Coban Pelangi: Ragam Aktivitas & Harga Tiket

Posted on
Harga Tiket Masuk Coban Pelangi Malang: Rp10.000
Jam Buka: 07.00 – 17.00 WIB
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65157

Coban Pelangi, mungkin begitu namanya menggambarkan gambaran yang langsung muncul dalam pikiran kita – air terjun yang terkait dengan keindahan pelangi. Terletak di Desa Gubukklakah, Kabupaten Malang, Coban Pelangi adalah salah satu destinasi alam yang menakjubkan yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Malang.

Coban Pelangi Malang

Air terjun ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, tetapi juga memiliki keunikan khusus, yaitu fenomena munculnya pelangi yang sering terjadi di sekitar area ini. Air terjun Coban Pelangi mempesona dengan ketinggian 110 meter yang menawarkan pesona alam yang luar biasa.

Dikelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kawasan ini menawarkan pengalaman wisata yang harmonis dengan alam. Namun, sebelum Anda memulai petualangan ke Coban Pelangi, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, seperti harga tiket masuk, jam operasional, dan beragam aktivitas menarik yang bisa Anda nikmati. Artikel ini akan membimbing Anda melalui petualangan di Coban Pelangi, dari harga tiket hingga aktivitas seru yang bisa Anda ikuti.

Harga Tiket Masuk Coban Pelangi

Saat merencanakan kunjungan Anda ke Coban Pelangi, hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah biaya tiket masuk. Salah satu aspek yang luar biasa tentang Coban Pelangi adalah harganya yang sangat terjangkau. Biaya tiket masuk Coban Pelangi adalah:

Jenis Tiket Harga Tiket
Tiket Masuk Rp10.000

Dengan tiket masuk yang hanya seharga Rp10.000, Anda bisa mengeksplor keindahan air terjun ini dan menikmati berbagai aktivitas yang ada. Harga tiket yang sangat terjangkau ini membuat Coban Pelangi menjadi destinasi wisata yang sesuai untuk semua kalangan. Jadi, tak perlu khawatir akan merogoh kocek terlalu dalam saat berkunjung ke sini.

Baca:  Pantai Modangan: Aktivitas Seru, Daya Tarik & Harga Tiket

Jam Buka Coban Pelangi

Sebelum Anda merencanakan perjalanan ke Coban Pelangi, penting untuk mengetahui jam operasionalnya agar Anda dapat mengatur waktu kunjungan Anda dengan baik. Coban Pelangi membuka pintunya setiap hari dengan waktu operasional yang cukup luas. Jam buka Coban Pelangi adalah sebagai berikut:

Hari Jam Buka Jam Tutup
Setiap Hari 07.00 17.00

Coban Pelangi buka dari pagi hingga sore, memberi Anda kesempatan luas untuk mengeksplor keindahan air terjun dan menikmati aktivitas seru di sekitarnya. Namun, perlu diingat bahwa waktu terbaik untuk melihat pelangi di Coban Pelangi adalah antara pukul 10.00 dan 14.00 saat matahari bersinar terang.

Ragam Aktivitas Seru di Coban Pelangi

Coban Pelangi bukan hanya sekadar air terjun yang indah. Kawasan wisata ini juga menawarkan beragam aktivitas seru yang dapat memperkaya pengalaman Anda saat berkunjung. Inilah beberapa aktivitas menarik yang dapat Anda nikmati di Coban Pelangi:

Pesona Pemandangan Air Terjun

Pesona Pemandangan Air Terjun

Setibanya di Coban Pelangi, Anda akan menikmati pemandangan air terjun yang memukau. Perjalanan menuju air terjun melibatkan trekking sejauh 1 km dari pintu masuk. Anda akan melewati jalanan yang curam dan licin terutama saat musim hujan. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan air terjun dari jembatan bambu yang ikonik, yang sering digunakan sebagai latar belakang foto yang cantik.

Berkemah

Berkemah

Coban Pelangi memungkinkan Anda untuk berkemah di sekitarnya. Tempat wisata ini menyewakan area khusus untuk berkemah dan bahkan menyediakan perlengkapan berkemah jika Anda tidak ingin repot membawa perlengkapan sendiri. Karena udaranya cukup dingin di malam hari, pastikan Anda membawa jaket untuk menghadapinya dan selalu menjaga kebersihan area berkemah.

Naik Kuda

Naik Kuda

Anda juga dapat menikmati naik kuda selama kunjungan Anda di Coban Pelangi. Kuda-kuda yang tersedia di sini dapat Anda tunggangi selama 30 menit dengan tarif yang terjangkau. Kegiatan ini sangat cocok bagi mereka yang ingin menjelajahi kawasan air terjun dengan cara yang berbeda.

Baca:  FLORA WISATA San Terra De Laponte: Wahana & Harga Tiket

River Tubing

River Tubing

Salah satu aktivitas yang seru di Coban Pelangi adalah river tubing. Ini adalah kegiatan bermain air di sungai dengan menggunakan ban karet. Aktivitas ini tersedia di sungai kecil yang ada di kawasan air terjun. Biayanya sangat terjangkau, hanya Rp 5.000 per orang. Selama river tubing, pengunjung saling berpegangan tangan agar tetap seimbang.

Rafting

Rafting

Bagi yang menyukai tantangan dan petualangan, Coban Pelangi juga menyediakan aktivitas rafting. Aktivitas ini dilakukan di sungai yang berbeda dari river tubing. Dalam durasi sekitar 30 menit, Anda dapat mencoba kegembiraan rafting. Satu tim bisa terdiri dari 4 hingga 5 orang.

Melihat Pelangi

Melihat Pelangi

Sebagian besar orang datang ke Coban Pelangi untuk melihat fenomena pelangi yang sering terjadi di sini. Pelangi terjadi karena pembiasan cahaya, dan untuk melihatnya dengan jelas, waktu terbaik adalah antara pukul 10.00 hingga 14.00 saat matahari bersinar terang. Datanglah pada saat musim panas untuk memiliki peluang terbaik melihat pelangi yang indah ini.

Coban Pelangi bukan hanya destinasi alam yang indah tetapi juga menawarkan banyak keseruan dan kegembiraan. Nikmati aktivitas seru ini saat berkunjung ke Coban Pelangi dan jadikan kunjungan Anda lebih berkesan.

Fasilitas di Coban Pelangi

Kawasan wisata Coban Pelangi memiliki fasilitas yang memadai untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung. Berikut adalah fasilitas-fasilitas yang dapat Anda temukan di Coban Pelangi:

  1. Toilet Umum
  2. Musala
  3. Tempat Makan
  4. Toilet Khusus untuk Mandi
  5. Gazebo

Coban Pelangi dengan fasilitas-fasilitasnya yang lengkap membuat kunjungan Anda menjadi lebih nyaman. Anda dapat bersantai, beribadah, dan menikmati hidangan lokal tanpa harus khawatir akan fasilitas yang kurang memadai. Selain menikmati keindahan alam, Coban Pelangi juga menawarkan kenyamanan bagi pengunjungnya.

Baca:  Wisata Umbul Tanaka: Beragam Aktivitas & Harga Tiket

Lokasi Coban Pelangi

Coban Pelangi terletak di desa Gubukklakah, kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Air terjun ini masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terkenal. Keindahan Coban Pelangi sangat dekat dengan keindahan alam lainnya di Jawa Timur, seperti Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Dari pusat kota Malang, perjalanan menuju Coban Pelangi memakan waktu sekitar 2 jam dengan mobil. Coban Pelangi terletak sekitar 2 kilometer dari desa Gubukklakah, yang dapat diakses melalui jalan setapak yang ramah pengunjung.

Kawasan ini menawarkan lingkungan yang indah, dengan udara segar yang dikelilingi oleh kehijauan alam. Selama perjalanan menuju Coban Pelangi, pengunjung juga akan melewati jembatan bambu yang ikonik yang sering menjadi latar belakang foto yang menakjubkan.

Karena Coban Pelangi terletak di wilayah pegunungan, suhu udara di sini berkisar antara 19°C hingga 23°C. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa pakaian hangat atau jaket, terutama jika Anda berkunjung selama pagi atau malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *