Gunung Merapi: Harga Tiket & Pesona Wisata Alam

Posted on
Harga Tiket Masuk Gunung Merapi: Rp16.000
Jam Buka: 24 jam
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Dusun 2, Suroteleng, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, –

Gunung Merapi, sebuah keajaiban alam yang memukau, telah menjadi salah satu destinasi wisata paling menarik di Indonesia. Berlokasi di dua provinsi, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah, gunung berapi aktif ini menawarkan pesona alam yang tak terlupakan. Meskipun dikenal dengan erupsi dan aktivitas vulkaniknya, Gunung Merapi juga menjadi daya tarik bagi para pendaki dan pecinta alam yang ingin mengeksplorasi keindahan alamnya.

Gunung Merapi
Gunung Merapi merupakan gunung di daerah Yogyakarta yang penuh dengan Keindahan dengan beberapa kemistisan. Foto: google image

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, para pendaki dapat memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dan memulai petualangan mereka. Gunung Merapi menawarkan beberapa jalur pendakian yang menarik, masing-masing dengan pemandangan alam yang memukau. Dari sisi selatan yang berada di DIY hingga sisi lainnya di Jawa Tengah, gunung ini menawarkan panorama luar biasa yang tak terlupakan.

Tetapi, perlu diingat bahwa meskipun menggoda dengan keindahannya, Gunung Merapi tetap merupakan gunung berapi aktif yang harus didekati dengan kewaspadaan. Pengunjung harus selalu mematuhi instruksi dari pihak berwenang dan selalu mengikuti perkembangan status gunung sebelum merencanakan pendakian. Semoga artikel ini memberikan wawasan dan inspirasi bagi para calon pendaki dan wisatawan yang ingin menjelajahi pesona alam Gunung Merapi.

Harga Tiket Masuk Gunung Merapi

Bagi para pecinta alam dan pendaki, Gunung Merapi adalah tempat yang menarik untuk dieksplorasi. Untuk memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Merapi dan menikmati pesona alamnya, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Berikut adalah tabel harga tiket masuk Gunung Merapi:

No. Jenis Tiket Harga Tiket Masuk
1 Tiket Masuk Per Orang Rp16.000
2 Guide Pendakian Rp300.000
3 Jasa Porter Rp125.000
4 Sewa Trekking Pole Rp15.000
5 Antar-Jemput Yogya-Basecamp Rp800.000
6 Menginap di Basecamp Disesuaikan

Harga tiket masuk Gunung Merapi tergolong terjangkau, membuatnya menjadi destinasi favorit bagi para pendaki dan wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan alam gunung berapi ini. Tiket masuk per orang hanya seharga Rp16.000, namun tetap memberikan kesempatan untuk menikmati pesona alam yang memukau. Selain itu, bagi para pendaki yang memerlukan bantuan, tersedia juga layanan guide pendakian dan jasa porter dengan tarif tertera di tabel.

Baca:  Dino Adventure: Aktivitas Seru & Harga Tiket Masuk

Jam Buka

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi aktif yang memiliki pesona alam yang memukau. Namun, karena statusnya sebagai gunung aktif, jam buka Gunung Merapi tidak selalu stabil dan dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi gunung. Oleh karena itu, para pendaki dan pengunjung disarankan untuk selalu memeriksa status dan jam buka gunung sebelum melakukan perjalanan. Berikut adalah tabel jam buka Gunung Merapi:

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam (akan ditutup jika kondisi gunung sedang aktif dan berbahaya untuk pendakian)

Perlu diperhatikan bahwa jam buka Gunung Merapi 24 jam ini dapat berubah atau ditutup sewaktu-waktu tergantung pada tingkat aktivitas gunung. Ketika kondisi gunung sedang aktif dan berbahaya untuk pendakian, pihak berwenang akan menutup akses jalur pendakian demi keselamatan para pengunjung. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memeriksa perkembangan terbaru tentang status gunung dan jam buka sebelum merencanakan perjalanan ke Gunung Merapi.

Wisata Gunung Merapi Dengan Pemandangan Mempesona

Gunung Merapi tidak hanya dikenal sebagai gunung berapi aktif yang menegangkan, tetapi juga memiliki pesona alam yang memukau bagi para pendaki dan pecinta alam. Meskipun erupsi gunung ini masih sesekali terjadi, saat beristirahat Gunung Merapi menjadi salah satu destinasi pendakian populer yang menawarkan panorama alam yang menakjubkan.

Banyak Opsi Jalur Pendakian

Banyak Opsi Jalur Pendakian. Foto: google image

Gunung Merapi menawarkan beragam jalur pendakian yang bisa dipilih sesuai dengan tingkat kesulitan dan pengalaman pendaki. Salah satu jalur yang populer adalah Jalur Selo yang berlokasi di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Jalur ini memungkinkan pendaki untuk menikmati perjalanan yang cukup landai melewati lahan pertanian sebelum mencapai puncak.

Selain itu, terdapat juga Jalur Babadan yang memiliki medan yang lebih menantang dengan naik-turun bukit dan jalan menanjak. Namun, pemandangan indah yang ditawarkan jalur ini membuatnya menjadi pilihan menarik bagi pendaki berpengalaman yang mencari tantangan.

Baca:  POJOK BENTENG WETAN Jogja: Daya Tarik, Sejarah & Harga Tiket

Tracking Yang Cukup Singkat

Tracking Yang Cukup Singkat. Foto: google image

Salah satu daya tarik Gunung Merapi adalah perjalanan pendakian yang cukup singkat dibandingkan dengan gunung lainnya. Pendakian dari Jalur Selo hanya memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan, sedangkan dari Jalur Babadan memakan waktu kurang lebih 5 jam. Meskipun demikian, pemandangan yang memukau akan tetap memanjakan mata para pendaki.

Pasar Bubrah

Pasar Bubrah. Foto: google image

Pendaki dari Jalur Selo dan Jalur Babadan akan bertemu di pos yang sama, yaitu Pasar Bubrah. Pasar Bubrah merupakan bekas kawah utama Gunung Merapi pada masa lalu dan merupakan lokasi pelaksanaan upacara bendera pada hari kemerdekaan Indonesia. Para pendaki sering memilih untuk berkemah di Pasar Bubrah untuk memburu sunrise yang spektakuler dan menikmati pemandangan indah dari kawasan puncak.

Puncak Gunung Merapi Bagaikan Lukisan Alam

Puncak Gunung Merapi Bagaikan Lukisan Alam. Foto: google image

Bagi para pendaki yang berpengalaman dan ingin tantangan lebih, puncak Gunung Merapi bisa menjadi pilihan untuk dijelajahi. Pemandangan dari puncak ini benar-benar memukau dengan asap dan bau belerang yang keluar dari kawah gunung yang masih aktif. Selain itu, gunung-gunung di sekitar Gunung Merapi seperti Merbabu hingga Lawu juga menambah keindahan panorama alam dari puncak Gunung Merapi.

Dengan berbagai pilihan jalur pendakian dan pemandangan alam yang mempesona, Gunung Merapi menjadi destinasi favorit bagi para pecinta alam dan pendaki. Namun, selalu periksa kondisi gunung dan jam buka sebelum berangkat, karena keselamatan selalu menjadi hal utama ketika menjelajahi pesona alam Gunung Merapi yang menakjubkan.

Fasilitas

Gunung Merapi, meskipun dikenal sebagai gunung berapi aktif, tetap menyediakan fasilitas yang memadai bagi para pendaki. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar Gunung Merapi:

  1. Basecamp dan Tempat Parkir
  2. Jasa Guide dan Porter
  3. Sewa Peralatan Mendaki
  4. Layanan Antar-Jemput
  5. Area Berkemah

Dengan fasilitas yang memadai, Gunung Merapi menjadi destinasi pendakian yang menarik bagi para pecinta alam dan pendaki. Fasilitas-fasilitas tersebut memastikan bahwa pendaki dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman, serta menjadikan pengalaman mendaki Gunung Merapi menjadi tak terlupakan. Selalu periksa kondisi dan ketersediaan fasilitas sebelum berangkat, serta pastikan untuk meninggalkan lingkungan gunung dengan tetap menjaga kebersihan dan kelestariannya.

Baca:  Sindu Kusuma Edupark (SKE): Harga Tiket Masuk & Wahana

Lokasi Gunung Merapi

Gunung Merapi terletak di Pulau Jawa, Indonesia, dan merupakan salah satu gunung berapi aktif yang paling terkenal di wilayah ini. Gunung ini terletak di dua provinsi sekaligus, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Sisi selatan Gunung Merapi berada di wilayah DIY, sementara sisi lainnya termasuk dalam wilayah Jawa Tengah.

Secara administratif, Gunung Merapi terletak di beberapa kabupaten. Sisi selatan, yang merupakan wilayah DIY, termasuk dalam Kabupaten Sleman. Sementara itu, sisi lainnya terdiri dari beberapa kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang di barat, Kabupaten Boyolali di utara, dan Kabupaten Klaten di tenggara.

Basecamp utama untuk pendakian Gunung Merapi terdapat di dua lokasi yang populer, yaitu Basecamp Barameru dan Pos Babadan. Basecamp Barameru terletak di Dusun Plalangan, Desa Jlatah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Basecamp ini menjadi titik awal pendakian bagi para pendaki yang memilih jalur Jalur Selo. Sedangkan Pos Babadan terletak di Desa Krinjing, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pos ini merupakan titik awal pendakian untuk jalur Jalur Babadan.

Akses menuju Gunung Merapi dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bagi pendaki yang datang dari Yogyakarta, terdapat layanan antar-jemput yang mengantarkan calon pendaki dari Yogyakarta ke basecamp. Selain itu, berbagai rute transportasi umum juga tersedia untuk mencapai wilayah Gunung Merapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *