Pasar Beringharjo Jogja: Daya Tarik, Sejarah & Harga Tiket

Posted on
Harga Tiket Masuk Pasar Beringharjo Jogja: Gratis
Jam Buka: 08.30 – 21.00 WIB
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55122

Jogja, dikenal sebagai surga belanja di Indonesia, memiliki segudang pesona yang tak hanya terbatas pada fashion dan kuliner, tetapi juga pada kain legendaris, batik. Di tengah keberagaman tempat belanja, Pasar Beringharjo muncul sebagai salah satu destinasi ikonik di kota ini. Terletak tidak jauh dari kawasan Malioboro, Pasar Beringharjo menjadi magnet bagi para wisatawan dan warga lokal. Pasar ini telah menjadi bagian penting dari sejarah Jogja, berperan besar dalam perekonomian kota, dan memberikan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan.

Pasar Beringharjo Jogja

Pasar Beringharjo tak hanya sekadar pusat perbelanjaan, tetapi juga sebuah peninggalan sejarah yang memiliki keunikan tersendiri. Merupakan pasar tertua di Kota Jogja, Pasar Beringharjo berdiri dengan kokoh sejak tahun 1758. Nama “Beringharjo” sendiri memiliki arti harfiah “hutan pohon”, karena pada awalnya lokasi ini merupakan hutan beringin yang lebat.

Nama ini dipilih dengan harapan agar pasar ini dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Jogja. Berdiri tak lama setelah Keraton Yogyakarta, pasar ini menjadi pusat ekonomi di kota, menjadikannya salah satu cagar budaya yang penting. Bangunan pasar ini mencerminkan perpaduan arsitektur Jawa dan kolonial Belanda yang menambah pesona sejarahnya.

Harga Tiket Masuk Pasar Beringharjo Jogja

Bagi para wisatawan yang tertarik untuk menjelajahi keunikan Pasar Beringharjo di Jogja, kabar baiknya adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk khusus untuk memasuki pasar ini. Pengunjung dapat dengan bebas mengunjungi dan menjelajahi berbagai toko dan kios di dalam pasar tanpa dipungut biaya tiket masuk. Pasar Beringharjo memang dikenal sebagai pasar terbuka yang ramah untuk siapa saja yang ingin berbelanja atau sekadar melihat-lihat. Berikut adalah tabel harga tiket masuk Pasar Beringharjo Jogja:

Baca:  Heha Ocean View: Harga Tiket Masuk & Aktivitas Seru
Tiket Masuk Harga
Tiket masuk Gratis

Dengan tiket masuk yang gratis, Anda dapat menikmati suasana khas pasar tradisional yang berisik dan ramai dengan pedagang yang menawarkan beragam barang dagangan. Mulai dari pakaian batik, baju, celana, hingga aksesoris, segala kebutuhan belanja Anda dapat ditemukan di pasar ini. Selain barang-barang batik yang terkenal, pasar ini juga menawarkan berbagai barang antik, kerajinan tangan, kain tenun, dan banyak lagi.

Jam Buka Pasar Beringharjo Jogja

Pasar Beringharjo adalah salah satu destinasi belanja ikonik di Yogyakarta yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk memaksimalkan kunjungan Anda, penting untuk mengetahui jam operasional pasar ini. Pasar Beringharjo buka setiap hari, sehingga Anda memiliki fleksibilitas untuk mengatur jadwal kunjungan sesuai dengan rencana perjalanan Anda. Berikut adalah tabel jam buka Pasar Beringharjo Jogja:

Hari Jam Buka
Setiap hari 08.30 – 21.00 WIB

Pasar Beringharjo buka mulai pukul 08.30 pagi hingga pukul 21.00 malam setiap harinya. Jadi, Anda memiliki waktu yang cukup luas untuk menjelajahi pasar ini, berbelanja, dan menemukan berbagai penawaran menarik. Jam operasional yang panjang ini memberikan kesempatan bagi wisatawan yang ingin berbelanja pada pagi hari atau bahkan malam hari.

Sejarah & Daya Tarik Pasar Beringharjo Jogja

Sejarah & Daya Tarik Pasar Beringharjo Jogja

Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar tertua yang ada di Kota Yogyakarta. Nama “Beringharjo” sendiri memiliki arti “hutan pohon” karena dahulu kawasan ini merupakan hutan beringin yang lebat. Pasar ini memiliki peran sejarah yang sangat penting bagi perekonomian kota ini dan telah menjadi ikon belanja yang tak tergantikan.

Pasar Beringharjo mulai beroperasi sejak tahun 1758 dengan banyak pedagang yang menjajakan dagangan di kawasan ini. Namun, baru pada tahun 1925 ketika Sri Sultan HB VII bertahta, pasar ini ditetapkan dengan nama Pasar Beringharjo. Selanjutnya, lokasinya lebih dikhususkan untuk berdagang dan fasilitas pasar pun diperbarui dan ditingkatkan, termasuk pembangunan los dan toko-toko permanen.

Baca:  Puri Mataram Sleman: Tiket Masuk & Aktivitas

Pasar ini memiliki arsitektur campuran antara gaya Jawa dan kolonial Belanda yang memberikan nuansa khas pada bangunannya. Sejak berdiri hingga sekarang, Pasar Beringharjo terus berkembang menjadi pusat perdagangan yang penting bagi masyarakat Jogja.

Wisata Kuliner

Wisata Kuliner

Selain menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari dan pakaian, Pasar Beringharjo juga menjadi surga kuliner bagi para pengunjung. Saat pagi hari, kawasan pasar dipadati oleh penjaja makanan dengan menu sarapan khas Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmati hidangan khas seperti pecel, nasi kucing, dan beragam kue tradisional yang menggugah selera.

Pusat Barang Murah dan Berkualitas

Pusat Barang Murah dan Berkualitas

Pasar Beringharjo terkenal sebagai pasar yang menyediakan berbagai barang dengan harga yang terjangkau. Wisatawan dapat menemukan beragam produk batik, tas, tenun, dan perlengkapan lainnya dengan kualitas yang baik. Di sini, skill menawar sangat berguna, terutama jika Anda datang di pagi hari saat banyak toko baru buka dan ada kesempatan untuk mendapatkan harga yang sangat miring.

Berkeliling Bagian dalam Pasar Beringharjo

Berkeliling Bagian dalam Pasar Beringharjo

Pasar ini terdiri dari bangunan barat dan bangunan timur yang saling terhubung. Di dalamnya, pengunjung akan menjumpai ribuan produk batik dalam bentuk bahan maupun pakaian jadi. Selain itu, di lantai dua dan tiga, tersedia berbagai rempah-rempah, barang antik, tas dan sepatu bekas, serta beragam barang unik lainnya. Anda dapat berkeliling sambil menikmati suasana khas pasar tradisional yang ramai.

Kampung Pecinan

Kampung Pecinan

Di sebelah utara Pasar Beringharjo, terdapat Kampung Pecinan yang menawarkan berbagai barang tahun 1950-an, seperti kaset lagu tempo dulu dan uang lama dari berbagai negara. Kampung Pecinan menjadi tempat yang menarik untuk menjelajahi barang-barang unik dengan nuansa nostalgia.

Pasar Beringharjo Jogja bukan hanya sekadar tempat berbelanja, tetapi juga tempat berinteraksi dengan budaya dan sejarah Kota Yogyakarta. Dengan beragam daya tarik yang dimilikinya, pasar ini tak pernah kehilangan pesonanya bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca:  Agrowisata Bhumi Merapi: Harga Tiket & Aktivitas Seru

Fasilitas

Pasar Beringharjo Jogja menyediakan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan para pengunjung. Dengan berbagai layanan yang disediakan, pasar ini menjadi tempat yang nyaman untuk berbelanja dan menjelajahi berbagai produk khas Yogyakarta.

  1. Area Parkir
  2. Toilet dan Mushola
  3. Tempat Istirahat
  4. Tempat Makan
  5. Pusat Informasi Wisata

Fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh Pasar Beringharjo Jogja menunjukkan komitmen pasar ini dalam memberikan pelayanan yang baik kepada para pengunjung. Dengan fasilitas yang lengkap, para wisatawan dapat berbelanja dengan nyaman dan menikmati suasana unik dari pasar tradisional yang kental dengan nuansa sejarah dan budaya Kota Yogyakarta.

Lokasi Pasar Beringharjo Jogja

Pasar Beringharjo Jogja terletak di Jalan Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Yogyakarta. Lokasinya yang strategis membuat pasar ini menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Berlokasi tidak jauh dari Jalan Malioboro, salah satu kawasan wisata paling terkenal di Yogyakarta, menjadikan Pasar Beringharjo mudah diakses oleh para pengunjung.

Lokasi pasar yang berada di pusat kota membuatnya mudah dijangkau dari berbagai tempat. Para pengunjung dapat menggunakan berbagai moda transportasi seperti taksi, becak, atau bus umum untuk menuju pasar ini. Bagi wisatawan yang ingin mengeksplorasi kota dengan berjalan kaki, lokasi pasar yang dekat dengan Malioboro menjadikannya tempat yang nyaman untuk dijelajahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *