PASAR SENI GABUSAN: Daya Tarik & Harga Tiket

Posted on
Harga Tiket Masuk PASAR SENI GABUSAN: Gratis
Jam Buka: 09.00-19.00 WIB
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Jalan Parangtritis KM 9.5, Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55185

Pasar Seni Gabusan di Bantul, Yogyakarta, merupakan destinasi wisata malam yang menarik untuk dikunjungi. Selain menjadi pusat karya kerajinan dan seni, pasar ini juga menawarkan berbagai wahana seru dan kuliner lezat. Daya tarik uniknya mencakup suasana pasar malam yang ramai serta berbagai acara dan pameran yang menarik minat pengunjung. Terletak di lokasi yang strategis, pasar ini mudah dijangkau dan dikenal dengan ciri khas gong raksasa yang menarik perhatian di bagian depannya.

PASAR SENI GABUSAN. Foto: google map/Hardian 0406

Satu hal yang menarik perhatian pengunjung adalah harga tiket masuk ke Pasar Seni Gabusan yang sangat terjangkau. Untuk masuk ke pasar seni ini, pengunjung tidak perlu membayar biaya tiket, sehingga dapat dinikmati secara gratis. Namun, untuk menikmati fasilitas-fasilitas yang ditawarkan seperti wahana permainan Berkah Ria dan parkir motor, pengunjung akan dikenakan biaya yang bersahabat bagi kantong masyarakat.

Harga Tiket Masuk Pasar Seni Gabusan

Bagi penggemar wisata malam di Yogyakarta, Pasar Seni Gabusan menjadi destinasi yang menarik dengan berbagai wahana seru dan keunikan lainnya. Yang membuat pasar seni ini semakin menarik adalah harga tiket masuk yang terjangkau, sehingga pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Berikut adalah tabel harga tiket masuk Pasar Seni Gabusan:

Harga Tiket Masuk
Setiap Hari Gratis
Tiket Fasilitas
Semua Wahana Permainan Berkah Ria Rp.10.000
Parkir Motor Rp2.000

Pasar Seni Gabusan menyediakan tiket masuk gratis untuk semua pengunjung yang ingin menikmati suasana pasar seni dan berbagai atraksi di dalamnya. Namun, untuk menikmati wahana permainan Berkah Ria yang menawarkan beragam hiburan seru, pengunjung akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 10.000. Selain itu, bagi pengunjung yang datang dengan motor, akan dikenai biaya parkir sebesar Rp. 2.000. Dengan harga tiket yang terjangkau, Pasar Seni Gabusan menjadi pilihan yang menarik bagi semua kalangan untuk menikmati malam yang seru di Yogyakarta.

Jam Buka Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan merupakan salah satu tempat wisata malam yang menarik di Yogyakarta. Pasar ini buka setiap hari dan menjadi ramai terutama pada malam minggu ketika berbagai acara dan hiburan dihadirkan. Dengan jam buka yang fleksibel, pengunjung memiliki kesempatan lebih untuk menikmati berbagai atraksi dan suasana unik pasar seni ini. Berikut adalah tabel jam buka Pasar Seni Gabusan:

Baca:  Dino Adventure: Aktivitas Seru & Harga Tiket Masuk
Jam Buka
Setiap Hari 09.00-19.00

Pasar Seni Gabusan buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga pukul 19.00 malam. Dengan jam operasional yang panjang, pengunjung dapat memilih waktu yang paling sesuai dengan jadwal mereka untuk mengunjungi tempat ini. Bagi yang ingin menikmati suasana pasar seni yang lebih meriah dan beragam acara, kunjungan pada malam minggu sangat direkomendasikan. Di malam minggu, pasar ini menjadi sangat hidup dengan berbagai atraksi, pertunjukan, dan hiburan yang menarik untuk dinikmati.

Daya Tarik Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Yogyakarta, terutama saat malam minggu. Tempat ini memiliki sejumlah daya tarik yang membedakannya dari pasar-pasar lainnya. Bagi pengunjung dari segala kalangan usia, pasar seni ini menawarkan pengalaman berbeda dan beragam atraksi yang membuat kunjungan semakin menyenangkan.

Pusat Jual Beli Karya Seni

Pusat Jual Beli Karya Seni. Foto: google map/Ayam pelung Pasuruan

Pasar Seni Gabusan menawarkan beragam karya seni hasil buatan masyarakat daerah Bantul. Koleksi yang ditawarkan sangat unik dan beragam, mulai dari patung dan prasasti buatan, kerajinan dari kulit seperti tas, sandal, dan ikat pinggang, hingga kerajinan kayu, tas rotan, aksesoris, dan aneka batik tulis. Karya-karya seni ini bisa dibeli di kios-kios penjual yang dikenal dengan sebutan “los.” Setiap los menawarkan jenis barang yang berbeda, sehingga pengunjung dapat menemukan berbagai pilihan sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka.

Berbagai Barang-barang Antik

Berbagai Barang-barang Antik. Foto: google map/bagus antik magelang

Pasar Seni Gabusan juga menawarkan pasar barang antik dan vintage terbesar serta terlengkap di Yogyakarta. Di sekitar pasar ini, terdapat sekitar 68 kios penjual barang-barang antik dengan koleksi yang masih bagus. Pengunjung dapat menemukan beragam barang dan benda antik dari zaman dahulu, seperti ponsel, helm, mesin tik, keris, kamera, vespa, jam dinding, telepon, congklak, hingga radio tua. Selain itu, pasar ini juga menjadi tempat penjualan dan pelelangan barang antik, khususnya saat malam minggu. Bagi pecinta barang-barang antik, tempat ini adalah surga yang menarik untuk dijelajahi.

Menjadi Tempat Event

Menjadi Tempat Event. Foto: google map/wahyu plutjogja

Pasar Seni Gabusan sering melangsungkan berbagai acara dan event menarik. Event besar seperti Bantul Creative Expo rutin berlangsung setiap tahun di sini. Selain itu, acara besar lainnya adalah Sekaten yang menyajikan beragam hiburan untuk masyarakat. Wahana hiburan, permainan, pusat makanan, dan pedagang kerajinan menjadi daya tarik yang membuat pasar ini selalu ramai pengunjung. Di sini, para pengunjung dapat merasakan atmosfer pasar malam yang meriah dengan berbagai kegiatan dan hiburan yang tersedia.

Baca:  Candi Borobudur Magelang: Harga Tiket Masuk & Aktivitas

Beragam Wahana Permainan Seru

Beragam Wahana Permainan Seru. Foto: google map/Maltje Kit

Bagi pengunjung yang rindu suasana pasar malam, Pasar Seni Gabusan menawarkan beragam wahana permainan “Berkah Ria” khas pasar malam. Beberapa wahana yang ditawarkan antara lain bianglala, perahu kora-kora, ombak banyu, ayunan gantung, komedi putar, kereta putar, hingga bom bom car.

Pengunjung dapat menikmati suasana bermain yang menyenangkan dengan cahaya lampu warna-warni yang menyala di setiap wahana. Terdapat juga area khusus untuk permainan anak-anak, seperti odong-odong, istana balon, memancing, mandi bola, melukis, dan trampolin. Daya tarik permainan ini menjadikan pasar seni ini tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

Wisata Kuliner

Wisata Kuliner. Foto: google map/Rio Defiyanto

Selain menjadi pusat karya seni, Pasar Seni Gabusan juga memanjakan pengunjungnya dengan beragam kuliner khas Bantul. Pondok Kuliner Khas Bantul menyajikan makanan lezat seperti Sate Klathak Bu Jazim, Lotek Mbak Jazim dari Wonokromo, Gudeg Manggar, hingga Rica-rica Entok dari Srandakan. Tempat kuliner ini berlokasi di depan kompleks pasar, mudah ditemukan, dan menyediakan harga makanan yang terjangkau.

Saat ada acara atau event tertentu, pasar ini juga menjadi pusat wisata kuliner makanan ringan dengan berbagai hidangan yang menggugah selera, seperti sosis bakar, telur gulung, corn dog, kentang spiral, crepes, waffle, hingga minuman seperti pop ice dan boba. Kuliner di Pasar Seni Gabusan akan memanjakan lidah setiap pengunjungnya.

Gantangan Burung

Gantangan Burung. Foto: Instagram/@psgbantul

Bagi para pecinta burung, Pasar Seni Gabusan memiliki daya tarik khusus. Tempat ini memiliki gantangan burung bernama Oriq Jaya yang menjadi lokasi pertandingan burung berkicau. Setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu, pertandingan burung berkicau berlangsung di sini. Berbagai jenis burung berkicau, mulai dari perkutut hingga Love Bird, ikut serta dalam pertandingan ini.

Gantangan ini juga sering digunakan sebagai tempat latihan bagi para pemilik burung perkutut. Di sekitar area gantangan, pengunjung juga dapat menemukan penjual hewan seperti kelinci, ayam, dan burung.

Baca:  Titik Nol Kilometer Jogja: Sejarah, Daya Tarik & Spot Foto

Pasar Seni Gabusan menawarkan beragam daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi wisata menarik di Yogyakarta. Dari pusat karya seni, barang-barang antik, acara dan event menarik, hingga berbagai wahana permainan seru dan kuliner khas Bantul, pasar ini memiliki sesuatu yang menarik bagi semua pengunjung dari segala usia.

Selain itu, fasilitas yang disediakan juga memudahkan pengunjung untuk menikmati pengalaman wisata yang menyenangkan. Dengan lokasi yang strategis, Pasar Seni Gabusan dapat menjadi tempat yang tepat untuk mengisi waktu luang bersama keluarga dan teman-teman.

Fasilitas

Pasar Seni Gabusan menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat dinikmati saat mengunjungi pasar ini:

  1. Toilet
  2. ATM Center
  3. Tempat Duduk
  4. Tempat Sampah
  5. Mushollah

Fasilitas yang disediakan di Pasar Seni Gabusan bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi setiap pengunjung. Dengan fasilitas yang lengkap, pengalaman berwisata di pasar ini menjadi lebih menyenangkan.

Alamat Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta. Lokasinya yang strategis membuat pasar ini mudah dijangkau oleh para wisatawan yang ingin menikmati suasana malam dengan berbagai daya tarik yang ditawarkannya. Berikut adalah alamat lengkap Pasar Seni Gabusan:

Alamat: Jalan Parangtritis KM 9.5, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55185

Pasar Seni Gabusan berada di tepi jalan antara Pantai Parangtritis dan Kota Jogja, sehingga mudah ditemukan oleh pengunjung. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti jalur menuju Pantai Parangtritis, dan sekitar 9,5 kilometer dari Pantai Parangtritis, Anda akan tiba di Pasar Seni Gabusan. Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan transportasi umum seperti angkutan kota atau taksi untuk mencapai pasar ini.

Dengan adanya gong raksasa yang menjadi ciri khas di depan pasar, Pasar Seni Gabusan mudah diidentifikasi. Tidak hanya menawarkan beragam barang seni dan kerajinan khas Bantul, pasar ini juga menyuguhkan wisata kuliner, wahana permainan seru, serta berbagai event menarik yang membuat pengalaman wisata di sini semakin berkesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *