Monumen Jogja Kembali Monjali: Aktivitas Seru & Tiket Masuk

Posted on
Harga Tiket Masuk Monumen Jogja Kembali Monjali: Rp15.000
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB
Nomor Telepon: 0274868225/+62 878-3906-8058
Alamat / Lokasi: Jl. Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia , 55581

Monumen Jogja Kembali Monjali merupakan destinasi wisata bersejarah yang menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta. Terletak di Ring Road Utara, bangunan Monjali dengan bentuk kerucut tumpeng yang mencolok akan terlihat dari kejauhan. Monjali didirikan untuk memperingati perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kembali Jogja dari tangan Belanda, dan inilah mengapa disebut sebagai Monumen Jogja Kembali.

Monumen Jogja Kembali Monjali

Sejarah yang terkandung di dalamnya membuat Monjali menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan yang ingin belajar lebih dalam tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Monumen Jogja Kembali Monjali menawarkan pengalaman berharga bagi para pengunjung yang ingin menapaki jejak sejarah. Salah satu daya tarik utamanya adalah diorama yang mengisahkan peristiwa sejarah perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kembali Jogja.

Lebih dari 1.000 koleksi diorama dipajang dengan apik, menggambarkan serangan umum 1 Maret 1949 dan semangat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaannya. Setiap diorama disertai musik lagu-lagu kebangsaan, menciptakan pengalaman emosional dan menghidupkan suasana masa lampau. Pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai benda bersejarah, seperti pakaian dan senjata yang digunakan oleh pejuang pada masa lalu.

Harga Tiket Masuk Monumen Jogja Kembali

Bagi para wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi sejarah perjuangan Indonesia di Monumen Jogja Kembali Monjali, tidak perlu khawatir tentang biaya tiket masuknya. Monjali menetapkan tarif yang terjangkau, sehingga pengunjung dari berbagai kalangan dapat menikmati pengalaman bersejarah di tempat ini. Berikut adalah daftar harga tiket masuk Monumen Jogja Kembali Monjali:

No. Jenis Tiket Harga Tiket
1. Tiket Masuk Per Orang Rp15.000

Dengan harga tiket masuk seharga Rp15.000 per orang, para pengunjung sudah dapat menikmati berbagai fasilitas dan pengalaman bersejarah di Monumen Jogja Kembali Monjali. Harga yang terjangkau ini menjadikan destinasi wisata ini sangat ramah bagi wisatawan dengan budget terbatas maupun keluarga yang ingin mengajak anak-anak belajar sejarah Indonesia.

Baca:  TAMAN BUDAYA Yogyakarta: Tiket & Aktivitas Seru

Jam Buka Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali Monjali menyambut pengunjungnya setiap harinya dengan jam buka yang konsisten. Dengan jadwal operasional yang luas, pengunjung memiliki fleksibilitas untuk menentukan waktu yang tepat bagi kunjungan mereka. Berikut adalah tabel jam buka Monumen Jogja Kembali Monjali:

Hari Jam Buka Jam Tutup
Selasa – Jumat 08.00 WIB 16.00 WIB
Sabtu – Minggu 08.00 WIB 16.00 WIB

Monumen Jogja Kembali Monjali dibuka setiap hari dari Selasa hingga Minggu, mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Pada hari Senin, Monumen ini tutup untuk umum. Jadi, pastikan untuk merencanakan kunjungan Anda sesuai dengan jadwal operasional yang ada.

Daya Tarik Monumen Jogja Kembali Monjali

Monumen Jogja Kembali Monjali menawarkan sejumlah daya tarik menarik bagi para pengunjungnya. Selain sebagai tempat bersejarah yang mengingatkan kita pada perjuangan Indonesia merebut kembali Jogja dari tangan Belanda, Monjali juga memiliki keunikan arsitektur dan konten menarik di setiap lantainya.

Perjuangan Rakyat Indonesia Merebut Jogja

Perjuangan Rakyat Indonesia Merebut Jogja

Dalam perjalanan sejarahnya, Indonesia telah menghadapi berbagai peristiwa bersejarah, termasuk perjuangan merebut kembali kemerdekaan dari penjajahan. Di Monumen Jogja Kembali Monjali, lebih dari 1.000 koleksi diorama menggambarkan serangan umum 1 Maret 1949, yang menjadi momen penting dalam perjuangan merebut kembali Jogja. Dengan begitu banyak diorama yang mengisahkan sejarah, pengunjung dapat memahami secara lebih mendalam tentang semangat perjuangan rakyat Indonesia dan tekad untuk mendapatkan kemerdekaan.

Mengagumi Keunikan Bangunan Monjali

Mengagumi Keunikan Bangunan Monjali

Bangunan Monumen Jogja Kembali Monjali memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dari monumen lain. Bangunan tersebut berbentuk kerucut seperti tumpeng dan memiliki tinggi sekitar 32 meter. Di desain dengan empat pintu masuk yang menghadap ke arah mata angin, dengan dua pintu menuju lantai satu dan dua pintu menuju lantai dua. Keunikan arsitektur ini mencerminkan keberagaman dan kompleksitas sejarah Indonesia yang unik.

Baca:  JNM BLOC Jogja: Tiket Masuk, Photomatic & Daftar Tenant

Lantai Pertama Monjali

Lantai Pertama Monjali

Pada lantai pertama Monumen Jogja Kembali Monjali, terdapat empat ruang museum yang menampilkan berbagai benda bersejarah. Pengunjung dapat melihat replika, foto, dokumen, dapur umum evokatif, serta berbagai jenis senjata yang digunakan pada masa perjuangan. Dalam setiap diorama yang dipamerkan, pengunjung dapat menyaksikan peristiwa bersejarah yang terjadi dan mendengarkan suara lagu-lagu kebangsaan yang mengiringi diorama tersebut. Juga, terdapat diorama peristiwa bersejarah saat bendera merah putih dikibarkan pada 17 Agustus 1949.

Lantai Tiga Monjali

Lantai Tiga Monjali

Pada lantai tiga, terdapat ruang keheningan yang memiliki makna mendalam bagi pengunjung. Ruangan ini berisi sebuah bendera merah putih beserta tiangnya, dan dindingnya dihiasi dengan relief berupa tangan memegang bambu runcing. Pengunjung diharapkan mengheningkan cipta sejenak untuk menghargai para pejuang yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Meskipun demikian, ada catatan bahwa ruangan ini kadang-kadang digunakan untuk area bermain anak, sehingga suasana hening kadang-kadang terganggu.

Taman Lampion Suasana Malam Monumen Jogja Kembali

Taman Lampion Suasana Malam Monumen Jogja Kembali

Bagian luar Monumen Jogja Kembali Monjali menjadi semakin meriah ketika malam tiba. Suasana malam di Monjali dihiasi dengan kehadiran taman lampion yang memukau. Pengunjung dapat menemukan berbagai macam lampion yang dibentuk dengan berbagai motif dan bentuk menarik. Selain itu, terdapat juga berbagai mainan anak dan makanan yang dijajakan, sehingga suasana malam di Monjali menjadi semakin hidup.

Di taman lampion ini, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang lampion yang indah, menciptakan momen berharga yang dapat diabadikan. Taman lampion ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana malam yang hangat dan penuh keceriaan di Monumen Jogja Kembali Monjali.

Dengan sejumlah daya tarik yang ditawarkan, Monumen Jogja Kembali Monjali menjadi destinasi wisata menarik bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih dalam tentang sejarah Indonesia dan semangat perjuangan rakyat Indonesia untuk meraih kemerdekaan. Pengunjung dapat merasakan pengalaman yang berbeda dan mendapatkan wawasan baru tentang peristiwa bersejarah yang berlangsung di masa lalu.

Baca:  Bukit Klangon Sleman: Daya Tarik & Harga Tiket

Fasilitas

Monumen Jogja Kembali Monjali sebagai salah satu destinasi wisata yang populer di Yogyakarta telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung saat berkunjung ke Monumen Jogja Kembali Monjali:

  • Area Parkir
  • Toilet Umum
  • Area Istirahat dan Tempat Duduk
  • Toko Oleh-Oleh
  • Area Makan

Dengan fasilitas yang lengkap dan beragam, Monumen Jogja Kembali Monjali menjamin kenyamanan dan kepuasan para pengunjungnya. Fasilitas-fasilitas ini turut menambah nilai positif dalam pengalaman berwisata di destinasi wisata yang sarat sejarah ini. Bagi siapa pun yang ingin mengeksplorasi sejarah dan keindahan arsitektur Monumen Jogja Kembali Monjali, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi liburan di Yogyakarta.

Lokasi Monumen Jogja Kembali Monjali

Monumen Jogja Kembali Monjali berlokasi di Ring Road Utara, tepatnya berada di Kelurahan Jongkang, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasinya yang strategis membuat Monjali mudah diakses oleh para pengunjung baik yang datang dari dalam kota Yogyakarta maupun dari luar kota.

Untuk mencapai Monumen Jogja Kembali Monjali, pengunjung dapat menggunakan berbagai jenis kendaraan seperti mobil pribadi, motor, atau pun angkutan umum. Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi, tersedia juga area parkir yang luas dan aman di sekitar Monjali.

Bagi pengunjung yang memilih menggunakan angkutan umum, terdapat beberapa pilihan angkutan seperti Trans Jogja dengan rute 2A dan 2B yang akan membawa Anda menuju Monumen Jogja Kembali Monjali. Penggunaan aplikasi transportasi online juga dapat menjadi opsi untuk mencapai destinasi wisata ini dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *