Bukit Klangon Sleman: Daya Tarik & Harga Tiket

Posted on
Harga Tiket Masuk Bukit Klangon Sleman: Rp4.000 – Rp15.000
Jam Buka: 24 Jam
Nomor Telepon: +62 813 3494 0725
Alamat / Lokasi: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman Regency, DI Yogyakarta, Indonesia, 55583

Sleman, salah satu wilayah di Yogyakarta, menyimpan pesona alam yang menakjubkan, salah satunya adalah Bukit Klangon. Bukit ini juga dikenal dengan nama Bukit Indah Glagaharjo dan menjadi destinasi favorit bagi para pecinta alam dan petualangan. Meskipun belum terlalu populer seperti beberapa destinasi wisata lainnya, Bukit Klangon menawarkan pengalaman yang tak kalah menarik.

Bukit Klangon Sleman

Terletak di Desa Glagaharjo, Bukit Klangon adalah kawasan tertinggi di wilayah tersebut, dan dari sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan spektakuler Gunung Merapi yang kokoh dan megah. Saat Gunung Merapi aktif, pengunjung bahkan dapat memantau aktivitasnya dengan jelas dari kejauhan. Dalam perjalanan wisata, harga tiket masuk menjadi pertimbangan penting bagi para pengunjung.

Namun, jangan khawatir, untuk menikmati keindahan alam dan aktivitas seru di Bukit Klangon, tiket masuknya sangat terjangkau. Selain itu, bagi yang ingin merasakan pengalaman unik berkemah di atas bukit dengan pemandangan Gunung Merapi, tersedia juga tarif khusus untuk camping. Selama berkemah di Bukit Klangon, pengunjung akan disuguhkan suasana alam yang sejuk dan menyegarkan, serta kesempatan untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan segarnya udara di Bukit Klangon, dikenakan tarif masuk yang sangat terjangkau. Berikut adalah daftar harga tiket masuk untuk berbagai jenis kunjungan di Bukit Klangon:

Jenis Tiket Harga Tiket
Tiket Masuk Kunjungan Umum Rp4.000
Tiket Masuk Camping Rp15.000

Jika Anda berencana untuk berkemah di Bukit Klangon, ada beberapa syarat yang perlu diperhatikan. Wajib melakukan reservasi melalui WhatsApp ke nomor +62 813 3494 0725 sebelumnya. Setibanya di lokasi, Anda harus melakukan pendaftaran ulang. Perlu diingat bahwa camping hanya diperbolehkan di dalam area Bukit Klangon, dan tidak diperkenankan untuk mencari kayu bakar sembarangan.

Baca:  Dino Adventure: Aktivitas Seru & Harga Tiket Masuk

Selain itu, larangan menggunakan sirine, peluit, klakson, kembang api, dan sejenisnya berlaku demi menjaga ketenangan lingkungan sekitar. Jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga fasilitas yang ada. Patuhi peraturan dan panduan yang berlaku agar Anda dapat menikmati pengalaman camping yang menyenangkan dan aman di Bukit Klangon.

Jam Buka Bukit Klangon

Bukit Klangon merupakan tempat yang menawarkan pengalaman menakjubkan dengan panorama alamnya yang memukau. Pengunjung dapat menikmati keindahan bukit ini kapan saja, karena kawasan wisata ini tidak memiliki jam operasional yang ketat. Bukit Klangon selalu buka dari pagi hingga sore hari, memberikan fleksibilitas kepada para pengunjung untuk datang dan menikmati pesona alamnya sesuai dengan jadwal mereka. Berikut adalah jam buka Bukit Klangon:

Jenis Kunjungan Jam Buka
Camping 24 Jam
Kunjungan Umum 06.00 – 16.00

Dengan jam buka yang luas, Anda dapat mengatur waktu kunjungan Anda sesuai dengan preferensi pribadi. Bagi para pecinta alam dan penggemar pemandangan indah, kunjungan di pagi hari dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan dengan sinar matahari pagi yang menyinari Bukit Klangon. Sementara itu, kunjungan di sore hari juga menawarkan keindahan matahari terbenam di cakrawala yang memukau.

Daya Tarik Bukit Klangon Sleman

Bukit Klangon Sleman adalah destinasi wisata alam yang menawarkan daya tarik luar biasa bagi para pengunjung. Berlokasi di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, bukit ini menyajikan pemandangan yang memukau serta berbagai aktivitas seru yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Berikut beberapa daya tarik yang membuat Bukit Klangon layak menjadi tujuan liburan Anda:

Menikmati Keindahan Alam

Menikmati Keindahan Alam

Bukit Klangon berada di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut, menyebabkan udara di daerah ini sangat sejuk. Pengunjung dapat menikmati kesegaran udara dan panorama alam yang menakjubkan. Bukit ini dikelilingi oleh hamparan perkebunan milik warga dengan tanaman yang subur, menciptakan pemandangan alam yang memukau. Selain itu, dari Bukit Klangon, Anda dapat melihat Gunung Merapi dengan jelas. Puncak Gunung Merapi yang kokoh dan megah menjadi pemandangan yang mengagumkan, terutama saat cuaca cerah.

Baca:  Gembira Loka Zoo: Harga Tiket & Berbagai Aktivitas Seru

Bersepeda Downhill

Bersepeda Downhill

Bagi para pecinta olahraga sepeda, Bukit Klangon menyediakan fasilitas arena downhill yang menarik. Lintasan sepeda yang menantang dengan berbagai rintangan dan medan naik turun akan menguji ketangkasan dan adrenalin Anda. Pengalaman bersepeda downhill di tengah keindahan alam Bukit Klangon akan menjadi momen yang tak terlupakan.

Mendaki Bukit dan Trekking

Mendaki Bukit dan Trekking

Bagi pengunjung yang menyukai petualangan alam, Bukit Klangon menawarkan kesempatan untuk mendaki bukit dan trekking. Mendaki menuju puncak bukit tidak memerlukan waktu yang lama dan dapat dilakukan oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Selama mendaki, Anda dapat menikmati suara-suara burung dan serangga yang bersahutan, menciptakan suasana alam yang menenangkan dan menyegarkan.

Berkemah

Berkemah

Bukit Klangon juga menyediakan area landai yang cocok untuk berkemah atau camping. Anda dapat merasakan sensasi berkemah di atas bukit dengan pemandangan Gunung Merapi yang menakjubkan. Namun, untuk berkemah di Bukit Klangon, Anda perlu mengunjungi pengelola terlebih dahulu dan melakukan pendaftaran ulang. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan berkemah yang cukup dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Bukit Klangon Sleman menawarkan pengalaman wisata alam yang lengkap dengan keindahan panorama alam, aktivitas seru, dan kesempatan untuk berpetualang di tengah alam yang asri. Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Bukit Klangon menjadi destinasi liburan yang ideal bagi keluarga dan teman-teman.

Fasilitas

Bukit Klangon Sleman menyediakan beragam fasilitas yang memastikan kenyamanan dan keamanan para pengunjung selama berada di lokasi. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Bukit Klangon:

  1. Area Parkir
  2. Fasilitas Toilet
  3. Tempat Makan
  4. Area Camping
  5. Pusat Informasi Wisata

Dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman, Bukit Klangon Sleman memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan bagi para pengunjung. Nikmati berbagai aktivitas seru di alam terbuka dengan fasilitas yang mendukung, serta abadikan momen-momen tak terlupakan di destinasi wisata alam yang menawan ini.

Baca:  Taman Sari Jogja: Aktivitas, Spot Foto & Harga Tiket

Lokasi Bukit Klangon

Bukit Klangon Sleman terletak di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini sangat strategis dan mudah dijangkau oleh para pengunjung. Untuk memudahkan perjalanan Anda, berikut adalah beberapa informasi tentang cara mencapai Bukit Klangon:

1. Dari Kota Yogyakarta:

  • Jarak antara Kota Yogyakarta dan Bukit Klangon sekitar 22 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan tergantung kondisi lalu lintas.
  • Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau sepeda motor, untuk mencapai lokasi ini. Rute yang biasa diambil adalah melalui Jalan Kaliurang hingga mencapai pertigaan Monumen Jogja Kembali (Monjali).
  • Dari Monjali, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Desa Glagaharjo hingga tiba di Bukit Klangon.

2. Dari Bandara Adisutjipto:

  • Jika Anda tiba di Bandara Adisutjipto, perjalanan menuju Bukit Klangon sekitar 31 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam tergantung kondisi lalu lintas.
  • Rute yang umum diambil adalah melalui Jalan Solo hingga mencapai Jalan Ring Road Utara. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Kaliurang hingga sampai di pertigaan Monjali.
  • Dari sana, ikuti rute menuju Desa Glagaharjo hingga mencapai Bukit Klangon.

3. Dengan Kendaraan Umum:

  • Jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau travel yang beroperasi dari Terminal Giwangan Yogyakarta menuju Kaliurang.
  • Setibanya di Kaliurang, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau kendaraan sewa menuju Bukit Klangon.

Bukit Klangon Sleman menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, beragam aktivitas menarik, dan kesejukan udara pegunungan. Berwisata di sini akan memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama berada di Bukit Klangon. Selamat menikmati keindahan alam dan serunya petualangan di Bukit Klangon Sleman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *