55133

Alun-Alun Kidul berlokasi tepat di belakang Keraton Yogyakarta dan hanya berjarak beberapa langkah dari Jalan Malioboro, salah satu ikon wisata terkenal di kota ini. Jika Anda berada di kawasan Malioboro, cukup ikuti arah menuju selatan melalui Jalan Wijilan, dan dalam waktu singkat, Anda akan sampai di Alun-Alun Kidul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *