Goa Pindul Jogja: Aktivitas Seru & Tiket Masuk

Posted on
Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja: Rp40.000 – Rp450.000
Jam Buka: 07.00 – 16.30 WIB
Nomor Telepon: 0822-2515-2172
Alamat / Lokasi: Gelaran2, RT.03/RW.16, Seropan, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55891

Yogyakarta, kota budaya dan pesona alam, menyimpan sejumlah destinasi wisata yang menakjubkan. Salah satunya adalah Goa Pindul Jogja, sebuah gua purba yang menawarkan petualangan seru bagi para pengunjungnya. Terletak di kawasan Gunung Kidul, Goa Pindul menawarkan pengalaman eksplorasi yang unik dengan mengarungi sungai di sepanjang lorong gua yang menawan.

Goa Pindul Jogja

Dengan beragam aktivitas yang dapat dinikmati, tempat wisata ini menjadi tujuan yang menarik bagi wisatawan yang mencari petualangan alam yang tak terlupakan. Goa Pindul menawarkan berbagai pilihan aktivitas wisata yang menarik, dengan cave tubing sebagai kegiatan utama yang menjadi favorit banyak pengunjung.

Cave tubing adalah kegiatan menelusuri sungai di dalam gua menggunakan ban dalam, memberikan sensasi petualangan yang tak terlupakan. Selain cave tubing, pengunjung juga dapat menikmati river tubing di Kali Oyo, sungai yang mengelilingi kawasan gua dengan pemandangan tebing yang menakjubkan. Aktivitas seru lainnya adalah menjelajahi keindahan stalagtit dan stalagmit yang unik, yang menyatu dan membentuk tiang gua yang besar, menciptakan pemandangan yang luar biasa di dalam gua.

Harga Tiket Masuk Goa Pindul

Ketika berencana mengunjungi Goa Pindul, salah satu pertimbangan penting adalah mengetahui harga tiket masuk yang berlaku. Goa Pindul menawarkan berbagai pilihan paket dengan harga tiket yang terjangkau, sehingga pengunjung dapat memilih aktivitas sesuai dengan preferensi dan anggaran mereka. Berikut adalah daftar harga tiket masuk ke Goa Pindul untuk beberapa aktivitas yang dapat dinikmati:

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja
Tiket Masuk Goa Pindul Rp40.000
River Tubing Oyo Rp60.000
Goa Cristal Rp30.000
Goa Gelatik Rp35.000
Goa Sriti Rp35.000
Outbound Rp50.000
Goa Tanding Rp150.000
Wisata Off Road Rp450.000

Harga tiket di atas merupakan harga retribusi untuk masuk ke kawasan Goa Pindul dan mencakup biaya untuk beberapa aktivitas wisata yang ada di dalamnya. Pengunjung dapat memilih paket yang sesuai dengan minat dan keinginan mereka, seperti cave tubing yang menjadi aktivitas utama yang menarik bagi banyak pengunjung.

Jam Buka Goa Pindul

Bagi para penggemar petualangan alam dan keindahan gua, Goa Pindul merupakan destinasi yang patut untuk dikunjungi di Yogyakarta. Namun sebelum merencanakan perjalanan, penting untuk mengetahui jam buka Goa Pindul agar Anda dapat mempersiapkan waktu kunjungan dengan baik.

Baca:  Pantai Midodaren: Pesona, Daya Tarik & Harga Tiket
Jam Buka
Setiap Hari 07.00 – 16.30 WIB

Goa Pindul Jogja buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 16.30 sore (WIB). Dengan waktu buka yang cukup panjang, Anda memiliki fleksibilitas untuk memilih jam kunjungan yang paling sesuai dengan jadwal Anda. Menyusuri gua yang mempesona dan menikmati berbagai aktivitas seru di dalamnya akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi Anda dan rombongan.

Berbagai Aktivitas Seru di Goa Pindul

Goa Pindul di Jogja menawarkan beragam aktivitas seru yang cocok untuk para penggemar petualangan dan pecinta alam. Setiap aktivitas menawarkan pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan, membuat kunjungan ke gua ini semakin istimewa. Berikut adalah beberapa aktivitas seru yang bisa Anda nikmati di Goa Pindul:

Cave Tubing

Cave Tubing

Salah satu aktivitas utama yang menjadi daya tarik utama di Goa Pindul adalah cave tubing. Aktivitas ini memungkinkan Anda menelusuri sungai di dalam gua menggunakan ban dalam. Selama perjalanan cave tubing, Anda akan melewati tiga zona yang berbeda, yaitu zona terang, remang, dan gelap.

Zona terang menawarkan pemandangan indah serta kesempatan untuk berenang dan bermain air. Di zona ini, Anda juga dapat melihat ikan dengan ukuran yang cukup besar. Kemudian, Anda akan berpindah ke zona remang dan gelap yang memberikan pengalaman lebih menantang dan penuh petualangan.

River Tubing di Kali Oyo

River Tubing di Kali Oyo

Jika Anda ingin menikmati lebih banyak petualangan air, Anda dapat mencoba river tubing di Kali Oyo yang masih berada di sekitar kawasan Goa Pindul. Sungai Kali Oyo memiliki panjang sekitar 1.500 meter dengan tebing-tebing yang indah di sepanjang alirannya.

Aktivitas river tubing ini juga menggunakan ban dalam, dan Anda akan dipandu oleh pemandu yang berpengalaman. Selama perjalanan river tubing, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang menakjubkan dan sensasi seru menyusuri sungai dengan arus yang menantang.

Stalagtit dan Stalagmit yang Unik

Stalagtit dan Stalagmit yang Unik

Selain aktivitas air, Goa Pindul juga menawarkan keindahan stalagtit dan stalagmit yang unik. Bebatuan ini terbentuk secara alami dalam gua dan memiliki keunikan tersendiri. Yang menarik, stalagtit dan stalagmit di Goa Pindul menyatu dan membentuk pilar besar, yang disebut juga sebagai tiang gua.

Baca:  Pantai Ngeden: Aktivitas, Jam Buka & Harga Tiket

Tiang gua ini memiliki ukuran yang tak biasa, sekitar selebar lima rentangan tangan orang dewasa. Keindahan stalagtit dan stalagmit yang menyatu ini menjadi yang terbesar sedunia. Selama menjelajahi gua, Anda juga akan melihat ornamen indah di sepanjang dinding gua, serta mata kristal kelelawar yang bergelantungan di lorong.

Sungai di Goa Pindul

Sungai di Goa Pindul

Selama kunjungan ke Goa Pindul, Anda akan menemukan sungai yang mengalir di dalam gua, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Sungai ini memiliki panjang sekitar 350 meter dan lebar sekitar 5 meter. Jarak permukaan air dari atap gua sekitar 4 meter, dengan kedalaman air mencapai 5-12 meter.

Aktivitas menelusuri sungai di dalam gua ini disebut sebagai cave tubing. Untuk menikmati cave tubing dengan aman, Anda akan dilengkapi dengan peralatan lengkap seperti helm dan rompi pelampung, serta dipandu oleh pemandu yang berpengalaman. Sensasi menyusuri sungai di dalam goa ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan yang menakjubkan.

Melihat Keindahan Sumur Terbalik

Melihat Keindahan Sumur Terbalik

Tepat di tengah-tengah gua Pindul, terdapat sebuah ruangan yang menarik perhatian, yaitu sumur terbalik. Ruangan ini mendapat sebutan tersebut karena terdapat lubang di atasnya yang memungkinkan sinar matahari masuk dan menciptakan pemandangan yang indah. Lubang ini juga digunakan sebagai akses masuk tim SAR atau latihan.

Sumur terbalik ini memberikan pengalaman unik bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan alam di dalam gua. Cahaya matahari yang masuk melalui lubang di atasnya menciptakan suasana yang magis dan memukau. Selain itu, sumur terbalik ini juga menjadi tempat yang menarik untuk berfoto dan mengabadikan momen berharga selama kunjungan ke Goa Pindul.

Menikmati Kuliner Khas di Goa Pindul

Setelah lelah bermain air di Goa Pindul, Anda dapat menikmati kuliner khas yang menjadi ciri khusus tempat ini. Salah satu hidangan yang populer adalah wedang jahe, minuman tradisional yang hangat dan menyegarkan. Selain itu, Anda juga dapat mencicipi hidangan utama khas, yaitu nasi trancam.

Nasi trancam merupakan nasi yang diisi dengan berbagai jenis sayuran seperti kecambah, lamtoro, dan kemangi. Sayuran segar ini dipadukan dengan sambal kelapa parut yang pedas, menciptakan cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Hidangan khas ini merupakan hidangan vegetarian yang populer di Indonesia, dan bisa menjadi pilihan yang tepat setelah sehari penuh petualangan di Goa Pindul.

Baca:  Alun-Alun Kidul Jogja: Harga Tiket & Aktivitas

Dengan berbagai aktivitas seru yang ditawarkan, keindahan stalagtit dan stalagmit yang unik, serta kesempatan untuk menikmati kuliner khas, kunjungan ke Goa Pindul Jogja akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Bagi para penggemar petualangan dan pecinta alam, gua ini merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Yogyakarta.

Fasilitas

Selain menawarkan berbagai aktivitas seru dan keindahan alam yang menakjubkan, Goa Pindul juga menyediakan fasilitas yang lengkap untuk kenyamanan para pengunjung. Berbagai fasilitas ini akan memastikan kunjungan Anda berjalan lancar dan menyenangkan.

  • Peralatan Cave Tubing dan River Tubing
  • Spot Foto Instagramable
  • Area Parkir
  • Warung Makan

Dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman, kunjungan ke Goa Pindul akan semakin menyenangkan dan menyimpan kenangan tak terlupakan. Nikmati petualangan seru di dalam gua yang menakjubkan dan rasakan sensasi berada di tengah alam yang indah di Goa Pindul Jogja.

Lokasi Goa Pindul

Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih tepatnya, gua ini terletak di Desa Gelaran2, Kecamatan Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Lokasi ini bisa dijangkau dengan mudah dari pusat kota Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute dari Yogyakarta menuju arah selatan melalui Jalan Imogiri Timur. Kemudian, belok ke arah utara menuju Jalan Raya Wonosari. Setelah melewati kawasan Kaliurang, Anda akan tiba di persimpangan Imogiri Barat. Lanjutkan perjalanan menuju kecamatan Semanu dan kemudian ke Kecamatan Bejiharjo.

Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan angkutan umum. Beberapa pilihan angkutan umum yang bisa digunakan adalah bus atau travel dari Terminal Giwangan menuju Terminal Wonosari. Setelah tiba di Terminal Wonosari, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau taksi menuju ke lokasi Goa Pindul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *