Candi Borobudur Magelang: Harga Tiket Masuk & Aktivitas

Posted on
Harga Tiket Masuk Candi Borobudur: Rp25.000-Rp375.000
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
Nomor Telepon: 0274 496402 / 08112688000
Alamat / Lokasi: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56553

Indonesia memiliki harta berharga dalam bentuk warisan budaya, dan di antaranya terhamparlah keagungan Candi Borobudur. Candi yang menjulang megah di tengah kota Magelang ini tak hanya menjadi kebanggaan Indonesia, tetapi juga menarik minat dunia untuk menyelami kekayaan sejarah dan keindahan budaya yang luar biasa. Sebagai salah satu keajaiban dunia, Candi Borobudur mampu memukau hati wisatawan dengan pesonanya yang tak terlupakan.

Candi Borobudur Magelang

Candi Borobudur bukan hanya sekedar struktur batu kuno, melainkan simbol mendalam yang mencerminkan kebijaksanaan Buddha dan keindahan seni. Setiap sudutnya memancarkan cerita-cerita yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini, memungkinkan kita untuk merenung sejarah panjang dan perjalanan spiritual.

Kali ini TravelSantai akan membawa Anda dalam perjalanan mengagumkan melalui harga tiket masuk dan berbagai aktivitas seru yang bisa Anda nikmati di dalam kompleks Candi Borobudur. Dengan begitu, Anda akan memiliki panduan yang tepat untuk merencanakan kunjungan tak terlupakan ke salah satu tempat paling ikonik di Indonesia ini.

Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Sebelum memasuki keindahan spiritual Candi Borobudur, tentu Anda perlu mengetahui tarif tiket masuk yang berlaku. Tidak perlu khawatir, harga tiket masuk ke Candi Borobudur terbilang cukup terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan pengalaman tak terlupakan yang akan Anda dapatkan di dalamnya. Berikut adalah daftar harga tiket masuk Candi Borobudur:

Tiket Masuk Harga
Anak (3-10 tahun) / Dewasa Lokal Rp25.000 – Rp50.000
Naik Candi (Bhumisambhara/Caitya) Anak / Dewasa Rp75.000 – Rp120.000
Terusan Borobudur & Prambanan / Borobudur & Ratu Boko Dewasa Rp75.000
Terusan Borobudur & Prambanan / Borobudur & Ratu Boko Anak-Anak Rp35.000
Turis Anak Mancanegara (3-10 tahun) / Dewasa Mancanegara Rp225.000 – Rp375.000

Perlu dicatat bahwa tarif tiket dapat berubah sewaktu-waktu, jadi disarankan untuk memeriksa informasi terbaru sebelum rencana kunjungan Anda. Dengan tiket masuk yang terjangkau, Anda akan dapat menikmati pesona Candi Borobudur dan segala aktivitas menarik yang ditawarkannya.

Jam Buka

Candi Borobudur adalah destinasi yang mengagumkan sepanjang tahun, dan Anda bisa mengunjunginya setiap hari. Taman Wisata Candi Borobudur buka mulai pagi hingga sore, memberikan waktu yang cukup bagi Anda untuk menjelajahi dan menikmati keindahannya. Berikut adalah jam buka resmi Candi Borobudur:

Jenis Kunjungan Jam Buka
Loket Tiket 06.30 – 16.30 WIB
Kunjungan Candi 07.00 – 17.00 WIB

Pastikan Anda tiba di lokasi dengan waktu yang cukup untuk menjelajahi setiap sudut candi dan menikmati kegiatan yang ditawarkan. Meskipun jam buka bisa berubah sesuai kondisi tertentu, informasi di atas memberi Anda gambaran umum tentang waktu kunjungan yang tepat.

Baca:  Wisata Alam Kalibiru: Tiket Masuk & Spot Foto

Dengan jam buka yang luas, Anda dapat merencanakan kunjungan Anda dengan lebih fleksibel, mulai dari menyaksikan matahari terbit hingga menjelang senja yang memukau di Candi Borobudur.

Salah Satu Candi Budha Terbesar di Dunia

Salah Satu Candi Budha Terbesar di Dunia

Candi Borobudur, dengan keindahan dan makna budayanya yang mendalam, adalah salah satu candi Buddha terbesar dan paling spektakuler di dunia. Dibangun pada abad ke-9 oleh Dinasti Sailendra, candi ini menjadi lambang kebesaran agama Buddha dan keahlian arsitektur pada masa itu. Terletak di Magelang, Jawa Tengah, Candi Borobudur telah mengundang banyak pengunjung dari berbagai belahan dunia.

Bangunan candi ini dirancang dengan prinsip arsitektur Mandala, yang memiliki makna simbolik dalam ajaran Buddha. Candi Borobudur terdiri dari tiga zona yang mewakili perjalanan spiritual: Kamadhatu (alam nafsu), Rupadhatu (alam rupa), dan Arupadhatu (alam tanpa rupa). Setiap zona dihiasi dengan relief yang menggambarkan kisah-kisah dari ajaran Buddha dan legenda Buddha Siddhartha Gautama.

Candi Borobudur juga memiliki tingkatan yang mengarah ke stupa besar di puncaknya, melambangkan pencapaian pencerahan spiritual. Puncak stupa ini menghadap ke segala penjuru mata angin, mencerminkan ide ajaran Buddha yang merangkul semua arah dan semua makhluk. Keunikan arsitektur, filosofi, dan keindahan alam sekitarnya menjadikan Candi Borobudur sebagai tempat yang menginspirasi dan memukau bagi siapa pun yang mengunjunginya.

Aktivitas Seru Candi Borobudur

Candi Borobudur bukan hanya tentang melihat bangunan bersejarah, tetapi juga tentang merasakan pengalaman yang unik dan mendalam. Di dalam kawasan candi ini, tersedia berbagai aktivitas yang menghadirkan lebih dari sekadar kunjungan biasa. Inilah beberapa aktivitas seru yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Candi Borobudur:

Menikmati Keasrian Taman Lumbini

Menikmati Keasrian Taman Lumbini

Taman Lumbini, yang terletak di zona dua kompleks Candi Borobudur, adalah tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan santai sambil menikmati keindahan alam. Taman ini memiliki rerumputan hijau yang rapi dan dikelilingi oleh pepohonan yang menambah kesejukan. Taman ini juga menjadi tempat berbagai acara, seperti pernikahan dan pelepasan lampion, yang menambah suasana romantis dan magis.

Benda Bersejarah di Museum Candi Borobudur

Benda Bersejarah di Museum Candi Borobudur

Di dalam kawasan Taman Wisata Candi Borobudur, Anda dapat menemukan berbagai museum yang menampilkan benda-benda bersejarah terkait candi dan budaya Indonesia. Museum GUSBI (Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia) memiliki koleksi unik dan rekor dunia, sementara Museum Kapal Samudraraksa memamerkan sebuah kapal yang melintasi lautan dari Afrika hingga Indonesia. Museum Borobudur menyajikan informasi lebih mendalam tentang sejarah dan arsitektur candi.

Baca:  Taman Pelangi Jogja: Harga Tiket & Aktivitas Seru

Museum GUSBI

Museum GUSBI (Galeri Unik dan Seni Borobudur Indonesia) merupakan tempat yang menarik untuk melihat koleksi unik dan rekor dunia. Di sini Anda dapat melihat berbagai hal tak lazim, termasuk jas terbesar di Indonesia dan manusia terpendek bernama Mas Islahudin. Meskipun tidak dikelola oleh Taman Wisata Candi, museum ini bisa menjadi pengalaman yang menarik untuk melengkapi kunjungan Anda ke Candi Borobudur.

Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudraraksa menampilkan sebuah kapal yang pernah berlayar dari Afrika hingga Indonesia. Kapal ini menjadi saksi bisu perjalanan maritim jauh pada masa lampau. Anda dapat memasuki kapal ini dengan membeli tiket khusus. Melalui museum ini, Anda dapat memahami lebih dalam tentang perdagangan dan hubungan maritim antara berbagai wilayah.

Museum Borobudur

Museum Borobudur adalah tempat yang cocok untuk mendalami pengetahuan tentang Candi Borobudur. Di sini Anda dapat menemukan informasi lebih rinci tentang sejarah pembangunan candi, filosofi di balik arsitekturnya, dan detail-detail yang mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang saat Anda berada di lokasi. Melalui museum ini, Anda akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kekayaan budaya dan spiritual yang diwariskan oleh Candi Borobudur.

Berkeliling Dengan Kereta Odong-Odong

Bagi yang ingin berkeliling area candi tanpa harus berjalan jauh, kereta odong-odong bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Tiket untuk naik kereta odong-odong cukup terjangkau dan akan membawa Anda berkeliling taman sekitar Candi Borobudur. Perjalanan dengan kereta ini juga akan membawa Anda melewati kandang gajah, memberikan pengalaman yang unik dan berkesan.

Menikmati Sunrise

Menikmati Sunrise

Salah satu momen paling ikonik di Candi Borobudur adalah menikmati matahari terbit (sunrise) dari ketinggian candi. Dengan tingkatnya yang mencapai sembilan lapis, Candi Borobudur memberikan pemandangan yang menakjubkan saat matahari terbit. Anda dapat mengabadikan momen ini dengan foto-foto yang memukau. Biasanya, pagi hari lebih sepi dari pengunjung, memberi Anda kesempatan untuk menikmati suasana dengan lebih tenang.

Tentu saja, aktivitas-aktivitas di atas hanya sebagian kecil dari segala daya tarik yang dimiliki oleh Candi Borobudur. Setiap sudut candi dan setiap kegiatan yang ada di dalamnya memiliki cerita dan pengalaman unik yang bisa Anda nikmati. Dari keindahan alam dan seni budaya hingga kedalaman sejarah, Candi Borobudur memang memiliki daya tarik yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Candi Borobudur tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, tetapi juga pengalaman yang mendalam dan beragam. Jika Anda berkunjung ke Magelang, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan oleh Candi Borobudur.

Baca:  Pantai Trisik: Harga Tiket, Fasilitas & Spot Foto

Fasilitas

Candi Borobudur tidak hanya menawarkan keindahan dan sejarah yang memukau, tetapi juga fasilitas-fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan para pengunjung. Berbagai fasilitas ini akan memastikan bahwa pengalaman Anda saat mengunjungi Candi Borobudur menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan.

  • Toilet dan Area Istirahat
  • Restoran dan Warung Makan
  • Toko Souvenir
  • Pusat Informasi Wisata

Fasilitas-fasilitas ini hadir untuk memastikan bahwa setiap pengunjung merasa nyaman dan puas selama berkunjung ke Candi Borobudur. Dengan segala kenyamanan dan layanan yang disediakan, Anda dapat menjelajahi setiap sudut candi dengan tenang dan merasakan keajaiban sejarah serta keindahan alamnya tanpa khawatir.

Lokasi Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Lokasinya yang strategis membuat candi ini mudah diakses oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Berikut informasi lebih lanjut tentang lokasi Candi Borobudur:

Alamat: Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Aksesibilitas:

  • Dari Yogyakarta: Candi Borobudur dapat dicapai dalam waktu sekitar 1,5 jam perjalanan darat dari Yogyakarta. Anda dapat menyewa mobil atau menggunakan layanan transportasi umum seperti bus atau travel.
  • Dari Semarang: Perjalanan dari Semarang menuju Candi Borobudur memakan waktu sekitar 2,5 jam dengan mobil atau bus.
  • Dari Bandung atau Jakarta: Anda juga dapat menggunakan transportasi darat seperti bus atau kereta api untuk mencapai Candi Borobudur dari kota-kota di Jawa Barat.

Peta: Jika Anda menggunakan layanan navigasi seperti Google Maps, Anda dapat dengan mudah menemukan arah menuju Candi Borobudur dengan memasukkan alamat di atas.

Kontak:

  • Call Center: 0274 496 402
  • Email: info@borobudurpark.co.id

Media Sosial: Anda juga dapat mengikuti akun media sosial resmi Candi Borobudur di Instagram dengan nama pengguna @borobudurpark untuk mendapatkan informasi terbaru, foto-foto menarik, dan berbagai acara yang diadakan di tempat ini.

Dengan lokasi yang mudah dijangkau dan fasilitas yang lengkap, Candi Borobudur adalah destinasi wisata yang sempurna untuk para pelancong yang ingin merasakan keajaiban sejarah dan keindahan alam Indonesia. Tidak hanya menjadi warisan budaya yang berharga, tetapi juga tempat di mana Anda dapat merasakan kedamaian dan ketenangan di tengah keindahan arsitektur yang mengagumkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *