Museum Ullen Sentalu: Harga Tiket & Aktivitas Seru

Posted on
Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu: Rp50.000-Rp100.000
Jam Buka: 08.30 – 15.15 WIB
Nomor Telepon: 0274-895-161
Alamat / Lokasi: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55582

Kekayaan sejarah Jogjakarta tak pernah pudar, dan di tengah gemerlapnya destinasi wisata modern, Museum Ullen Sentalu menawarkan pengalaman unik yang mengajak para pengunjung merenung dalam jejak Dinasti Mataram yang abadi. Terletak di kawasan pegunungan yang sejuk, museum ini menjadi jendela yang membuka pandangan terhadap masa lalu yang berharga.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu bukan sekadar tempat koleksi artefak bersejarah, tetapi juga sebuah perjalanan budaya yang menarik. Dalam suasana yang tenteram dan tenang, pengunjung dapat menjelajahi jejak-jejak kehidupan kerajaan yang masih berdiri kokoh. Museum ini menjadi peluang untuk memahami lebih dalam mengenai kehidupan, seni, dan budaya yang melambangkan esensi sejarah Jawa.

Dengan pemandangan sekitar yang menenangkan, museum ini tidak hanya menampilkan artefak, tetapi juga menghadirkan suasana yang menghubungkan pengunjung dengan waktu yang telah lalu.

Harga Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu

Bagi pecinta sejarah dan budaya, Museum Ullen Sentalu adalah destinasi yang tak boleh dilewatkan. Untuk bisa menikmati perjalanan budaya yang menarik ini, pengunjung perlu memperhatikan tarif tiket masuk yang berbeda tergantung pada pilihan tur yang diinginkan. Berikut adalah daftar harga tiket masuk Museum Ullen Sentalu:

Jenis Tiket Harga
Tiket Masuk Tur Adiluhung Mataram Rp50.000
Tiket Masuk Tur Vorstenlanden Rp100.000

Perbedaan antara ketiga jenis tiket ini memberikan pengalaman berbeda kepada pengunjung. Tiket Masuk Tur Adiluhung Mataram memungkinkan wisatawan mengenal sejarah, seni, budaya, dan falsafah Jawa ke empat kerajaan melalui berbagai bentuk pengenalan seperti lukisan, foto, puisi, batik, dan koleksi lainnya.

Baca:  Alun-Alun Kidul Jogja: Harga Tiket & Aktivitas

Sedangkan Tiket Masuk Tur Vorstenlanden memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan masa keemasan Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta, serta mengenal budaya Indis yang lahir di tanah Jawa. Bagi yang ingin menjelajahi museum secara pribadi, Tiket Masuk Private Tour akan memberikan pengalaman mendalam dengan panduan pribadi.

Untuk kemudahan pembelian tiket, pengunjung dapat membelinya melalui website resmi museum di tickets.ullensentalu.com.

Jam Buka Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu tidak hanya menjadi tempat penyimpanan benda-benda bersejarah, tetapi juga menjadi jendela bagi para pengunjung untuk memahami lebih dalam tentang warisan budaya Jawa. Untuk bisa menikmati pengalaman ini, pengunjung perlu memperhatikan jam buka museum. Berikut adalah jam operasional Museum Ullen Sentalu:

Hari Jam Buka
Selasa – Minggu 08.30 – 15.15 WIB

Museum Ullen Sentalu membuka pintunya setiap hari dari Selasa hingga Minggu. Pengunjung dapat datang untuk menjelajahi berbagai peninggalan bersejarah, belajar tentang kebudayaan Jawa, dan merasakan atmosfer museum yang damai. Perlu diingat bahwa waktu terakhir pembelian tiket tur adalah 30 menit sebelum museum tutup.

Sejarah & Aktivitas Seru Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah tempat yang memadukan nilai sejarah, seni, dan budaya Jawa. Letaknya yang berada di kawasan pegunungan memberikan kesan sejuk dan damai, cocok untuk belajar dan berwisata sekaligus. Salah satu daya tarik utama museum ini adalah mengajak pengunjung untuk merasakan atmosfer dinasti Mataram melalui berbagai aktivitas seru.

Napak Tilas Dinasti Mataram

Napak Tilas Dinasti Mataram

Museum Ullen Sentalu bukan hanya sekadar tempat penyimpanan koleksi bersejarah. Melainkan juga mengajak pengunjung untuk melakukan napak tilas ke masa lalu, terutama masa kejayaan Dinasti Mataram. Penjelasan mendalam tentang seni, budaya, dan falsafah Jawa dijelaskan melalui lukisan, foto, batik, dan barang koleksi lainnya.

Baca:  Heha Ocean View: Harga Tiket Masuk & Aktivitas Seru

Jelajah Budaya

Jelajah Budaya

Museum Ullen Sentalu juga menawarkan program jelajah budaya yang mengajak pengunjung untuk memahami keragaman seni dan budaya di luar museum. Program ini dapat berupa kunjungan ke sekitar museum, Kaliurang, atau Kotagede. Baik dalam rombongan kecil maupun besar, program ini bertujuan untuk mendekatkan pengunjung dengan kebudayaan Jawa secara lebih mendalam.

Mengikuti Kegiatan Klub Diskusi

Mengikuti Kegiatan Klub Diskusi

Museum ini tidak hanya menyajikan koleksi benda bersejarah, tetapi juga mengadakan acara rutin yang disebut Klub Diskusi. Dalam klub ini, pengunjung dapat berpartisipasi dalam diskusi budaya yang dipandu oleh ahli. Diskusi ini membahas berbagai tema yang berhubungan dengan budaya, seni, dan kehidupan modern. Peserta diskusi dihadirkan dalam jumlah terbatas agar suasana lebih fokus dan interaktif.

Museum Ullen Sentalu tidak hanya mengajak pengunjung untuk melihat peninggalan sejarah, tetapi juga merasakan dan memahami kehidupan serta budaya Jawa melalui berbagai kegiatan seru. Melalui napak tilas, jelajah budaya, dan kegiatan diskusi, museum ini menjadi tempat yang memperkaya pengetahuan dan membangun pemahaman yang lebih dalam tentang warisan budaya Indonesia.

Fasilitas

Museum Ullen Sentalu tidak hanya menawarkan kekayaan koleksi sejarah dan budaya, tetapi juga memberikan fasilitas yang nyaman bagi pengunjung untuk menikmati pengalaman wisata yang lengkap. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung:

  1. Artshop dan Restoran
  2. Ruang Pameran Kaligonal
  3. Program Jelajah Budaya
  4. Klub Diskusi dan Pemutaran Film Dokumenter
  5. Penyediaan Tur Audio

Museum Ullen Sentalu tidak hanya menawarkan koleksi bersejarah, tetapi juga memberikan fasilitas yang memudahkan pengunjung untuk merasakan dan memahami warisan budaya Jawa secara lebih dalam. Fasilitas-fasilitas ini memberikan nilai tambah pada pengalaman wisata di museum yang kaya akan pengetahuan sejarah dan budaya.

Baca:  Museum Merapi Jogja: Aktivitas Seru & Harga Tiket

Lokasi Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di kawasan yang indah dan sejuk di pegunungan Sleman, Yogyakarta. Lokasinya yang strategis membuat museum ini dapat dijangkau dengan berbagai macam transportasi. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang lokasi Museum Ullen Sentalu:

Alamat Museum Ullen Sentalu: Jalan Boyong KM.25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta.

Transportasi Umum: Pengunjung dapat menggunakan Trans Jogja yang beroperasi di Yogyakarta. Setelah tiba di terminal Kaliurang, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum. Perhatikan waktu, karena pengunjung diharapkan tiba sebelum pukul 14.00 WIB untuk memastikan perjalanan berjalan lancar.

Kendaraan Pribadi: Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, cukup masukkan alamat di aplikasi navigasi atau peta online untuk menemukan rute terbaik ke museum. Jalan menuju museum akan memandu Anda melalui jalanan yang indah di pegunungan Sleman.

Informasi Kontak: Untuk informasi lebih lanjut, pengunjung dapat menghubungi Museum Ullen Sentalu melalui nomor telepon 0274-895-161. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, email juga dapat dikirimkan ke ullensentalu@gmail.com. Pengunjung juga dapat mengikuti informasi terbaru melalui media sosial museum di Facebook dan Instagram dengan nama akun @ullensentalu.

Museum Ullen Sentalu memiliki lokasi yang nyaman dan menarik bagi pengunjung yang ingin menjelajahi sejarah dan budaya Jawa. Dengan berbagai opsi transportasi yang tersedia, pengunjung dapat dengan mudah mencapai museum dan memulai petualangan budaya yang menarik di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *