Pantai Balekambang: Ragam Aktivitas & Tiket Masuk

Posted on
Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang Malang: Rp20.000
Jam Buka: 24 Jam
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Dusun Sumber Jambe Desa Srigonco, Jalan Balekambang, Balaikambang, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65179

Kota Malang, Jawa Timur, dikenal bukan hanya karena keindahan alamnya yang memesona, tetapi juga karena pesona pantainya yang menakjubkan. Salah satu pantai yang menjadi andalan dan tujuan utama para wisatawan adalah Pantai Balekambang. Sejak tahun 1985 hingga saat ini, pantai ini terus menarik perhatian pengunjung dari berbagai penjuru.

Pantai Balekambang Malang

Ketenaran Pantai Balekambang tidaklah mengherankan, mengingat pantai ini menawarkan keindahan pasir putih yang bersih dan terawat dengan baik, menjadikannya tempat ideal untuk berlibur yang nyaman. Selain keindahan pantainya, Pantai Balekambang memiliki akses jalan yang mudah, membuatnya sangat mudah dijangkau oleh wisatawan.

Tidak hanya pantai yang menawan, di sini Anda juga dapat menemukan berbagai jenis aktivitas wisata, termasuk berkemah, berenang, mengunjungi pulau-pulau kecil yang mengelilingi pantai, memancing, bermain flying fox, bermain di sungai kecil, menikmati hidangan lezat di pinggir pantai, berbelanja oleh-oleh, bersantai di tepian pantai, hingga mengeksplorasi penginapan dan hotel di sekitar Pantai Balekambang.

Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang

Salah satu daya tarik utama Pantai Balekambang adalah harganya yang terjangkau. Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp20.000, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai ini. Harga tiket masuk ini mencakup akses ke pantai dan fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar pantai. Selain tiket masuk, terdapat juga biaya parkir untuk kendaraan pribadi yang berbeda-beda, yaitu Rp5.000 untuk sepeda motor, Rp10.000 untuk mobil, dan Rp15.000 untuk bus atau truk.

Jenis Tiket Harga Tiket
Tiket Masuk Rp20.000
PMI Rp2.000
Parkir Motor Rp5.000
Parkir Mobil Rp10.000
Parkir Bus/Truk Rp15.000

Pengunjung yang memiliki PMI (Pengurus Masjid Indonesia) dapat memperoleh tiket dengan harga lebih murah, yaitu Rp2.000. Pantai Balekambang juga menerapkan aturan ketika ada anak-anak yang berkunjung, mereka harus didampingi oleh orang dewasa atau orang tua. Harga tiket masuk yang terjangkau ini menjadikan Pantai Balekambang sebagai destinasi liburan yang cocok untuk keluarga, teman-teman, atau individu yang ingin menikmati keindahan pantai tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Jam Buka Pantai Balekambang

Pantai Balekambang menawarkan fleksibilitas waktu kunjungan yang memudahkan pengunjung untuk mengeksplorasi keindahan pantai ini. Tempat wisata ini buka selama 24 jam, sehingga pengunjung dapat mengunjungi pantai ini kapan saja sesuai dengan preferensi mereka. Namun, perlu diingat bahwa loket karcis hanya buka pada jam-jam tertentu, yaitu mulai dari pagi hingga sore.

Baca:  Pantai Watu Leter: Daya Tarik Keindahan & Harga Tiket
Jam Buka Jam Tutup
24 Jam Pagi – Sore

Meskipun Pantai Balekambang tetap buka sepanjang malam, pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas seperti loket karcis dan berinteraksi dengan petugas sebaiknya datang selama jam buka loket. Pada hari libur atau tanggal merah, pantai ini biasanya lebih ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang mencari kesegaran dan keindahan pantai serta beragam aktivitas yang dapat dilakukan di sekitar area pantai.

Beragam Aktivitas Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah tempat yang penuh dengan aktivitas seru untuk dinikmati oleh para pengunjung. Selain panorama indah pantai, pantai ini menawarkan berbagai kegiatan yang akan membuat kunjungan Anda semakin berkesan. Berikut adalah beberapa aktivitas menarik yang dapat Anda nikmati di Pantai Balekambang:

Berkemah

Berkemah

Jika Anda suka berpetualang dan ingin merasakan nuansa alam yang lebih dekat, Pantai Balekambang memperbolehkan pengunjung untuk berkemah. Anda tidak perlu membayar biaya tambahan, tetapi Anda perlu membawa peralatan berkemah sendiri. Tenda-tenda biasanya ditempatkan di sepanjang tepi pantai. Pemandangan malam yang indah dengan deburan ombak akan membuat pengalaman berkemah Anda lebih spesial.

Berenang

Berenang

Pantai Balekambang adalah tempat yang sempurna untuk berenang. Perairan tenang dan bersih menjadikan berenang menjadi aktivitas yang paling dinantikan. Namun, selalu berenang dengan hati-hati dan perhatikan peringatan petugas tentang batas berenang yang aman.

Mengunjungi Pulau di Sekitar Pantai Balekambang

Mengunjungi Pulau di Sekitar Pantai Balekambang

Di sekitar Pantai Balekambang, terdapat tiga pulau, yaitu Pulau Ismoyo, Anoman, dan Wisanggeni. Pulau yang paling terkenal adalah Pulau Ismoyo, yang memiliki bentuk yang mirip dengan Pulau Tanah Lot di Bali. Di pulau ini, Anda juga dapat mengunjungi Pura Amarta Jati, tempat ibadah umat Hindu. Selalu menghormati aturan yang ada jika Anda mengunjungi tempat-tempat suci ini.

Memancing

Memancing

Bagi yang suka memancing, Pantai Balekambang menyediakan kesempatan yang sempurna. Bawa peralatan memancing Anda sendiri dan nikmati memancing sambil menikmati pemandangan pantai.

Bermain Flying Fox

Bermain Flying Fox

Flying fox adalah salah satu wahana yang tersedia di Pantai Balekambang. Anda dapat merasakan sensasi terbang di atas pantai dengan pemandangan yang luar biasa. Pastikan Anda mengunjungi wahana ini pada hari Sabtu dan Minggu, saat wahana ini beroperasi.

Bermain di Sungai Kecil

Bermain di Sungai Kecil

Untuk anak-anak yang ingin bermain dengan aman, di Pantai Balekambang terdapat sungai kecil. Ada penyewaan ban yang memungkinkan anak-anak bermain di sungai dengan aman.

Baca:  Taman Wisata Wendit: Daya Tarik & Harga Tiket Masuk

Makan di Pinggir Pantai

Makan di Pinggir Pantai

Nikmati hidangan lezat di pinggir pantai. Ada banyak warung dan kafe yang menyajikan makanan dengan harga terjangkau. Cobalah hidangan lokal dan saksikan matahari terbenam sambil menikmati makanan.

Berbelanja Oleh-Oleh

Berbelanja Oleh-Oleh

Di pinggir pantai, Anda akan menemukan berbagai toko oleh-oleh yang menjual berbagai barang seperti kacamata, topi, pakaian, dan lainnya. Harga barang-barang ini biasanya bisa ditawar, jadi jangan ragu untuk bernegosiasi.

Bersantai di Pinggir Pantai

Bersantai di Pinggir Pantai

Jika Anda hanya ingin bersantai dan menikmati keindahan pantai, Anda dapat menyewa tikar di sekitar pantai. Harga tikar bervariasi tergantung pada warungnya. Bersantai di bawah sinar matahari dengan suara ombak yang menenangkan adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Dengan beragam aktivitas yang ditawarkan, Pantai Balekambang adalah destinasi liburan yang sempurna untuk keluarga, teman, atau siapa pun yang mencari kesenangan dan petualangan di tepi pantai yang indah ini.

Penginapan dan Hotel Sekitar Pantai Balekambang

Bagi para wisatawan yang merencanakan kunjungan yang lebih panjang ke Pantai Balekambang, memiliki opsi penginapan yang nyaman sangat penting. Di sekitar pantai ini, Anda dapat menemukan berbagai penginapan dan hotel yang sesuai dengan berbagai preferensi dan anggaran. Berikut adalah beberapa pilihan penginapan yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Dhilpratis: Dhilpratis adalah salah satu penginapan yang terletak dekat dengan Pantai Balekambang. Penginapan ini menawarkan kenyamanan dan lokasi yang strategis bagi para tamu yang ingin mengeksplorasi keindahan pantai. Harga per malam di Dhilpratis cukup terjangkau, dengan tarif mulai dari sekitar Rp150.000. Fasilitas yang disediakan termasuk kamar bersih dan nyaman serta layanan yang ramah.
  • Penginapan Wibisono: Penginapan Wibisono juga merupakan opsi penginapan yang terjangkau di sekitar Pantai Balekambang. Tempat ini menawarkan kamar-kamar yang bersih dan nyaman untuk para tamu yang mencari tempat istirahat yang nyaman setelah seharian menjelajahi pantai. Harga per malam di Penginapan Wibisono seringkali mulai dari sekitar Rp150.000.
  • Villa Wisma Berbunga: Jika Anda mencari penginapan yang lebih besar atau memiliki fasilitas tambahan seperti dapur dan area bersantai, Villa Wisma Berbunga bisa menjadi pilihan yang tepat. Villa ini menawarkan akomodasi yang nyaman untuk keluarga atau kelompok wisatawan. Harga per malam di Villa Wisma Berbunga mungkin sedikit lebih tinggi, namun Anda akan mendapatkan kenyamanan dan privasi yang lebih besar.

Namun, perlu diingat bahwa pilihan penginapan di sekitar Pantai Balekambang terbatas jika dibandingkan dengan kota Malang yang berjarak sekitar 60 kilometer dari pantai. Di kota Malang, Anda akan menemukan lebih banyak pilihan hotel mainstream yang cocok untuk berbagai anggaran.

Baca:  Pantai Sipelot: Daya Tarik & Harga Tiket Masuk

Fasilitas

Pantai Balekambang adalah salah satu destinasi wisata yang telah menyediakan beragam fasilitas untuk kenyamanan pengunjungnya. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di pantai ini:

  • Toilet
  • Penginapan
  • Warung Makanan dan Minuman
  • Penyewaan Tikar
  • Musala
  • Toko Oleh-oleh

Seluruh fasilitas ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman kunjungan Anda dan menjadikan Pantai Balekambang sebagai tempat yang nyaman untuk berlibur. Dengan adanya fasilitas ini, Anda dapat lebih bebas mengeksplorasi keindahan pantai tanpa perlu khawatir tentang keperluan dasar Anda.

Lokasi Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya sangat strategis, sehingga mudah dijangkau oleh wisatawan baik yang datang dari dalam kota Malang maupun dari luar kota. Berikut informasi lebih lanjut mengenai lokasi Pantai Balekambang:

  • Lokasi Administratif: Pantai Balekambang secara administratif berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
  • Jarak dari Kota Malang: Pantai Balekambang berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Malang. Meskipun jaraknya cukup jauh, perjalanan menuju pantai ini sangat layak karena Anda akan melewati pemandangan indah dan perjalanan yang menyenangkan.
  • Akses Transportasi: Terdapat beberapa cara untuk mencapai Pantai Balekambang. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute jalan yang mudah diakses menuju pantai ini. Perjalanan dengan kendaraan pribadi akan memakan waktu sekitar 2 jam tergantung dari lokasi Anda di Malang.
  • Angkutan Umum: Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat memanfaatkan angkutan umum. Dari Terminal Arjosari di Malang, Anda bisa memilih angkutan yang menuju ke Terminal Gadang. Dari Terminal Gadang, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan angkutan menuju Bantur atau Gondanglegi, yang merupakan kecamatan terdekat dengan Pantai Balekambang. Dari kecamatan tersebut, Anda dapat menggunakan ojek untuk mencapai pantai.

Pantai Balekambang memiliki akses yang cukup baik meskipun perjalanan bisa sedikit melibatkan perpindahan angkutan. Bagi wisatawan yang mencari keindahan pantai dengan akses yang terjangkau, Pantai Balekambang adalah pilihan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *