Hutan Mangrove Kulon Progo: Harga Tiket & Aktivitas Seru

Posted on
Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Kulon Progo: Rp5.000
Jam Buka: 06.00 – 18.00 WIB
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Indonesia, 55654

Hutan Mangrove Kulon Progo merupakan destinasi wisata alam yang menakjubkan di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan Mangrove Kulon Progo, juga dikenal sebagai Mangrove Jembatan Api-Api (MJAA), merupakan tempat yang menarik perhatian wisatawan dari berbagai tempat.

Hutan Mangrove Kulon Progo
Hutan Mangrove Kulon Progo. Foto: google map/Evander jefferey

Kawasan ini awalnya hanya merupakan tambak milik warga setempat, namun berkat kreativitas 15 orang warga, kini menjadi destinasi wisata yang menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Jembatan kayu dan bambu yang bergoyang, labirin mini, dan keindahan alam hutan mangrove adalah beberapa daya tarik yang akan Anda temui di sini.

Dalam artikel ini, admin akan mengulas harga tiket masuk, jam buka, keindahan alam hutan mangrove, aktivitas seru, fasilitas, serta lokasi wisata ini. Semoga artikel ini membantu Anda merencanakan perjalanan seru ke Hutan Mangrove Kulon Progo. Selamat menikmati pesona alam yang luar biasa di sini!

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Jembatan Api-Api

Saat merencanakan liburan ke Hutan Mangrove Kulon Progo, salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah harga tiket masuk yang berlaku di lokasi ini. Tidak perlu khawatir, karena Hutan Mangrove Kulon Progo menawarkan tarif masuk yang terjangkau untuk menikmati keindahan alam dan aktivitas seru di dalamnya. Berikut adalah rincian harga tiket masuk Hutan Mangrove Jembatan Api-Api:

Harga Tiket Masuk Hutan Mangrove Kulon Progo
Harga tiket per orang Rp5.000
Tarif Parkir Kendaraan
Motor Rp2.000
Mobil Rp5.000
Mini bus Rp10.000

Harga tiket masuk ini berlaku untuk semua pengunjung, baik pada hari biasa maupun akhir pekan. Dengan tiket masuk seharga Rp5.000 per orang, Anda dapat menikmati semua pesona alam dan aktivitas seru di Hutan Mangrove Kulon Progo. Selain itu, bagi Anda yang membawa kendaraan, tarif parkir motor sebesar Rp2.000, parkir mobil sebesar Rp5.000, dan parkir mini bus sebesar Rp10.000 akan dikenakan.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau, Hutan Mangrove Kulon Progo menjadi destinasi liburan yang ramah di kantong, sehingga Anda dapat menikmati momen berharga bersama keluarga atau teman-teman tanpa perlu khawatir tentang biaya yang tinggi.

Baca:  PASAR SENI GABUSAN: Daya Tarik & Harga Tiket

Jam Buka Hutan Mangrove Kulon Progo

Untuk memaksimalkan liburan Anda di Hutan Mangrove Kulon Progo, penting untuk mengetahui jam buka lokasi wisata ini. Dengan mengetahui jam buka, Anda dapat merencanakan kunjungan Anda agar tidak melewatkan momen-momen berharga di dalamnya. Berikut adalah informasi tentang jam buka Hutan Mangrove Kulon Progo:

Jam Buka Hutan Mangrove Kulon Progo
Setiap hari 06.00-18.00 WIB

Hutan Mangrove Kulon Progo buka setiap hari mulai dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 sore. Dengan waktu operasional yang panjang, Anda memiliki banyak waktu untuk menikmati keindahan alam dan aktivitas seru di dalam hutan mangrove.

Datanglah pada pagi hari untuk menikmati suasana yang segar dan tenang di dalam hutan mangrove. Anda dapat menjelajahi jembatan bambu yang unik dan menikmati pemandangan alam yang memesona. Selain itu, pagi hari juga merupakan waktu yang tepat untuk menghindari keramaian pengunjung.

Keindahan Alam Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo merupakan surga alam yang menakjubkan, menghadirkan keindahan dan pesona alam yang memikat hati. Dari jembatan bambu yang unik hingga hutan mangrove yang rimbun, tempat ini menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang keindahan alam yang ditawarkan oleh Hutan Mangrove Kulon Progo:

Uniknya Jembatan Bambu

MJJA Jembatan Goyang Yang Unik Dari Bambu. Foto: google map/Bengkel las Sugitehnik

Salah satu daya tarik utama Hutan Mangrove Kulon Progo adalah jembatan kayu dan bambu yang mengelilingi dan menerobos hutan mangrove. Jembatan ini memiliki pijakan kayu dan tali tambang sebagai pegangan bagi pengunjung yang berjalan di atasnya. Namun, yang membuatnya begitu menarik adalah jembatan ini akan bergoyang ketika ada orang yang berjalan di atasnya. Sensasi bergoyang di atas jembatan sambil menikmati pemandangan alam sekitar adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Dari atas jembatan bambu, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan sungai Bogowonto yang mengalir di tengah hutan mangrove. Ditambah lagi, pepohonan hijau yang menjulang tinggi menciptakan suasana alam yang menyejukkan mata. Jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto di atas jembatan yang unik ini, karena momen tersebut akan menjadi kenangan indah dalam perjalanan liburan Anda.

Hutan Mangrove Kulon Progo yang Rimbun

Hutan Mangrove Kulon Progo yang Rimbun. Foto: google map/Baskoro Kusumo W

Hutan mangrove di Hutan Mangrove Kulon Progo ditumbuhi oleh jenis avicennia germinans atau yang dikenal sebagai api-api. Jenis mangrove ini menyumbangkan keindahan dan rimbunnya hutan mangrove di lokasi ini. Dengan pepohonan bakau yang menjulang tinggi, hutan ini menciptakan panorama alam yang memesona dan menawarkan suasana yang damai.

Baca:  Candi Ratu Boko Jogja: Pesona & Harga Tiket

Selain itu, di tengah hutan mangrove, terdapat labirin mini yang terbuat dari kerangka bambu. Labirin ini memberikan pengalaman unik bagi pengunjung untuk menjelajahinya. Dengan lampion berwarna yang menyala di malam hari, labirin ini menjadi spot foto yang menarik dan menciptakan suasana magis di dalam hutan mangrove.

Pemandangan Mangrove yang Indah

Pemandangan Mangrove yang Indah. Foto: google map/Rusali Sali

Di dalam hutan mangrove, terdapat pondokan yang dapat digunakan untuk beristirahat. Nikmati keindahan alam dan suasana tenang di sekitar hutan mangrove. Angin sepoi-sepoi dan suara burung yang mengiringi perjalanan akan menambah kenyamanan liburan Anda di sini.

Untuk pengalaman yang berbeda, Anda juga dapat menyewa perahu dengan harga terjangkau, yaitu Rp5.000 per orang. Dengan perahu, Anda dapat mengelilingi sungai Bogowonto dan menikmati pemandangan hutan mangrove dari sudut yang berbeda.

Hutan Mangrove Kulon Progo adalah surga alam yang menawarkan keindahan dan keunikan tak terlupakan. Jembatan bambu yang unik, hutan mangrove yang rimbun, dan pemandangan alam yang memesona akan mengisi liburan Anda dengan momen-momen berharga. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam dan aktivitas seru di Hutan Mangrove Kulon Progo.

Fasilitas Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo tidak hanya menawarkan pesona alam yang memukau, tetapi juga dilengkapi dengan fasilitas yang akan meningkatkan kenyamanan dan pengalaman liburan Anda. Ketika berkunjung ke lokasi wisata ini, Anda akan menemukan berbagai fasilitas yang memudahkan para pengunjung. Berikut adalah fasilitas yang tersedia di Hutan Mangrove Kulon Progo:

  1. Mushola: Untuk para pengunjung yang ingin beribadah, Hutan Mangrove Kulon Progo menyediakan mushola yang nyaman dan terawat. Mushola ini menjadi tempat yang cocok untuk beristirahat sejenak sambil berdoa atau beribadah.
  2. Toilet: Fasilitas toilet juga tersedia di area Hutan Mangrove Kulon Progo. Toilet umum yang bersih dan terawat akan memastikan kenyamanan selama liburan Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang akses ke fasilitas ini selama berada di lokasi.
  3. Warung Makan: Jelajahi keunikan Hutan Mangrove Kulon Progo dengan tenaga yang cukup berenergi. Untuk itu, Anda akan menemukan berbagai warung makan yang menyajikan hidangan lezat. Nikmati sajian kuliner tradisional atau hidangan ringan yang akan memuaskan selera Anda.
  4. Warung Minuman: Di bawah suasana tropis yang hangat, Anda pasti memerlukan minuman yang menyegarkan. Warung minuman di Hutan Mangrove Kulon Progo menyediakan berbagai pilihan minuman segar, seperti es kelapa, jus buah, atau wedang jahe.
  5. Area Istirahat: Setelah berjalan-jalan dan menjelajahi keindahan alam, Anda dapat beristirahat di area yang telah disediakan. Area istirahat ini biasanya berupa gazebo atau pondokan dengan pemandangan yang menarik. Nikmati suasana tenang sambil menikmati pemandangan alam yang indah.
  6. Penyewaan Perahu: Untuk Anda yang ingin menjelajahi sungai Bogowonto dengan cara yang berbeda, tersedia juga penyewaan perahu dengan harga terjangkau. Menyusuri sungai dengan perahu akan memberikan Anda pengalaman liburan yang menyenangkan dan berkesan.
Baca:  Pantai Glagah: Panorama Unik & Harga Tiket Masuk

Dengan fasilitas-fasilitas yang lengkap, Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan di Hutan Mangrove Kulon Progo tanpa harus khawatir tentang kenyamanan Anda. Berbagai fasilitas ini merupakan tambahan nilai bagi destinasi wisata yang telah dipadukan dengan keindahan alam yang mempesona.

Lokasi Wisata Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo, juga dikenal sebagai Mangrove Jembatan Api-Api (MJAA), terletak di Kelurahan Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi ini mudah dijangkau dari berbagai tempat, sehingga Anda dapat dengan mudah merencanakan kunjungan ke destinasi wisata ini. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang lokasi Hutan Mangrove Kulon Progo:

Alamat: Kelurahan Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mencapai Hutan Mangrove Kulon Progo, Anda dapat menggunakan berbagai jenis kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bagi Anda yang berencana menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta ke lokasi wisata ini memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *