Pantai Tamban: Berbagai Aktivitas Seru & Harga Tiket

Posted on
Harga Tiket Masuk Pantai Tamban Malang: Rp5.000
Jam Buka: 07.00 WIB
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Kampung Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65176

Ketika berbicara tentang destinasi wisata di Jawa Timur, pikiran kita seringkali tertuju pada kota-kota besar seperti Malang atau Surabaya. Namun, di balik kepopuleran kota-kota tersebut, terdapat permata tersembunyi bernama Pantai Tamban. Mungkin belum banyak yang mengenalnya, tetapi inilah pesona Pantai Tamban yang menunggu untuk dijelajahi.

Pantai Tamban Malang

Pantai Tamban adalah salah satu dari sedikit surga alami yang masih terjaga di Kabupaten Malang. Meskipun namanya belum sepopuler Pantai Sendang Biru atau Pantai Balekambang, Pantai Tamban memiliki pesona yang tak kalah menarik. Keunikan terbesar pantai ini adalah perpaduan antara air laut dan air tawar, sebuah fenomena yang jarang ditemui di tempat lain.

Nama “Tamban” sendiri memiliki arti penting dalam sejarah lokal. Dalam bahasa Jawa, “tamban” berarti obat. Pemberian nama ini merujuk pada kejadian pada tahun 1880-an ketika tiga orang kiai menggunakan air laut di Pantai Tamban sebagai obat. Kejadian tersebut meninggalkan jejak sejarah yang memperkaya daya tarik pantai ini. Pantai Tamban menjadi destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari kedamaian, keindahan alam, dan petualangan.

Harga Tiket Masuk Pantai Tamban

Pantai Tamban menawarkan pesona alam yang luar biasa dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Bagi para wisatawan yang mencari pengalaman seru tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam, ini adalah destinasi yang sempurna. Berikut adalah informasi tentang harga tiket masuk ke Pantai Tamban:

Jenis Tiket Harga Tiket
Senin hingga Minggu Rp5.000 per orang

Dengan tiket masuk seharga Rp5.000 per orang, Anda bisa menjelajahi keindahan Pantai Tamban dan semua aktivitas seru yang ditawarkan di sini. Harga yang sangat terjangkau ini membuat Pantai Tamban menjadi pilihan ideal untuk liburan hemat bersama keluarga atau teman-teman. Selain itu, dengan biaya parkir dan akses yang mudah, Anda dapat menikmati pengalaman yang tak terlupakan di pantai ini tanpa harus khawatir tentang anggaran.

Baca:  Cafe Sawah Pujon Kidul: Daya Tarik & Harga Tiket

Jam Buka Pantai Tamban

Pantai Tamban adalah destinasi liburan yang dapat dinikmati kapan saja, karena pantai ini buka sepanjang waktu. Pengunjung memiliki fleksibilitas untuk datang pada waktu yang sesuai dengan jadwal mereka. Berikut adalah informasi tentang jam buka Pantai Tamban:

Hari Jam Buka
Senin hingga Minggu Mulai pukul 07.00

Pantai Tamban buka setiap hari mulai pukul 07.00. Waktu yang fleksibel ini memungkinkan pengunjung untuk merencanakan kunjungan mereka dengan baik. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada informasi yang jelas tentang jam penutupan, dan pantai ini mungkin ditutup lebih awal jika tidak ada pengunjung yang datang. Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk mengunjungi Pantai Tamban pada malam hari, pastikan untuk mengonfirmasi jam penutupan setempat agar Anda dapat merencanakan kunjungan Anda dengan baik.

Ragam Aktivitas Seru di Pantai Tamban

Pantai Tamban, yang mungkin masih kurang dikenal oleh banyak orang, adalah sebuah surga tersembunyi yang menawarkan beragam aktivitas seru bagi para pengunjungnya. Terletak di Sumbermanjing, Malang, pantai ini memiliki karakteristik unik yang membuatnya menarik untuk dieksplorasi. Berikut beberapa aktivitas seru yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Pantai Tamban:

Keindahan Pantai Tamban

Keindahan Pantai Tamban

Tentu saja, kegiatan utama di Pantai Tamban adalah menikmati indahnya pantai itu sendiri. Pantai ini masih relatif sepi pengunjung, sehingga Anda dapat menikmati keindahan alam dengan lebih tenang dan tidak terganggu. Bersantai di tepi pantai sambil mendengarkan deburan ombak, atau berjalan-jalan di sepanjang pantai yang memiliki panjang sekitar 1500 meter. Pantai Tamban memiliki pasir putih yang lembut dan batuan besar yang menghiasi tepi pantai, menciptakan pemandangan yang indah.

Melihat Pemandangan Alam

Melihat Pemandangan Alam

Karena jarang dikunjungi oleh wisatawan, lingkungan di sekitar Pantai Tamban masih sangat alami. Anda tidak akan menemukan banyak sampah berserakan di sini, yang menjadikan pantai ini tempat yang sangat layak untuk dikunjungi. Selain itu, Pantai Tamban memiliki bebatuan besar di tepi pantai dan sebongkah batu karang yang dikenal sebagai Pulau Sempu. Jika Anda berencana untuk berpetualang, Anda bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk menjelajahi sekitar Pulau Sempu.

Baca:  Pantai Kondang Iwak: Pesona Daya Tarik & Harga Tiket

Menginap di Pantai Tamban

Menginap di Pantai Tamban

Bagi mereka yang ingin merasakan keindahan malam di tepi pantai, Pantai Tamban memungkinkan pengunjung untuk berkemah dengan izin pengelola. Anda dapat membawa peralatan berkemah sendiri dan menikmati malam dengan mendengarkan deburan ombak atau menyalakan api unggun. Jika Anda telah berhasil memancing di sore hari, Anda bahkan dapat memasak ikan hasil tangkapan Anda sendiri. Jika berkemah bukan pilihan Anda, beberapa homestay tersedia di sekitar kawasan Pantai Tamban dengan harga yang terjangkau.

Bermain di Kedung Ijo

Bermain di Kedung Ijo

Pantai Tamban memiliki sumber air tawar dari muara bernama Kedung Ijo. Muara ini terletak di sebelah timur Pantai Tamban dan dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Di sekitar muara, terdapat tebing dengan bebatuan besar yang menciptakan kolam air tawar yang aman untuk berenang. Kolam air tawar ini memiliki ikan air tawar dan juga cocok untuk snorkeling. Namun, Anda harus membawa peralatan snorkeling sendiri karena tidak ada penyewaan peralatan di lokasi ini.

Pantai Tamban menawarkan pengalaman liburan yang berbeda dari destinasi pantai yang lebih ramai. Anda dapat menikmati alam yang masih alami, berpartisipasi dalam berbagai aktivitas, dan bersantai tanpa terburu-buru. Selain itu, fasilitas yang tersedia di pantai ini membuatnya semakin nyaman untuk dikunjungi.

Fasilitas di Pantai Tamban

Meskipun Pantai Tamban mungkin bukan destinasi wisata yang penuh keramaian, tempat ini tetap menyediakan beberapa fasilitas penting untuk kenyamanan para pengunjung. Berikut fasilitas-fasilitas yang bisa Anda temukan di Pantai Tamban:

  1. Toilet
  2. Gereja
  3. Mushola
  4. Warung Makanan dan Minuman
  5. Pasar Ikan

Meskipun fasilitas di Pantai Tamban mungkin tidak sebanyak destinasi wisata yang lebih populer, mereka mencukupi kebutuhan dasar para pengunjung. Toilet yang bersih, tempat ibadah, dan pilihan makanan dan minuman adalah fasilitas yang penting untuk menjadikan kunjungan Anda lebih nyaman. Selain itu, keragaman agama yang diakomodasi oleh adanya gereja dan mushola adalah cerminan dari toleransi di lingkungan ini.

Baca:  Kusuma Waterpark: Wahana Seru & Harga Tiket

Lokasi Pantai Tamban

Pantai Tamban adalah permata tersembunyi di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Terletak di desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing, dan berjarak sekitar 65 kilometer dari pusat kota Malang. Akses ke Pantai Tamban sangat mudah, dan Anda dapat mencapainya dengan berbagai jenis kendaraan.

Alamat Pantai Tamban: Kp. Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur.

Lokasi Pantai Tamban yang mudah diakses membuatnya menjadi destinasi yang cocok untuk sehari-hari atau akhir pekan. Kendaraan pribadi atau sewaan adalah pilihan yang nyaman untuk mencapai pantai ini. Jalan menuju pantai ini juga telah diperbaiki dan terawat dengan baik, sehingga perjalanan Anda akan lebih lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *