POJOK BENTENG WETAN Jogja: Daya Tarik, Sejarah & Harga Tiket

Posted on
Harga Tiket Masuk POJOK BENTENG WETAN Jogja: Gratis
Jam Buka: 24 Jam
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Jl. Sisingamangaraja, Keparakan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55131

Yogyakarta, kota dengan segudang kekayaan sejarah dan budaya, menyimpan berbagai destinasi menarik untuk dijelajahi. Salah satunya adalah POJOK BENTENG WETAN Jogja, sebuah tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu masa penjajahan di kota ini. Destinasi wisata yang tersembunyi ini menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung yang menyukai petualangan sejarah.

POJOK BENTENG WETAN Jogja
POJOK BENTENG WETAN Jogja. Foto: google map/windu dolandolan

POJOK BENTENG WETAN Jogja, yang juga dikenal sebagai Benteng Wetan, merupakan bagian dari tembok pertahanan keraton yang mengelilingi kompleks kerajaan. Bangunan ini dibangun oleh Pangeran Adipati Anom, putra dari Sri Sultan Hamengkubuwono I, dan selesai pada sekitar tahun 1792. Sejak saat itu, benteng ini telah menyaksikan berbagai peristiwa bersejarah, termasuk peristiwa “Geger Spei” yang mengakibatkan salah satu sudut benteng hancur akibat ledakan gudang mesiu.

Kali ini TravelSantai.com akan membahas daya tarik POJOK BENTENG WETAN Jogja, sejarahnya yang menarik, harga tiket masuk, serta berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Destinasi bersejarah ini adalah pilihan tepat bagi siapa saja yang ingin merasakan pesona masa lalu Yogyakarta sambil menikmati pemandangan kota yang indah.

Harga Tiket Masuk POJOK BENTENG WETAN Jogja

Ketika merencanakan kunjungan ke POJOK BENTENG WETAN Jogja, hal penting yang perlu diperhatikan adalah harga tiket masuk. Kabar baiknya, untuk menikmati pesona sejarah yang ditawarkan oleh destinasi ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan yang besar. Berikut adalah tabel harga tiket masuk POJOK BENTENG WETAN Jogja:

Tiket Masuk Harga
Dewasa Gratis
Anak-anak Gratis

Seperti terlihat pada tabel di atas, destinasi wisata bersejarah ini memberikan keuntungan bagi pengunjungnya dengan memberikan tiket masuk secara gratis, baik untuk dewasa maupun anak-anak. Ini adalah kabar baik bagi wisatawan yang ingin mengenali lebih dekat sejarah kota Yogyakarta tanpa perlu membebani anggaran perjalanan mereka.

Baca:  Museum Benteng Vredeburg: Koleksi Diorama, Aktivitas & Tiket

Jam Buka

POJOK BENTENG WETAN Jogja adalah destinasi wisata yang dapat dikunjungi kapan saja sepanjang hari. Fleksibilitas jam bukanya memungkinkan para pengunjung untuk menyesuaikan waktu kunjungan mereka dengan jadwal perjalanan dan aktivitas lainnya. Berikut adalah tabel jam buka POJOK BENTENG WETAN Jogja:

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Dengan jam buka yang 24 jam setiap hari, POJOK BENTENG WETAN Jogja menyediakan fleksibilitas waktu kunjungan yang sangat besar bagi para pengunjungnya. Tidak ada batasan waktu untuk menikmati pesona sejarah yang ditawarkan oleh benteng ini. Anda dapat mengatur kunjungan Anda sesuai dengan kenyamanan dan preferensi pribadi Anda.

Daya Tarik POJOK BENTENG WETAN Jogja

POJOK BENTENG WETAN Jogja memiliki daya tarik yang unik dan menarik bagi para pengunjungnya. Dengan menyimpan sejarah dan nilai-nilai budaya yang kaya, destinasi wisata ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Berikut adalah beberapa daya tarik POJOK BENTENG WETAN Jogja yang membuatnya menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi:

Struktur Bangunan Yang Unik

Struktur Bangunan Yang Unik. Foto: google map/Patih Oi

Salah satu hal yang paling mencolok dari POJOK BENTENG WETAN Jogja adalah struktur bangunannya yang unik. Benteng ini dibuat oleh Pangeran Adipati Anom, Putra Sri Sultan Hamengkubuwono I, dan selesai sekitar tahun 1792. Meskipun telah mengalami beberapa kali pemugaran, bangunan ini masih mempertahankan keaslian dan kekokohannya.

Tembok tinggi berbentuk anjungan dengan lubang kecil pada sudut benteng berfungsi sebagai tempat pertahanan dan pengintaian musuh. Dari atas benteng, pengunjung dapat berjalan dan menyaksikan pemandangan kota Yogyakarta dengan jelas.

Saksi Bisu Dari Sejarah Peristiwa Geger Spei

Saksi Bisu Dari Sejarah Peristiwa Geger Spei. Foto: google map/RA HM

POJOK BENTENG WETAN Jogja menjadi saksi bisu peristiwa bersejarah yang dikenal sebagai “Geger Spei.” Dahulu, terdapat empat pojok benteng yang melindungi kompleks keraton dari serangan, namun satu pojok hancur akibat peledakan gudang mesiu oleh musuh.

Baca:  Trans Studio Mini Jogja: Wahana Seru & Harga Tiket

Peristiwa ini menyebabkan Sri Sultan ditangkap oleh pihak penjajah Inggris. Kini, hanya tersisa tiga pojok benteng yang menjadi bagian dari sejarah perjuangan rakyat Yogyakarta.

Bisa Melihat Pemandangan Kota Yogyakarta

Bisa Melihat Pemandangan Kota Yogyakarta. Foto: google map/Qonita Aulia R

POJOK BENTENG WETAN Jogja menawarkan pemandangan kota Yogyakarta yang menakjubkan. Pengunjung dapat naik ke atas benteng dan menyaksikan lalu lintas kendaraan di jalan raya serta aktivitas warga kota yang padat. Tempat ini sangat cocok bagi para penggemar fotografi, terutama yang ingin menangkap momen indah saat matahari terbenam.

Suasana malam hari di POJOK BENTENG WETAN Jogja juga menciptakan pemandangan eksklusif dengan kerlap-kerlip lampu di jalan-jalan kota.

Jadi Tempat Persinggahan

Jadi Tempat Persinggahan. Foto: google map/Jendela _Ku

Terletak di pinggir jalan raya, POJOK BENTENG WETAN Jogja sering menjadi tempat persinggahan bagi berbagai kalangan. Pengunjung bisa bersantai, beristirahat setelah bersepeda, atau menikmati suasana tenang di tengah keramaian kota. Selain itu, tempat ini juga cocok sebagai lokasi nongkrong bersama teman-teman atau keluarga.

Dekat Dengan Tempat Wisata Lainnya

Lokasi POJOK BENTENG WETAN Jogja yang strategis membuatnya dekat dengan beberapa destinasi wisata budaya lainnya. Di sekitarnya terdapat beberapa tempat menarik seperti Alun-alun Kidul, Pojok Beteng Kulon, dan Museum Perjuangan Yogyakarta. Dengan jarak yang tidak terlalu jauh, para pengunjung bisa menjelajahi berbagai tempat wisata sekaligus.

Ada Angkringan Murah

Pengunjung yang menyukai kuliner wajib mencoba angkringan yang ada di sekitar POJOK BENTENG WETAN Jogja. Angkringan ini menyajikan hidangan khas Yogyakarta dengan harga yang terjangkau. Selain menikmati sejarah dan pemandangan kota, Anda juga bisa merasakan cita rasa kuliner lokal yang autentik.

Akses Masuk yang Mudah

Akses Masuk yang Mudah. Foto: google map/Antok Seregar

Lokasi POJOK BENTENG WETAN Jogja mudah dijangkau, terutama jika Anda berada di pusat kota Yogyakarta. Pengunjung hanya perlu masuk lewat Plengkung Gading, menyusuri Jalan Siliran ke arah timur, dan dengan mudah menemukan destinasi wisata ini. Jika terdapat kesulitan, bertanya kepada warga sekitar bisa menjadi pilihan untuk mencari petunjuk akses masuk yang tepat.

Baca:  Gembira Loka Zoo: Harga Tiket & Berbagai Aktivitas Seru

Melalui daya tarik yang unik dan keberagaman pengalaman yang ditawarkan, POJOK BENTENG WETAN Jogja menjadi destinasi yang menarik untuk dipelajari, dinikmati, dan dijelajahi.

Fasilitas di POJOK BENTENG WETAN Jogja

Meskipun POJOK BENTENG WETAN Jogja merupakan destinasi wisata bersejarah, tempat ini juga menyediakan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di POJOK BENTENG WETAN Jogja:

  1. Area Parkir
  2. Toilet Umum
  3. Warung Makan
  4. Tempat Istirahat
  5. Penginapan Terdekat

Fasilitas-fasilitas di POJOK BENTENG WETAN Jogja ini memastikan pengalaman wisata yang menyenangkan bagi para pengunjung. Dengan akses yang mudah, fasilitas yang memadai, dan keunikannya yang menarik, POJOK BENTENG WETAN Jogja menjadi tempat yang cocok untuk mengeksplorasi sejarah dan budaya Yogyakarta sambil menikmati momen berharga bersama teman dan keluarga.

Lokasi POJOK BENTENG WETAN Jogja

POJOK BENTENG WETAN Jogja adalah salah satu destinasi wisata bersejarah yang terletak di kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Lokasi benteng ini sangat strategis dan mudah dijangkau oleh para pengunjung. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang lokasi POJOK BENTENG WETAN Jogja:

Alamat: Jalan Sisingamangaraja, Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131.

POJOK BENTENG WETAN Jogja berada di wilayah Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan beberapa destinasi wisata budaya lainnya, sehingga memudahkan wisatawan untuk merencanakan perjalanan yang efisien dan mengunjungi beberapa tempat sekaligus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *