Candi Ratu Boko Jogja: Pesona & Harga Tiket

Posted on
Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko Jogja: Rp20.000 – Rp85.000
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
Nomor Telepon: 0274496406/08112688000
Alamat / Lokasi: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55572

Candi Ratu Boko adalah salah satu objek wisata di Yogyakarta yang memiliki daya tarik unik dan pesona sejarah yang memikat. Meskipun disebut sebagai candi, sebenarnya Candi Ratu Boko adalah kompleks kerajaan yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Berlokasi dalam satu kepengurusan dengan Candi Borobudur dan Prambanan, tempat ini menyuguhkan pesona keindahan alam serta keagungan bangunan batu yang menjadi peninggalan dari kerajaan masa lalu yang kini telah runtuh.

Candi Ratu Boko Jogja

Kompleks ini menjadi favorit para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan eksotis sekaligus menyelami sejarah. Candi Ratu Boko menawarkan harga tiket masuk yang terjangkau bagi para pengunjungnya. Terdapat pilihan paket wisata yang bisa dipilih, termasuk paket wisata bersama Candi Prambanan atau Borobudur.

Selain itu, wisatawan yang datang dalam rangka study tour sekolah dapat menikmati diskon khusus. Harga tiket masuk yang terjangkau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk menjelajahi pesona Candi Ratu Boko.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Berwisata ke Candi Ratu Boko tidak perlu khawatir tentang tiket masuk yang mahal, karena harga tiketnya tergolong terjangkau dan bervariasi sesuai dengan paket yang dipilih. Bagi wisatawan yang hanya ingin menikmati pesona Candi Ratu Boko saja, tiket masuknya dapat dibeli secara online dengan harga sekitar Rp19.000. Selain itu, tersedia juga paket wisata yang mencakup kunjungan ke Candi Ratu Boko dan Candi Prambanan atau Candi Borobudur dengan harga yang lebih kompetitif. Berikut adalah daftar harga tiket masuk Candi Ratu Boko:

No. Jenis Tiket Harga Tiket
1. Tiket Masuk Online Rp19.000
2. Sunrise And Sunset Tour Rp785.000
3. Tiket Masuk (Usia 10 tahun ke atas) Rp40.000
4. Tiket Masuk (Usia 3 – 10 tahun) Rp20.000
5. Tiket Masuk Terusan Ratu Boko – Candi Prambanan Rp85.000
6. Tiket Masuk Terusan Ratu Boko – Candi Borobudur Rp75.000
7. Tiket Masuk Terusan Ratu Boko – Candi Borobudur (Usia 3 – 10 tahun) Rp35.000

Pengunjung juga dapat memilih paket wisata yang sesuai dengan preferensi mereka. Tiket masuk untuk anak-anak berlaku dari usia 3 hingga 10 tahun, sedangkan tiket dewasa berlaku untuk usia 11 tahun ke atas. Dengan harga tiket yang terjangkau, pengalaman menyelami sejarah dan pesona Candi Ratu Boko menjadi semakin menarik dan tak terlupakan.

Baca:  Wisata Alam Kalibiru: Tiket Masuk & Spot Foto

Jam Buka Candi Ratu Boko

Bagi para wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi keindahan Candi Ratu Boko, tak perlu khawatir tentang jam buka, karena objek wisata ini menyambut pengunjung setiap harinya. Anda dapat menikmati pesona Candi Ratu Boko mulai dari pagi hingga sore hari, karena kompleks candi ini buka mulai pukul 07.00 pagi hingga 17.00 sore. Berikut adalah tabel jam buka Candi Ratu Boko:

No. Layanan Tiket Jam Buka
1. Layanan Tiket 07.00 – 17.00

Wisatawan dapat memilih waktu kunjungan yang sesuai dengan preferensi mereka, apakah ingin menikmati keindahan matahari terbit di Candi Ratu Boko atau menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang memukau di sore hari. Jam buka yang luas memberikan fleksibilitas bagi pengunjung untuk mengatur jadwal kunjungan mereka dengan lebih leluasa.

Daya Tarik & Pesona Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko memiliki daya tarik dan pesona yang unik bagi para pengunjung. Meskipun bukan candi sejati, kompleks kerajaan yang kini telah berubah menjadi reruntuhan ini menyimpan keindahan dan kekayaan sejarah yang menarik untuk dijelajahi. Berikut beberapa daya tarik utama yang bisa dinikmati di Candi Ratu Boko:

Berkeliling Situs Bersejarah Ratu Boko

Berkeliling Situs Bersejarah Ratu Boko

Saat mengunjungi Candi Ratu Boko, pengunjung akan diajak untuk berkeliling dan menjelajahi situs bersejarah ini. Kompleks kerajaan yang luas menyajikan pemandangan arkeologi yang menakjubkan, termasuk struktur bangunan batu, tangga, dan lorong yang dulu menjadi bagian dari kerajaan Ratu Boko. Wisatawan dapat menyusuri setiap sudut kompleks untuk merasakan aura sejarah yang menghantui dan menikmati keindahan alam di sekitar candi.

Gerbang Yang Ikonik

Gerbang Yang Ikonik

Bagian barat kompleks Candi Ratu Boko menyuguhkan pemandangan ikonik yaitu gerbang masuk ke kawasan wisata. Gerbang ini mengelompok dan berdiri di tempat yang cukup tinggi, menciptakan kesan megah dan kuno. Dari lokasi parkir, pengunjung akan berjalan sekitar 100 meter untuk mencapai gerbang ini. Gerbang utama terdiri dari lima gapura paduraksa yang sejajar dengan gerbang luar, menciptakan panorama yang memukau dan cocok untuk diabadikan dalam foto kenangan.

Candi Pembokoran

Candi Pembokoran

Salah satu daya tarik lainnya adalah Candi Pembokoran. Terletak kurang lebih 37 meter di arah timur laut dari gerbang utama, Candi Pembokoran memiliki bentuk teras tanah berundak dengan tinggi hingga 3 meter. Area ini memberikan pesona alam yang asri dengan luas pelataran dan teras berbentuk persegi. Pengunjung juga dapat menemukan sumur yang dipercaya sebagai tempat pembokoran mayat di tengah pelataran teras. Tidak hanya itu, keberadaan sumur tua yang dipercaya sebagai sumber air suci juga menambah daya tariknya.

Baca:  Heha Ocean View: Harga Tiket Masuk & Aktivitas Seru

Melihat Sunset

Melihat Sunset

Banyak pengunjung yang datang ke Candi Ratu Boko dengan tujuan untuk menyaksikan matahari terbenam atau yang sering disebut dengan “sunset”. Setelah mengunjungi Candi Prambanan pada siang hari, banyak wisatawan memilih untuk melanjutkan perjalanan ke Candi Ratu Boko untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Pemandangan matahari terbenam di Candi Ratu Boko bisa dinikmati sekitar pukul 17.00. Wisatawan dapat naik ke salah satu bangunan candi dan bersantai sambil menunggu matahari terbenam. Jika cuaca sedang cerah, cahaya keemasan matahari yang memancar dari balik awan akan menciptakan pemandangan yang memesona dan romantis, menjadi momen yang sempurna untuk diabadikan dalam foto kenangan.

Paseban Kraton Ratu Boko

Paseban Kraton Ratu Boko

Paseban merupakan bagian dari kompleks Candi Ratu Boko yang dulunya digunakan sebagai tempat menghadap raja. Terletak sekitar 45 meter di selatan dari gerbang utama, Paseban ini dibangun dari batu dengan tinggi 1,5 meter dan memiliki panjang 7 meter serta lebar 38 meter. Tempat ini memberikan gambaran mengenai kehidupan kerajaan pada masa lalu dan juga menjadi salah satu titik menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Goa Lanang dan Goa Wadon

Goa Lanang dan Goa Wadon

Di kawasan Candi Ratu Boko, terdapat dua gua yang bernama Goa Lanang dan Goa Wadon. Goa Lanang terletak di timur laut Paseban dan memiliki bentuk lorong persegi. Sementara itu, Goa Wadon terletak sekitar 20 meter di sebelah tenggara Paseban. Di dalam gua-gua ini, pengunjung dapat melihat relung seperti bilik dan pahatan-pahatan berbentuk semacam bingkai persegi panjang pada dindingnya. Keberadaan gua-gua ini menambah kesan misteri dan menarik perhatian wisatawan yang tertarik dengan sejarah dan arkeologi.

Candi Ratu Boko memberikan pengalaman berharga bagi para wisatawan yang menyukai eksplorasi sejarah dan menikmati keindahan alam. Pengunjung akan dapat menyaksikan reruntuhan kerajaan yang indah sambil menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam yang memukau.

Baca:  Balong Waterpark Jogja: Wahana Seru & Harga Tiket Masuk

Jelajahi setiap sudut kompleks Candi Ratu Boko, nikmati keajaiban arkeologi dan sejarahnya, serta abadikan momen tak terlupakan bersama kerabat atau teman-teman di tempat yang sarat dengan kekayaan budaya ini. Dengan pesona yang memikat dan daya tarik bersejarahnya, Candi Ratu Boko adalah destinasi yang wajib dikunjungi saat berlibur di Yogyakarta.

Fasilitas

Candi Ratu Boko sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di Yogyakarta telah menyediakan fasilitas yang memadai bagi para pengunjung. Fasilitas yang lengkap dan nyaman ini memastikan para wisatawan dapat menikmati kunjungan mereka dengan lebih menyenangkan. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung di Candi Ratu Boko:

  • Area Parkir
  • Toilet Umum
  • Tempat Istirahat
  • Warung dan Toko Suvenir
  • Pemandu Wisata
  • Fasilitas Keamanan
  • Pusat Informasi

Dengan adanya fasilitas yang lengkap dan terjamin, pengunjung dapat menikmati kunjungan mereka ke Candi Ratu Boko dengan lebih nyaman dan menyenangkan. Fasilitas-fasilitas ini memastikan para wisatawan memiliki pengalaman yang berkesan saat menjelajahi reruntuhan kerajaan yang kaya sejarah ini.

Lokasi Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko berada di Jalan Raya Jogja-Solo KM 16, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571, Indonesia. Lokasinya yang berdekatan dengan Candi Prambanan menjadikannya salah satu kombinasi wisata yang populer di Yogyakarta. Para pengunjung dapat dengan mudah mengakses lokasi candi ini menggunakan kendaraan pribadi, taksi, ojek daring, atau menggunakan tur wisata yang mengunjungi sejumlah tempat bersejarah di Yogyakarta.

Dari pusat kota Yogyakarta, para pengunjung dapat mengakses Candi Ratu Boko dengan waktu tempuh sekitar 30 hingga 45 menit tergantung dari kepadatan lalu lintas. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute menuju Candi Prambanan dan mengikuti petunjuk arah menuju Candi Ratu Boko. Terdapat area parkir yang luas di sekitar candi untuk menempatkan kendaraan Anda.

Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan layanan taksi atau ojek daring untuk mencapai Candi Ratu Boko. Anda juga dapat memanfaatkan tur wisata lokal yang menyediakan paket kunjungan ke berbagai tempat wisata di Yogyakarta termasuk Candi Ratu Boko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *