Museum Affandi: Spot Foto & Harga Tiket Masuk

Posted on
Harga Tiket Masuk Museum Affandi: Rp25.000 – Rp100.000
Jam Buka: 09.00 – 16.00 WIB
Nomor Telepon: (0274) 562 593
Alamat / Lokasi: Jl. Laksda Adisucipto No.167, Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55281

Bagi para pecinta seni rupa, nama Affandi Koesoema tentu tidak asing lagi. Dia adalah salah satu maestro seni rupa Indonesia yang karyanya telah memberikan kontribusi besar bagi dunia seni. Sebagai bentuk pengabdian dan dedikasinya terhadap seni, Affandi membangun sebuah museum yang menjadi wadah untuk melestarikan dan menghargai karya-karyanya. Museum tersebut dikenal dengan nama Museum Affandi dan berlokasi di kota Jogja, tepatnya di tepi Sungai Gajah Wong.

Museum Affandi

Museum ini merupakan salah satu destinasi menarik bagi wisatawan, baik bagi penggemar seni rupa maupun mereka yang ingin menyaksikan perjalanan karier sang maestro. Dengan didirikannya Museum Affandi pada tahun 1962, pengunjung dapat menikmati keindahan dan kekayaan karya-karya seni yang pernah dihasilkan oleh sang pelukis. Melalui pengalaman unik di museum ini, para pengunjung dapat lebih dekat mengenal dan mengapresiasi jenius seni rupa Indonesia yang tak ternilai.

Museum ini menyajikan koleksi seni Affandi yang mencakup lebih dari 300 lukisan, mulai dari awal karier hingga karya-karya yang dihasilkan menjelang akhir hayatnya. Selain itu, Museum Affandi juga menjadi rumah bagi karya-karya pelukis besar lainnya seperti Basuki Abdullah, Hendra Gunawan, Popo Iskandar, Sudjojono, dan lainnya, yang semakin melengkapi kekayaan artistik museum ini.

Harga Tiket Masuk Museum Affandi

Museum Affandi adalah salah satu destinasi wisata seni rupa yang menarik di Jogja. Bagi para penggemar seni dan pecinta lukisan, mengunjungi museum ini adalah kesempatan emas untuk menikmati karya-karya sang maestro Affandi Koesoema dan para pelukis besar lainnya. Selain menawarkan pengalaman seni yang memukau, museum ini juga terkenal dengan harga tiket masuk yang terjangkau, sehingga dapat dinikmati oleh banyak kalangan pengunjung. Berikut adalah tabel harga tiket masuk Museum Affandi:

Jenis Tiket Harga Tiket
Pelajar/Mahasiswa Domestik Rp25.000
Tiket Domestik Umum Rp50.000
Tiket Wisatawan Mancanegara Rp100.000
Tiket Pelajar Asing Rp50.000

Pengelola Museum Affandi juga memberlakukan tarif khusus untuk wisatawan asing mengingat popularitas museum ini telah menarik minat para pelancong dari berbagai negara. Dengan harga tiket yang relatif terjangkau, pengunjung dapat menikmati berbagai koleksi seni yang memukau dan menikmati atmosfer unik museum ini.

Jam Buka Museum Affandi

Museum Affandi merupakan tempat yang ideal bagi para pecinta seni rupa dan penggemar lukisan untuk menikmati karya-karya indah sang maestro Affandi Koesoema dan koleksi seni rupa lainnya. Namun, sebelum mengunjungi museum ini, penting untuk mengetahui jam buka agar tidak kecewa saat datang. Museum Affandi memiliki waktu operasional yang teratur untuk memastikan pengunjung dapat menikmati pengalaman seni secara optimal. Berikut adalah tabel jam buka Museum Affandi:

Baca:  Situs Warungboto: Daya Tarik Wisata & Harga Tiket
Hari Jam Buka Jam Tutup
Senin – Sabtu 09.00 WIB 16.00 WIB
Minggu dan Libur 09.00 WIB 13.00 WIB

Museum Affandi buka enam hari dalam seminggu, dari hari Senin hingga Sabtu. Pada hari-hari tersebut, museum dibuka mulai pukul 09.00 WIB pagi hingga pukul 16.00 WIB sore. Ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mengeksplorasi dan menikmati karya-karya seni dalam waktu yang cukup panjang.

Sedangkan pada hari Minggu dan hari libur nasional, Museum Affandi memiliki waktu operasional yang lebih singkat. Museum akan tetap buka mulai pukul 09.00 WIB pagi, namun akan ditutup lebih awal, yaitu pukul 13.00 WIB siang. Jadi, bagi yang berencana mengunjungi museum pada hari Minggu, disarankan untuk datang lebih awal agar memiliki waktu yang cukup untuk menikmati koleksi seni yang indah di dalamnya.

Aktivitas Seru di Museum Affandi

Museum Affandi bukan hanya sekadar tempat untuk melihat karya-karya seni rupa, tetapi juga menawarkan berbagai aktivitas seru yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi Museum Affandi:

Melihat Ratusan Karya Affandi

Melihat Ratusan Karya Affandi

Salah satu aktivitas utama di Museum Affandi adalah melihat ratusan karya lukisan yang merupakan hasil kreativitas sang maestro, Affandi Koesoema. Karya-karya tersebut dipajang dengan apik di berbagai galeri, memungkinkan pengunjung untuk menikmati perjalanan seni Affandi sejak awal kariernya hingga masa akhir hidupnya. Setiap lukisan memiliki cerita dan makna tersendiri, dan Anda dapat merenungkan pesan yang ingin disampaikan oleh sang seniman melalui karya-karyanya.

Suguhan Karya Pelukis Besar yang Indah

Suguhan Karya Pelukis Besar yang Indah

Selain lukisan-lukisan Affandi, Museum ini juga memamerkan karya-karya dari pelukis besar lainnya, seperti Basuki Abdullah, Hendra Gunawan, Popo Iskandar, Barli, Sudjojono, dan Muchtar Apin. Menikmati karya-karya para pelukis besar ini adalah kesempatan langka untuk mengagumi keindahan dan keunikan setiap lukisan yang dipamerkan. Jelajahi setiap galeri dengan hati-hati, dan Anda akan terpesona oleh ragam gaya dan tema yang dihadirkan oleh para seniman hebat ini.

Baca:  Hutan Pinus Mangunan Dlingo: Aktivitas & Harga Tiket Masuk

Mengenal Karya Penerus Affandi

Mengenal Karya Penerus Affandi

Affandi tidak hanya memiliki bakat yang mengagumkan dalam seni rupa, tetapi dia juga berhasil menularkan minat seni kepada putrinya, Kartika Affandi, dan cucunya, Didit. Di bangunan galeri yang berbeda, Anda dapat menemukan karya-karya mereka yang juga memiliki ciri khas dan karakteristiknya sendiri. Jelajahi setiap sudut galeri untuk mengenal lebih dekat dengan karya penerus Affandi dan melihat perkembangan seni rupa dari generasi ke generasi.

Spot Foto

Spot Foto

Museum Affandi juga menawarkan berbagai spot foto menarik yang cocok untuk berfoto bersama teman atau keluarga. Latar belakang bangunan museum yang indah dan koleksi seni yang menakjubkan akan menambahkan sentuhan artistik pada foto-foto Anda. Jangan lupa untuk berfoto di depan bangunan kafe bawah tanah yang khas atau di toilet unik yang terbuat dari gerobak. Hasil foto-foto tersebut akan menjadi kenang-kenangan yang berharga dari kunjungan Anda ke Museum Affandi.

Melihat Anak-anak Belajar Melukis

Melihat Anak-anak Belajar Melukis

Di Museum Affandi, terdapat Sanggar Gajah Wong, sebuah tempat bagi anak-anak untuk belajar melukis. Anda dapat menyaksikan keceriaan anak-anak saat mereka mengasah bakat seni mereka dengan bahagia. Momen ini tidak hanya menginspirasi, tetapi juga mengingatkan kita akan pentingnya mendukung dan melestarikan seni rupa di kalangan generasi muda.

Bersantai di Kafe Bawah Tanah

Bersantai di Kafe Bawah Tanah

Setelah berkeliling menikmati koleksi seni, nikmati momen relaksasi di Kafe Loteng, yang berada di bawah tanah. Dengan nuansa yang hangat dan nyaman, kafe ini menyajikan beragam makanan dan minuman lezat bagi para pengunjung. Sambil menyeruput minuman kesukaan Anda, Anda dapat berbincang dengan teman-teman atau sekadar menikmati suasana museum yang tenang dan damai.

Toilet dari Gerobak yang Unik

Toilet dari Gerobak yang Unik

Selama berada di kompleks museum, jangan lewatkan untuk mengunjungi toilet unik yang terbuat dari gerobak besar. Selain menjadi fasilitas yang fungsional, toilet ini juga menjadi objek foto yang menarik karena desainnya yang unik dan berbeda dari toilet biasa.

Dengan beragam aktivitas seru yang ditawarkan, kunjungan Anda ke Museum Affandi akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memberikan wawasan baru tentang seni rupa Indonesia. Jangan ragu untuk mengeksplorasi setiap sudut museum dan menikmati keindahan seni yang dipamerkan di sana.

Fasilitas di Museum Affandi

Museum Affandi sebagai salah satu destinasi wisata seni rupa yang terkenal di Yogyakarta telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk kenyamanan dan kepuasan para pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati selama berkunjung ke Museum Affandi:

  • Ruang Galeri yang Luas dan Nyaman
  • Toko Souvenir
  • Kafe Loteng
  • Area Parkir yang Luas
  • Toilet dan Fasilitas Kesehatan
  • Aksesibilitas untuk Penyandang Disabilitas
  • Area Bermain Anak
Baca:  Taman Pintar Jogja: Wahana Seru & Harga Tiket

Fasilitas yang lengkap dan nyaman di Museum Affandi membuat pengalaman berwisata seni rupa menjadi lebih menyenangkan. Anda dapat menikmati waktu berkualitas sambil mengeksplorasi seni rupa Indonesia yang indah dan menginspirasi. Jangan ragu untuk mengunjungi museum ini dan menikmati fasilitas yang disediakan untuk memperkaya pengetahuan dan apresiasi Anda terhadap seni.

Lokasi Museum Affandi

Museum Affandi merupakan destinasi wisata seni rupa yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Museum ini berlokasi di Jalan Solo Km. 5,1, dan dapat dengan mudah dijangkau dari berbagai lokasi di kota Yogyakarta. Bagi para wisatawan yang datang dari luar kota, mencari museum ini tidaklah sulit karena berada di dekat landmark terkenal, yaitu restoran KFC dan kampus UIN Sunan Kalijaga.

Untuk memudahkan Anda dalam mencapai Museum Affandi, berikut adalah beberapa rute dan petunjuk lokasi:

Dari Pusat Kota Yogyakarta:

  • Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti bus atau Trans Jogja. Naiklah bus dengan rute kota 3A yang akan membawa Anda ke arah Solo. Turunlah di depan KFC Solo, dan museum berada hanya beberapa meter di seberang Jalan Solo.

Dari Bandara Adisutjipto:

  • Museum Affandi berjarak sekitar 8 kilometer dari Bandara Adisutjipto. Anda bisa menggunakan taksi, ojek online, atau layanan antar-jemput hotel untuk menuju museum dengan nyaman.

Dari Stasiun Kereta Tugu Yogyakarta:

  • Jarak antara stasiun kereta dan museum sekitar 5 kilometer. Anda bisa naik taksi atau ojek online dari stasiun menuju Museum Affandi.

Dari Area Malioboro:

  • Museum Affandi berada sekitar 5 kilometer dari Malioboro. Anda bisa naik angkutan umum seperti bus kota 3A atau menggunakan taksi atau ojek online.

Setibanya di Museum Affandi, Anda akan disambut oleh bangunan museum yang megah dan indah di tepi barat Sungai Gajah Wong. Museum ini mudah dikenali dengan arsitektur klasik modern yang merupakan hasil rancangan Affandi sendiri. Area parkir yang luas juga akan memudahkan Anda untuk menyimpan kendaraan pribadi atau bus wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *