Punthuk Setumbu Magelang: Aktivitas & Tiket Masuk

Posted on
Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu Magelang: Rp20.000-Rp50.000
Jam Buka: 04.00-17.00 WIB
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Jl.Borobudur Ngadiharjo KM 4 km, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56553

Magelang, sebuah kota di Jawa Tengah, memiliki pesona alam yang memukau dan kawasan perbukitan yang menenangkan. Di antara keindahan alamnya, terdapat sebuah tempat yang menjadi magnet bagi para pencinta matahari terbit: Punthuk Setumbu. Terletak di gugusan Bukit Menoreh, Punthuk Setumbu adalah destinasi wisata alam yang menakjubkan di Magelang.

Punthuk Setumbu Magelang

Dengan ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut, tempat ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbit. Punthuk Setumbu bukan hanya sekadar bukit, tetapi juga sebuah tempat di mana Anda dapat merasakan kedamaian dan keajaiban alam.

Wisatawan dari berbagai penjuru datang untuk menyaksikan pagi yang indah di sini, melihat cahaya matahari muncul dari balik cakrawala. Sejarah dan pesonanya membuat Punthuk Setumbu menjadi tujuan wisata yang populer, baik bagi para fotografer yang mencari momen sunrise yang epik, maupun bagi mereka yang hanya ingin menikmati ketenangan di atas bukit yang indah.

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu

Menyaksikan matahari terbit yang memukau di Punthuk Setumbu adalah pengalaman yang tidak terlupakan. Namun, untuk dapat menikmati momen magis ini, wisatawan perlu membayar tiket masuk. Berikut adalah rincian harga tiket masuk Punthuk Setumbu:

Jenis Tiket Harga Tiket
Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp20.000
Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Rp50.000

Harga tiket masuk yang terjangkau ini memberikan akses kepada Anda untuk menikmati panorama matahari terbit yang menakjubkan dari puncak Punthuk Setumbu. Dengan biaya yang relatif rendah, Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dan pemandangan alam yang memesona.

Baca:  RUMAH HANTU Malioboro: Aktivitas Seru & Harga Tiket

Jam Buka Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu di Magelang adalah surga bagi para pencinta keindahan alam dan matahari terbit yang memukau. Keindahan ini dapat dinikmati oleh para pengunjung setiap hari dengan jam operasional yang terbatas. Berikut adalah jam buka resmi Punthuk Setumbu:

Hari Jam Buka
Setiap Hari 04.00 – 17.00 WIB

Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi Punthuk Setumbu mulai pukul 4 pagi hingga jam 5 sore. Jika Anda ingin menyaksikan panorama matahari terbit yang menakjubkan, pastikan Anda tiba di sana sebelum matahari mulai muncul. Dengan jam buka yang dimulai sebelum fajar, Anda akan memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan diri dan menikmati pemandangan alam yang spektakuler.

Sejarah & Aktivitas Seru di Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu, terletak di wilayah Magelang, merupakan salah satu tempat wisata alam yang populer di Indonesia. Dahulu, Punthuk Setumbu hanyalah perbukitan biasa yang digunakan sebagai ladang oleh warga sekitar. Namun, segalanya berubah ketika seorang fotografer mengambil gambar matahari terbit yang memukau di atas Candi Borobudur, dengan Punthuk Setumbu sebagai latar belakangnya. Foto ini menjadi viral dan menarik perhatian banyak orang.

Melihat Keindahan Sunrise

Melihat Keindahan Sunrise

Salah satu aktivitas utama di Punthuk Setumbu adalah menyaksikan matahari terbit yang menakjubkan. Pengalaman ini tidak hanya menyenangkan bagi fotografer profesional, tetapi juga bagi semua orang yang ingin menyaksikan pemandangan alam yang indah. Saat matahari terbit, langit berubah menjadi oranye dan merah, menciptakan latar belakang yang sempurna untuk Candi Borobudur yang terlihat dari kejauhan.

Objek Fotografi Candi Borobudur

Objek Fotografi Candi Borobudur

Punthuk Setumbu menawarkan pemandangan spektakuler Candi Borobudur yang terletak di kejauhan. Saat matahari terbit, pucuk Candi Borobudur tampak seperti muncul dari balik kabut, menciptakan tampilan yang memukau. Banyak pengunjung yang membawa kamera untuk mengabadikan momen ini, terutama para pecinta fotografi. Gunakan tripod untuk menghasilkan foto yang jernih dan stabil.

Baca:  Wisata Alam Kalibiru: Tiket Masuk & Spot Foto

Udara yang Sejuk

Udara yang Sejuk

Dengan ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut, Punthuk Setumbu menawarkan udara yang sejuk dan segar. Udara sejuk ini menjadi penawar yang sempurna setelah mendaki bukit. Anda dapat merasakan ketenangan dan kedamaian sambil menikmati pemandangan indah sekitar.

Mendaki Bukit

Mendaki Bukit

Untuk mencapai puncak Punthuk Setumbu, pengunjung harus melakukan perjalanan pendakian. Meskipun tidak terlalu sulit, tetapi memerlukan usaha ekstra untuk mencapai puncak. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan melewati jalur trekking yang menanjak. Pastikan untuk menggunakan alas kaki yang aman dan nyaman agar perjalanan Anda lebih lancar.

Berkemah di Punthuk Setumbu

Berkemah di Punthuk Setumbu

Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang berbeda, Anda dapat berkemah di area Punthuk Setumbu. Area berkemah telah disediakan dengan baik dan tidak jauh dari lokasi melihat matahari terbit. Anda dapat menikmati keindahan alam yang tenang dan mempesona sambil berkemah di bawah langit malam yang penuh bintang.

Punthuk Setumbu di Magelang adalah destinasi yang sempurna untuk mereka yang mencari keindahan alam dan pengalaman menyaksikan matahari terbit yang memukau. Dari sejarahnya yang menarik hingga aktivitas seru yang ditawarkan, Punthuk Setumbu adalah tempat yang patut dikunjungi bagi siapa pun yang menghargai keindahan alam.

Fasilitas Lengkap di Punthuk Setumbu

Berkunjung ke Punthuk Setumbu tidak hanya tentang menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, tetapi juga tentang merasakan kenyamanan selama perjalanan Anda. Tempat wisata ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk memastikan pengalaman Anda menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan.

  1. Area Berkemah yang Teratur
  2. Tempat Api Unggun
  3. Tempat Makan dan Minum
  4. Toilet Umum
  5. Penyewaan Peralatan

Dengan fasilitas yang memadai ini, Punthuk Setumbu memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjung yang ingin merasakan alam tanpa harus mengorbankan kenyamanan. Fasilitas yang terawat dengan baik ini juga mendukung visi tempat wisata untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Baca:  Museum Merapi Jogja: Aktivitas Seru & Harga Tiket

Lokasi Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu adalah destinasi wisata alam yang terletak di daerah Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya yang strategis membuatnya menjadi tempat yang sangat populer bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus pemandangan matahari terbit yang memukau. Berikut adalah informasi lengkap tentang lokasi Punthuk Setumbu.

Alamat dan Akses:

Punthuk Setumbu berada di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM.4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur, salah satu keajaiban dunia yang terkenal di Indonesia. Dari Candi Borobudur, Anda hanya perlu berkendara sekitar 15 menit untuk mencapai Punthuk Setumbu.

Akses menuju Punthuk Setumbu cukup mudah. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti petunjuk jalan ke Candi Borobudur dan kemudian mengikuti tanda-tanda ke Punthuk Setumbu. Jalan menuju lokasi cukup bagus dan mudah dilalui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *