Pantai Sundak: Pesona Daya Tarik & Harga Tiket

Posted on
Harga Tiket Masuk Pantai Sundak Gunungkidul: Rp2.000
Jam Buka: 24 Jam
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Jl. Pantai Sundak, Pule Gundes II, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55881

Indonesia memiliki kekayaan alam yang tak terhitung jumlahnya, dan salah satu yang menonjol adalah keindahan pantai-pantainya. Di antara deretan pantai eksotis yang tersebar di berbagai wilayah, Pantai Sundak di Gunung Kidul menjadi salah satu destinasi yang memikat para pengunjung. Memadukan keindahan alam yang luar biasa dengan fenomena unik serta sejarah yang menarik, pantai ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Pantai Sundak

Terletak di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta, Pantai Sundak menyajikan pemandangan yang menakjubkan dengan perpaduan laut biru yang memikat dan pasir putih yang lembut. Tidak hanya pesona alamnya yang memukau, tetapi juga aktivitas dan daya tarik unik yang ada di pantai ini. Dari fenomena alam yang menarik hingga kuliner khas pesisir, setiap sudut Pantai Sundak memiliki kisah yang menanti untuk diungkap.

TravelSantai akan membawa Anda dalam perjalanan mengagumi keindahan alam, menjelajahi sejarah dan fenomena unik, serta merasakan cita rasa kuliner khas di tepi pantai. Selain itu, informasi tentang harga tiket masuk dan fasilitas yang tersedia juga akan dibahas dalam artikel ini. Dengan panduan yang lengkap, Anda akan siap untuk menjelajahi Pantai Sundak dan menciptakan kenangan tak terlupakan di salah satu surga alam Indonesia.

Harga Tiket Masuk Pantai Sundak

Sebelum memulai petualangan menakjubkan di Pantai Sundak, penting untuk mengetahui informasi terkait harga tiket masuk. Bagaimanapun, salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan saat merencanakan perjalanan adalah anggaran. Keberuntungan berpihak pada para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai ini, karena harga tiket masuk Pantai Sundak sangat terjangkau.

Jenis Tiket Tarif
Retribusi Masuk Rp 2.000
Tarif Parkir Motor Rp 2.000
Tarif Parkir Mobil Rp 3.000

Dengan harga tiket yang ramah kantong, Anda dapat menikmati segala pesona alam yang ditawarkan oleh Pantai Sundak. Harga tiket masuk ini juga mencakup retribusi masuk serta tarif parkir untuk kendaraan bermotor. Dengan demikian, Anda dapat menikmati keindahan pantai ini tanpa perlu khawatir tentang biaya yang tinggi. Jadi, siapkan diri Anda untuk merasakan pesona dan daya tarik Pantai Sundak dengan budget yang terjangkau.

Baca:  Pantai Ngrawe: Kecantikan Daya Tarik & Harga Tiket

Jam Buka Pantai

Pantai Sundak adalah tempat yang selalu terbuka bagi para pengunjungnya, dengan jam operasional 24 jam setiap harinya. Meskipun buka sepanjang waktu, disarankan untuk mengunjungi pantai ini antara pagi hingga sore hari. Pagi hari adalah waktu yang sempurna untuk menikmati keindahan matahari terbit yang memancarkan cahaya spektakuler di atas laut, menciptakan pemandangan yang memukau.

Hari Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Dengan informasi ini, Anda dapat merencanakan kunjungan Anda dengan lebih baik. Jika Anda berniat untuk menikmati panorama matahari terbenam yang indah, maka sore hari adalah waktu yang tepat. Namun, pastikan Anda telah memperoleh izin dari pengelola jika Anda berencana untuk berkemah di pantai selama malam hari. Jadi, siapkan diri Anda untuk menjelajahi keajaiban Pantai Sundak dengan mengikuti jadwal yang sesuai dengan preferensi Anda.

Pesona & Daya Tarik Pantai Sundak

Pantai Sundak adalah destinasi wisata yang memikat di Gunung Kidul. Memiliki pesona alam yang luar biasa dengan keindahan laut biru yang memukau serta hamparan pasir putih yang lembut. Tidak hanya itu, pantai ini juga menawarkan sejumlah daya tarik yang membuat setiap kunjungan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Secuil Surga di Pantai

Secuil Surga di Pantai

Saat mengunjungi Pantai Sundak, Anda akan merasakan seolah-olah masuk ke dalam secuil surga di bumi. Pemandangan yang memukau terbentang di depan mata, dengan hamparan pasir putih yang lembut dihiasi oleh ombak yang tenang. Warna laut yang bervariasi dari putih ke toska dan semakin biru di tengah lautan menambah pesona alam yang eksotis. Pantai ini juga dikelilingi oleh tebing karang yang hijau subur, menciptakan harmoni luar biasa antara daratan, laut, dan alam sekitarnya.

Baca:  Bukit Bintang Jogja: Pesona, Daya Tarik & Harga Tiket

Sejarah Pantai Sundak

Sejarah Pantai Sundak

Pantai ini memiliki cerita sejarah yang menarik. Dahulu, pantai ini dikenal dengan nama Wedimbedah. Namun, nama tersebut kemudian berubah menjadi Sundak, diambil dari kata “Asu” yang berarti anjing dan “Landak”. Cerita ini berasal dari penduduk setempat yang memiliki anjing yang menemukan landak di sebuah gua dekat pantai. Anjing tersebut mengejar landak dan berkelahi dengannya, mengakibatkan mata air muncul. Fenomena ini membuat daerah yang tadinya kering menjadi subur.

Fenomena Unik

Fenomena Unik

Pantai Sundak juga terkenal dengan fenomena alam yang unik. Selama musim hujan, air mengalir dari daratan menuju laut dan membentuk sungai dadakan. Pemandangan ini sangat menarik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, saat musim kemarau, pasir yang dibelah air laut akan kembali timbul, menciptakan perubahan alam yang menakjubkan.

Menikmati Kuliner di Pesisir Pantai

Menikmati Kuliner di Pesisir Pantai

Selain pesona alamnya, Pantai Sundak juga menawarkan pengalaman kuliner yang menggoda di tepi pantai. Wisatawan dapat menikmati berbagai hidangan lezat di warung-warung sederhana yang menghadap ke laut. Dari ikan bakar hingga nasi rames, Anda dapat mencicipi cita rasa masakan lokal yang lezat sambil menikmati pemandangan laut yang memukau.

Berkemah di Tepi Pantai

Berkemah di Tepi Pantai

Bagi Anda yang ingin merasakan keindahan alam Pantai Sundak secara lebih mendalam, Anda dapat berkemah di tepi pantai. Dengan izin dari pengelola, Anda dapat mendirikan tenda dan menikmati keajaiban matahari terbit dan terbenam di pantai ini. Suasana tenang dan alami akan membuat pengalaman berkemah Anda semakin berkesan.

Dengan pesona alam yang menakjubkan dan berbagai daya tarik unik, Pantai Sundak merupakan destinasi wisata yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Setiap sudut pantai ini memiliki cerita dan keindahan yang menanti untuk dijelajahi.

Fasilitas

Kunjungan Anda ke Pantai Sundak akan semakin nyaman berkat fasilitas yang disediakan oleh pengelola. Meskipun pantai ini memiliki pesona alam yang eksotis, Anda tetap bisa menikmati kenyamanan dan kemudahan selama berada di sini. Beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Sundak adalah:

  1. Toilet Umum
  2. Warung Makan
  3. Area Parkir
  4. Tempat Berkemah
  5. Pusat Informasi
Baca:  Pantai Depok: Daya Tarik & Harga Tiket Masuk

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, Anda dapat merencanakan kunjungan Anda dengan lebih baik dan memastikan kenyamanan selama berada di Pantai Sundak. Jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas yang tersedia demi pengalaman liburan yang menyenangkan.

Lokasi Pantai Sundak

Pantai Sundak terletak di Dusun Pule Gundes, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Jika Anda berencana untuk mengunjungi tempat ini, berikut adalah informasi mengenai lokasi dan cara menuju Pantai Sundak.

Alamat: Dusun Pule Gundes, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Aksesibilitas: Untuk mencapai Pantai Sundak, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa transportasi umum. Jika Anda berencana menggunakan kendaraan pribadi, berikut adalah beberapa rute yang dapat Anda pilih:

  1. Dari Kota Yogyakarta:
    • Ambil jalan ke arah barat menuju Jl. Parangtritis.
    • Ikuti petunjuk menuju Pantai Parangtritis.
    • Dari Pantai Parangtritis, lanjutkan perjalanan ke arah selatan hingga Anda sampai di Pantai Sundak.
  2. Dari Terminal Giwangan:
    • Naik angkutan umum ke arah selatan menuju Pantai Parangtritis.
    • Dari Pantai Parangtritis, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Pantai Sundak dengan menggunakan kendaraan pribadi atau ojek.
  3. Dari Terminal Wonosari:
    • Naik angkutan umum ke arah selatan menuju Pantai Baron.
    • Dari Pantai Baron, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Pantai Sundak dengan menggunakan kendaraan pribadi atau ojek.

Perlu diingat bahwa kondisi jalan menuju Pantai Sundak mungkin berbeda tergantung pada cuaca dan musim. Pastikan Anda mengecek kondisi jalan dan perjalanan sebelum berangkat. Jika menggunakan aplikasi navigasi, pastikan untuk memasukkan alamat atau koordinat GPS yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *