Keraton Jogja: Daya Tarik, Spot & Harga Tiket

Posted on
Harga Tiket Masuk Keraton Jogja(Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat): Rp10.000-Rp25.000
Jam Buka: 08.00-14.00 WIB
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55132

Keraton Jogja, atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, adalah sebuah landmark bersejarah yang menjulang di tengah kota Yogyakarta. Selain Candi Borobudur, Keraton ini juga merupakan salah satu destinasi wisata ikonik yang menghadirkan pesona budaya dan sejarah. Dikenal sebagai istana kesultanan Ngayogyakarta, kompleks Keraton ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal raja dan keluarganya, tetapi juga sebagai pusat upacara adat serta museum benda-benda koleksi berharga milik kesultanan.

Keraton Jogja

Keraton Jogja memiliki nilai sejarah yang mendalam, terus dijaga dan dihormati dalam setiap aktivitas yang dilangsungkan di dalamnya. Dari upacara adat hingga koleksi benda-benda bersejarah, Keraton ini menyimpan cerita panjang tentang perjalanan kesultanan dan budaya Jawa. Tak hanya itu, Keraton Jogja juga dikenal karena peranannya dalam menjaga tradisi, filosofi, dan mitologi Jawa yang masih mengalir dalam kehidupan sehari-hari.

Kali ini TravelSantai akan menjelajahi daya tarik dan spot-spot menarik yang ada di dalam kompleks Keraton Jogja. Kami juga akan memberikan informasi tentang harga tiket masuk, jam operasional, serta jadwal kegiatan seru yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Serta, ini adalah panduan lengkap bagi siapa saja yang ingin merasakan pesona magis dan kekayaan budaya di Keraton Jogja.

Harga Tiket Masuk Keraton Jogja

Salah satu daya tarik utama Keraton Jogja adalah aksesibilitasnya yang terbuka bagi para pengunjung. Dengan biaya tiket masuk yang terjangkau, siapa pun dapat menjelajahi keindahan dan kekayaan budaya yang disajikan oleh kompleks istana ini. Berikut adalah daftar harga tiket masuk untuk Keraton Jogja:

Jenis Tiket Harga Tiket
Tiket Masuk All In Museum Keraton Rp15.000
Tiket Masuk Area Kedhaton Harga Tiket
– Tiket Masuk Domestik Dewasa Rp15.000
– Tiket Masuk Domestik Anak Rp10.000
– Tiket Masuk Internasional Dewasa Rp25.000
– Tiket Masuk Internasional Anak Rp20.000

Harga tiket yang ditawarkan bervariasi sesuai dengan jenis kunjungan dan usia pengunjung. Bagi mereka yang ingin merasakan pengalaman lengkap dengan mengunjungi museum di dalam kompleks, tiket All In Museum Keraton dapat menjadi pilihan yang menarik. Dengan harga tiket yang terjangkau, Anda dapat merasakan keindahan dan kekayaan budaya Jawa yang disajikan oleh Keraton Jogja.

Jam Buka

Keraton Jogja adalah destinasi yang menarik untuk dijelajahi, dan bagi mereka yang ingin merasakan keajaiban budaya Jawa, waktu kunjungan yang tepat sangat penting. Berikut adalah jam buka resmi Keraton Jogja:

Hari Jam Operasional
Selasa-Minggu 08.00 – 14.00 WIB

Keraton Jogja dibuka untuk umum selama enam hari dalam seminggu, mulai dari hari Selasa hingga Minggu. Pukul 08.00 pagi adalah saat pintu dibuka untuk para pengunjung yang ingin menjelajahi kompleks istana dan mengeksplorasi kekayaan sejarah dan budaya yang disajikan. Perlu diingat bahwa Keraton Jogja memiliki jam operasional yang terbatas, jadi pastikan Anda datang selama jam-jam tersebut untuk dapat merasakan keajaiban dari tempat bersejarah ini.

Baca:  Pasar Beringharjo Jogja: Daya Tarik, Sejarah & Harga Tiket

Daya Tarik Keraton Jogja

Keraton Jogja, atau yang juga dikenal sebagai Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, bukan hanya sebuah istana megah. Ini adalah pusat kebudayaan dan sejarah yang kaya, yang mengangkat nuansa keajaiban arsitektur dan gaya hidup kerajaan Jawa. Saat Anda memasuki kompleks keraton ini, Anda tidak hanya berkunjung ke tempat bersejarah, tetapi juga merasakan kehidupan dalam era kerajaan.

Gapura Gladag-Pangurakan

Gapura Gladag-Pangurakan

Gapura gladag-pangurakan adalah pintu gerbang utama yang mengawali petualangan Anda di dalam kompleks Keraton Jogja. Pintu megah ini bukan hanya sekadar masuk, tetapi juga merupakan titik awal perjalanan menjelajahi sejarah dan budaya Jawa. Dengan arsitektur khas, gapura ini menggambarkan keagungan kerajaan yang memikat setiap pengunjung.

Kompleks Alun-Alun Utara

Kompleks Alun-Alun Utara

Di bagian utara kompleks, Anda akan menemukan kompleks alun-alun utara yang dahulu digunakan untuk acara rakyat dan kerajaan. Tempat ini pernah menjadi pusat kegiatan istana, di mana masyarakat sekitar berpartisipasi dalam berbagai peristiwa budaya dan sosial. Kini, area ini memiliki nilai sejarah yang tinggi, serta memancarkan aura kerajaan yang tak terlupakan.

Masjid Gedhe

Masjid Gedhe

Masjid Gedhe, atau juga dikenal sebagai Masjid Gede Kauman, merupakan masjid raya kesultanan yang terletak di sebelah barat kompleks alun-alun utara. Arsitektur masjid ini memukau, dengan bangunan induk yang menjulang tinggi dan atap bertumpang tiga. Masjid ini juga memiliki makna filosofis dan sejarah yang mendalam, mencerminkan keagungan agama dan budaya di era kerajaan.

Kompleks Pagelaran

Kompleks pagelaran adalah salah satu bangunan utama dalam kompleks Keraton Jogja. Dahulu dikenal sebagai Tratag Rambat, kompleks ini kini difungsikan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai acara pariwisata, religi, dan upacara adat keraton. Kehadiran kompleks pagelaran mengingatkan kita akan gemilangnya masa lalu dan tradisi kerajaan yang masih lestari hingga kini.

Kompleks Siti Hinggil Ler

Kompleks siti hinggil ler adalah tempat di mana upacara-upacara resmi kerajaan diselenggarakan. Lokasinya yang lebih tinggi dari tanah sekitarnya dan diapit oleh deretan pohon gayam memberikan aura keistimewaan. Area ini mencerminkan keterhubungan kerajaan dengan nilai-nilai tradisional dan adat yang kental.

Kompleks Sri Manganti

Kompleks Sri Manganti

Terletak di sebelah selatan kompleks kamandungan ler, kompleks ini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan pusaka keraton dan alat-alat musik gamelan. Kehadiran kompleks sri manganti mengajak kita untuk merenungkan kekayaan budaya dan spiritualitas yang melekat pada Keraton Jogja.

Kompleks Kamandungan Ler

Dikenal juga dengan sebutan Keben, kompleks ini memiliki pohon keben yang menjadi ciri khasnya. Bangunan utama di tengah-tengah, yaitu bangsal ponconiti, memegang peranan penting dalam acara adat seperti garebeg dan sekaten. Kompleks kamandungan ler adalah tempat di mana nilai-nilai kerajaan dan spiritualitas terwujud dalam bentuk konkret.

Baca:  Taman Pintar Jogja: Wahana Seru & Harga Tiket

Kompleks Siti Hinggil Kidul (Sasana Hinggil)

Juga dikenal sebagai Sasana Hinggil Dwi Abad, kompleks siti hinggil kidul adalah tempat penyelenggaraan pertunjukan seni, pameran, dan kegiatan budaya lainnya. Bangsal utama yang menjadi pusatnya menghadirkan ragam acara yang menghidupkan nuansa seni dan kreativitas dalam konteks kerajaan.

Kompleks Kamagangan

Dengan gerbang yang memiliki patung dua ekor ular, kompleks kamagangan adalah kompleks yang memiliki peran penting dalam sejarah keraton. Bangsal Magangan di tengah halaman adalah tempat upacara Bedhol Songsong dan pertunjukan wayang kulit. Melalui kompleks kamagangan, kita dapat lebih mengenal betapa dalamnya nilai-nilai tradisi yang dijaga dalam keraton.

Kompleks Kedhaton

Kompleks Kedhaton

Merupakan pusat dari keseluruhan keraton, kompleks kedhaton terdiri dari tiga bagian yang menggambarkan tatanan kerajaan. Bagian ini mencerminkan struktur sosial dan hierarki dalam masyarakat kerajaan. Dengan keindahan arsitektur dan simbolisme yang mendalam, kompleks kedhaton memikat hati setiap pengunjung.

Kompleks Kamandhungan Kidul

Kompleks kamandhungan kidul memiliki bangunan utama bernama Bangsal Kamandhungan yang menjadi tempat acara dan pertemuan penting kerajaan. Dengan pemandangan yang memesona dan kehadiran bangunan bersejarah, tempat ini mengundang kita untuk merenungkan peran serta kebijaksanaan kerajaan dalam membentuk masyarakat.

Alun-Alun Kidul

Terletak di selatan area keraton, alun-alun kidul adalah tempat yang pernah menjadi pusat hiburan rakyat. Di malam hari, pengunjung dapat menikmati hidangan di angkringan di sini. Dua pohon beringin besar di tengah alun-alun memiliki nilai mitos dan menjadi bagian dari identitas Keraton Jogja.

Plengkung Nirbaya (Plengkung Gadhing)

Plengkung nirbaya, juga dikenal sebagai plengkung gadhing, adalah ujung selatan dari poros utama area Keraton Jogja. Gerbang ini memiliki makna sejarah yang mendalam terkait dengan prosesi pemakaman sultan ke Imogiri. Meskipun tidak dibuka untuk umum, keberadaannya menyiratkan kedalaman sejarah yang dijaga dengan penuh pengabdian.

Dalam setiap sudut Keraton Jogja, Anda akan menemukan bukti-bukti kebesaran kerajaan dan nilai-nilai kultural yang masih lestari hingga saat ini. Melalui perjalanan ini, Anda tidak hanya menjelajahi bangunan bersejarah, tetapi juga mengalami nuansa kerajaan yang terasa hidup. Setiap kompleks dan spot memiliki cerita yang unik, mengajak kita untuk menyelami pesona dan kebijaksanaan masa lalu.

Jadwal Kegiatan Seru di Keraton Jogja

Jadwal Kegiatan Seru di Keraton Jogja

Keraton Jogja tidak hanya menawarkan keindahan arsitektur dan sejarah yang mendalam, tetapi juga berbagai kegiatan budaya yang menarik. Setiap hari, ada beragam pertunjukan dan kegiatan yang menghadirkan kehidupan kerajaan dan kebudayaan Jawa. Berikut adalah jadwal kegiatan menarik di dalam kompleks Keraton Jogja:

  1. Pertunjukan Gamelan: Setiap Senin dan Selasa, pukul 10.00 hingga 12.00 WIB, Anda dapat menikmati pertunjukan gamelan. Gamelan merupakan alat musik tradisional Jawa yang memiliki bunyi yang khas dan menggugah. Pertunjukan ini memberikan nuansa keindahan seni musik dalam konteks kerajaan.
  2. Pertunjukan Wayang Kulit: Pada hari Sabtu, pukul 09.00 hingga 13.00 WIB, ada pertunjukan wayang kulit yang menghidupkan cerita-cerita epik dari naskah-naskah Jawa klasik. Wayang kulit adalah seni pertunjukan unik yang menggabungkan gambaran tokoh-tokoh dengan suara dan musik.
  3. Pertunjukan Tarian: Pada hari Minggu dan Kamis, pukul 19.00 hingga 12.00 WIB, ada pertunjukan tarian yang memukau. Tarian Jawa memiliki gerakan yang anggun dan bermakna, mencerminkan nuansa keindahan dan spiritualitas dalam budaya Jawa.
  4. Pembacaan Puisi: Pada hari Jumat, pukul 10.00 hingga 11.30 WIB, Anda dapat menikmati pembacaan puisi. Puisi-puisi ini menggambarkan nilai-nilai kehidupan dan filosofi dalam budaya Jawa, serta memberikan inspirasi dalam bahasa sastra yang indah.
  5. Pertunjukan Wayang Golek: Pada hari Rabu, pukul 09.00 hingga 12.00 WIB, ada pertunjukan wayang golek. Wayang golek adalah seni pertunjukan boneka kayu yang hidup, dengan berbagai cerita dan pesan yang terkandung di dalamnya.
Baca:  Grand Puri Waterpark Jogja: Harga Tiket Masuk & Wahana Seru

Dengan jadwal kegiatan yang beragam, Anda dapat merasakan keajaiban budaya Jawa dan sejarah kerajaan secara langsung di dalam Keraton Jogja. Setiap pertunjukan dan kegiatan memberikan wawasan lebih dalam tentang kehidupan dan kebudayaan di era kerajaan.

Fasilitas di Keraton Jogja

Keraton Jogja bukan hanya tempat yang kaya akan sejarah dan kebudayaan, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Dari area parkir hingga toko suvenir, berikut fasilitas-fasilitas yang dapat Anda nikmati saat berkunjung ke Keraton Jogja:

  1. Area Parkir
  2. Area Istirahat
  3. Warung dan Kafe
  4. Toko Suvenir
  5. Area Kebersihan
  6. Area Informasi

Dengan fasilitas-fasilitas ini, Keraton Jogja memberikan pengalaman kunjungan yang nyaman dan berkesan bagi setiap pengunjung. Anda dapat menikmati sejarah dan kebudayaan dengan tetap merasa santai dan terjaga kenyamanannya.

Lokasi Keraton Jogja

Keraton Jogja atau Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah salah satu ikon budaya dan sejarah Indonesia yang terletak di pusat Kota Yogyakarta. Lokasinya yang strategis menjadikannya mudah diakses oleh para wisatawan. Berikut adalah informasi mengenai lokasi Keraton Jogja:

Alamat: Keraton Jogja berada di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat ini dapat menjadi panduan untuk mencapai destinasi wisata yang megah ini.

Aksesibilitas: Lokasi Keraton Jogja yang berada di pusat kota membuatnya mudah dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan navigasi GPS untuk menemukan jalur tercepat menuju Keraton Jogja. Bagi yang ingin menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik bus, becak, atau taksi yang tersedia di sekitar kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *