Pantai Ngrumput: Bisa Berkemah Asik & Tiket Murah

Posted on
Harga Tiket Masuk Pantai Ngrumput Gunungkidul: Rp10.000-Rp15.000
Jam Buka: 24 Jam
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881

Pantai Ngrumput, meskipun mungkin belum sepopuler saudaranya, Pantai Parangtritis, adalah sebuah permata tersembunyi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Nama “Ngrumput” mungkin tidak se familiar seperti Parangtritis, namun jangan biarkan itu menipu Anda. Di balik kurangnya ketenaran, pantai ini menawarkan pesona yang tak kalah menarik dan menjadi tujuan yang sempurna bagi mereka yang mencari pengalaman alam yang sejuk, santai, dan terhindar dari keramaian.

Pantai Ngrumput

Terletak hanya sekitar satu kilometer dari Pantai Drini yang lebih terkenal, Pantai Ngrumput memang kurang terpapar sorotan utama, menjadikannya tempat yang relatif sepi dan alami. Dalam artikel ini, travelsantai akan menjelajahi segala yang perlu Anda ketahui tentang Pantai Ngrumput, dari harga tiket masuk yang terjangkau hingga daya tarik eksotis yang ditawarkannya.

Apakah Anda seorang pecinta camping, pencinta pemandangan tebing, atau pencicip seafood, Pantai Ngrumput menawarkan pengalaman yang tak terlupakan untuk semua orang. Mari kita mulai dengan memahami lebih dalam tentang keindahan alami ini yang belum tersentuh oleh banyak orang.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrumput

Bagi yang ingin mengunjungi Pantai Ngrumput, pertama-tama kita akan membahas hal yang penting untuk diperhatikan, yaitu harga tiket masuk. Harga tiket masuk Pantai Ngrumput terbilang sangat terjangkau, terutama jika Anda mempertimbangkan apa yang akan Anda nikmati di sana. Berikut adalah rinciannya:

Jenis Tiket Harga
Tiket Masuk Pantai Rp10.000
Tiket Camping Rp15.000

Tiket masuk Pantai Ngrumput hanya seharga Rp10.000 per orang. Dengan harga yang sangat terjangkau ini, Anda bisa menjelajahi keindahan alam pantai yang eksotis ini dan menikmati berbagai kegiatan yang ditawarkannya. Yang menarik perhatian adalah tiket camping seharga Rp15.000. Dengan tiket camping ini, Anda tidak hanya bisa menikmati pantai pada siang hari, tetapi juga merasakan sensasi bermalam di bawah langit penuh bintang di tepi pantai. Bagi penggemar camping, ini adalah pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.

Baca:  Pantai Wohkudu: Harga Tiket & Aktivitas Seru

Jam Buka Pantai Ngrumput

Saat merencanakan liburan ke Pantai Ngrumput, penting untuk mengetahui jam buka resmi pantai ini agar Anda dapat mengatur waktunya dengan baik. Pantai Ngrumput adalah tempat yang luar biasa, tetapi seperti halnya destinasi lainnya, ia juga memiliki waktu operasionalnya sendiri. Berikut adalah tabel jam buka resmi Pantai Ngrumput:

Hari Jam Buka Jam Tutup
Setiap Hari 06.00 pagi 06.00 sore

Seperti yang terlihat dalam tabel di atas, Pantai Ngrumput buka setiap hari mulai pukul 06.00 pagi hingga 06.00 sore. Ini memberikan pengunjung banyak waktu untuk menikmati keindahan pantai ini dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang ditawarkan.

Daya Tarik Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput, meskipun mungkin belum setenar beberapa pantai lain di Yogyakarta seperti Parangtritis, memiliki daya tarik uniknya sendiri yang membuatnya patut untuk dikunjungi. Terletak di Gunung Kidul, pantai ini menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda dan menarik. Berikut adalah beberapa daya tarik utama Pantai Ngrumput:

Camping di Tepi Pantai

Camping di Tepi Pantai

Salah satu hal yang membuat Pantai Ngrumput begitu istimewa adalah pengalaman berkemah di tepi pantainya. Anda bisa merasakan sensasi bermalam di bawah sinar rembulan dengan suara ombak yang tenang sebagai latar belakang. Berbeda dengan kebanyakan kegiatan berkemah yang biasanya terkait dengan mendaki gunung, di sini Anda dapat menikmati malam yang tenang sambil berada di tepi pantai. Sejak tahun 2015, berkemah di Pantai Ngrumput menjadi populer di kalangan pengunjung. Biaya berkemah cukup terjangkau, sekitar Rp 15.000 per tenda, dan biaya ini digunakan untuk menjaga kebersihan area berkemah.

Tebing & Karang Yang Indah

Tebing & Karang Yang Indah

Meskipun nama Pantai Ngrumput mungkin mengarahkan kita untuk mengira bahwa pantai ini ditumbuhi rumput, kenyataannya adalah pasir putih yang lembut seperti yang bisa ditemui di Pantai Gunung Kidul lainnya. Namun, apa yang benar-benar membuatnya menarik adalah keberadaan tebing-tebing tinggi dan formasi batu karang yang memukau. Terdapat juga lorong-lorong goa dan lubang-lubang karang yang bisa Anda jelajahi. Terutama saat diterpa oleh ombak yang dasyat, pemandangan ini menjadi lebih dramatis dan memesona. Bagi para fotografer, Pantai Ngrumput adalah surga yang tak boleh dilewatkan.

Baca:  Pantai Baron: Harga Tiket Masuk & Daya Tarik

Kombinasi Unik Pantai dan Bukit Kosakora

Kombinasi Unik Pantai dan Bukit Kosakora

Pantai Ngrumput juga menawarkan kombinasi unik antara pantai dan bukit. Bukit Kosakora yang terletak di sebelah timur pantai ini adalah bukit tertinggi di kawasan perbukitan tersebut. Dengan membayar biaya sekitar Rp 2.000 per orang, Anda dapat mendaki bukit ini. Dari puncak bukit yang berada 50 meter di atas permukaan laut ini, Anda dapat menikmati pemandangan Pantai Ngrumput yang tersembunyi serta menyaksikan matahari terbit dan tenggelam dengan pemandangan yang sangat indah. Suasana romantis dan hangat menjadikan momen ini begitu berkesan dan tak terlupakan.

Kuliner Seafood

Kuliner Seafood

Setelah berkeliling dan menikmati keindahan alam Pantai Ngrumput, pasti lapar akan menghampiri. Pantai ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga berbagai sajian kuliner seafood lezat. Salah satu menu yang sangat dicari oleh para pengunjung adalah ikan bakar. Makan malam dengan ikan bakar sambil menikmati suasana api unggun di tepi pantai adalah pengalaman yang tak terlupakan. Anda juga dapat membeli hasil tangkapan nelayan setempat dan membakarnya sendiri dengan perbekalan kayu dan tong besar. Kebersihan adalah prioritas di Pantai Ngrumput, termasuk sanitasi seperti kamar mandi dan toilet yang terjaga dengan baik untuk kenyamanan pengunjung.

Dengan beragam daya tarik ini, Pantai Ngrumput adalah destinasi yang menarik bagi mereka yang ingin mengalami liburan yang berbeda dan terbebas dari keramaian. Mari kita lanjutkan dengan penjelasan tentang fasilitas yang tersedia di pantai ini.

Fasilitas

Meskipun tergolong sebagai pantai yang masih alami dan sepi pengunjung, Pantai Ngrumput menyediakan berbagai fasilitas yang dapat memudahkan dan meningkatkan kenyamanan pengunjungnya. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Ngrumput:

  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Persewaan Perlengkapan Camping
  • Tempat Sampah
Baca:  Bukit Bintang Jogja: Pesona, Daya Tarik & Harga Tiket

Fasilitas yang disediakan di Pantai Ngrumput memungkinkan pengunjung untuk merasa lebih nyaman dan aman selama berkunjung. Bagi mereka yang ingin berkemah, tersedianya persewaan perlengkapan camping juga memudahkan pengalaman berkemah di tepi pantai. Selain menikmati keindahan alam pantai dan suasana romantis, pengunjung juga dapat merasa nyaman dengan adanya fasilitas sanitasi yang terjaga dengan baik.

Lokasi Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput terletak di Banjarejo, Tanjungsari, Area Hutan, Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55881. Pantai ini berjarak sekitar 1 kilometer dari Pantai Drini, yang lebih dikenal, dan hanya beberapa jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Pantai Ngrumput, ada beberapa rute yang dapat Anda ambil. Rute utama yang biasanya diikuti oleh pengunjung adalah sebagai berikut:

  1. Dari pusat Kota Yogyakarta, perjalanan dimulai dengan mengambil arah ke Cipayung dan kemudian menuju Pathuk.
  2. Anda akan melewati Sambipitu dan menuju Lanud TNI Gading, lalu menuju Sinoyo.
  3. Setelah itu, Anda akan sampai di Bundaran Tugu BPD. Dari sini, ambil arah timur menuju Wonosari.
  4. Dari Wonosari, menuju jalan Baron Tanjung Sari, dan Anda akan bertemu dengan pos retribusi Pantai Gunung Kidul.
  5. Dari pos retribusi, ikuti petunjuk ke arah Pantai Drini, yang terletak berdekatan dengan Pantai Ngrumput.

Dalam perjalanan menuju Pantai Ngrumput, pastikan untuk mengendarai kendaraan Anda dengan hati-hati karena jalanan cukup sempit dan terdapat banyak bebatuan. Jika Anda membawa kendaraan, Anda juga perlu memarkirnya dan melanjutkan perjalanan ke pantai dengan berjalan kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *