Situs Warungboto: Daya Tarik Wisata & Harga Tiket

Posted on
Harga Tiket Masuk Situs Warungboto Jogja: Gratis
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Jl. Veteran No.77, Warungboto, Umbulharjo, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55164

Situs Warungboto, sebuah peninggalan bersejarah yang menghadirkan daya tarik wisata dan keunikan tersendiri, menjadi salah satu destinasi menarik bagi para pengunjung yang berkunjung ke Yogyakarta. Terletak di tengah Kota Jogja, lebih tepatnya di daerah Umbulharjo, situs ini telah dibuka kembali untuk umum setelah melalui proses renovasi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY. Dengan pesona bangunan unik yang begitu indah dan estetis, serta berbagai spot foto yang menarik, Situs Warungboto menjadi magnet bagi para pecinta sejarah dan para pencinta wisata Instagramable.

Situs Warungboto
Situs Warungboto. Foto: google map/Vivera Siregar

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Situs Warungboto, penting untuk mengetahui informasi mengenai harga tiket masuk dan jam buka. Meskipun saat ini tiket masuk ke situs ini tidak dikenakan biaya, namun pengunjung hanya perlu membayar tiket parkir. Oleh karena itu, perlu merencanakan kunjungan dengan tepat, terutama saat pagi atau sore hari untuk menghindari teriknya sinar matahari di situs yang tidak memiliki atap ini. Dengan begitu, wisatawan bisa lebih nyaman dan menikmati keindahan Situs Warungboto tanpa harus khawatir tentang biaya tiket masuk.

Sejarah yang terkandung di balik Situs Warungboto menambah daya tariknya sebagai tempat wisata edukatif. Dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dan diteruskan pada masa Sultan Hamengkubuwono II, situs ini dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan dan pemandian keluarga keraton. Kompleks situs ini mencakup taman, kolam, dan tempat pemandian yang menghadirkan suasana yang nyaman dan tenang. Dengan segala keunikan dan keindahannya, Situs Warungboto menjadi salah satu objek wisata yang layak untuk dikunjungi saat berada di Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Situs Warungboto

Kunjungi Situs Warungboto adalah salah satu pengalaman menarik saat berada di Yogyakarta. Bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan dan keunikan situs bersejarah ini, perlu mengetahui informasi tentang harga tiket masuk. Saat ini, untuk masuk ke Situs Warungboto, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk karena biaya masuknya gratis. Namun, tetap perlu diperhatikan bahwa pengunjung hanya dikenakan biaya tiket parkir.

Baca:  Bukit Klangon Sleman: Daya Tarik & Harga Tiket
Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Gratis

Harga tiket masuk Situs Warungboto yang gratis menjadi nilai tambah bagi para pengunjung. Dengan demikian, Anda bisa menikmati keindahan dan eksplorasi di situs bersejarah ini tanpa biaya tambahan. Meskipun demikian, tetap diperlukan biaya untuk tiket parkir yang tergantung dari area dan fasilitas yang digunakan oleh pengunjung. Dengan harga tiket yang terjangkau, Situs Warungboto menjadi destinasi wisata yang cocok untuk keluarga dan para pencinta sejarah yang ingin menjelajahi pesona sejarah Yogyakarta.

Jam Buka Situs Warungboto

Situs Warungboto adalah salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di Yogyakarta. Agar pengunjung dapat merencanakan kunjungannya dengan baik, penting untuk mengetahui jam buka Situs Warungboto. Situs Warungboto buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore. Jam operasional yang cukup luas ini memberi kesempatan bagi pengunjung untuk mengeksplorasi keunikan dan pesona sejarah yang dimiliki oleh situs ini.

Jam Operasional
Setiap hari 08.00-17.00 WIB

Dengan jam buka yang dimulai dari pukul 08.00 pagi, pengunjung memiliki kesempatan untuk datang lebih awal dan menikmati suasana pagi di Situs Warungboto. Selain itu, jam buka hingga pukul 17.00 sore memberi waktu yang cukup bagi pengunjung untuk menjelajahi bangunan-bangunan megah, mengabadikan momen dengan berfoto, serta memahami sejarah dan daya tarik unik yang dimiliki oleh situs bersejarah ini. Jadi, rencanakan kunjungan Anda dengan baik dan jangan sampai melewatkan kesempatan untuk menikmati Situs Warungboto yang menarik ini.

Sejarah & Daya Tarik Situs Warungboto

Sejarah & Daya Tarik Situs Warungboto. Foto: google map/Mosa Hidayati

Situs Warungboto merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang terletak di tengah Kota Jogja, lebih tepatnya berlokasi di Umbulharjo. Situs ini memiliki sejarah panjang yang berkaitan dengan keluarga keraton pada masa lalu. Awalnya, Situs Warungboto dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I dan kemudian dilanjutkan oleh Sultan Hamengkubuwono II. Dahulu, tempat ini digunakan sebagai tempat peristirahatan dan pemandian keluarga kerajaan, karena terdapat sumber mata air di lokasi tersebut.

Baca:  Trans Studio Mini Jogja: Wahana Seru & Harga Tiket

Beberapa waktu lalu, pada tahun 2016, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY melakukan pembenahan terhadap Situs Warungboto. Puing-puing tak beraturan yang ada di situs ini berhasil dibersihkan dan diperbaiki sehingga kini dapat dinikmati oleh para wisatawan. Nama asli Situs Warungboto sebenarnya adalah Pesanggrahan Rejawinangun, yang menggambarkan fungsinya sebagai tempat istirahat bagi keluarga keraton. Kini, keunikan dan keindahan situs ini telah menjadi daya tarik bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat sejarah Jogja.

Berkeliling Bangunan Situs Warungboto

Berkeliling Bangunan Situs Warungboto. Foto: google map/Melia Handayanii

Ketika mengunjungi Situs Warungboto, para pengunjung akan merasakan pesona bangunan-bangunan bersejarah yang ada di dalamnya. Meskipun tampak sederhana dari luar dengan dinding batu yang tinggi, namun di dalamnya tersimpan keindahan dan megahnya bangunan tersebut. Di bagian barat Sungai Gajah Wong, terdapat kompleks bangunan berkamar yang dikelilingi oleh halaman teras dan kolam pemandian. Kolam pemandian tersebut memiliki dua bagian, yaitu kolam berdiameter 4,5 meter dan kolam bujur sangkar berukuran 10 x 4 meter, yang saling terhubung.

Taman yang indah serta pemandangan kolam dan bangunan bersejarah menciptakan suasana yang menarik untuk diabadikan dalam foto. Di dalam Situs Warungboto, pengunjung juga dapat menjelajahi lorong-lorong yang unik dan menarik. Dinding batu yang kokoh serta aksen lengkung pada pintu dan jendela menambah daya tarik estetika dari bangunan ini.

Bangunan Megah dan Arsitektur yang Keren

Bangunan Megah dan Arsitektur yang Keren. Foto: google map/Rois Mbois

Salah satu daya tarik utama Situs Warungboto adalah keindahan dan keunikannya dalam arsitektur bangunan. Meskipun telah berusia tua, namun Situs Warungboto berhasil mempertahankan kemegahan dan keindahannya. Dinding batu yang tegak serta struktur bangunan yang kokoh menunjukkan kehebatan teknik pembangunan pada zamannya.

Bangunan bersejarah ini memiliki nilai estetika yang tinggi dengan lorong-lorong dan pintu yang memukau. Berfoto di tengah-tengah lorong atau di depan pintu dengan latar belakang bangunan yang klasik akan memberikan pengalaman unik bagi para pengunjung. Kehadiran Situs Warungboto telah memberikan tambahan daya tarik wisata budaya di tengah kota Jogja, dan menjadi destinasi favorit bagi wisatawan dan pecinta sejarah.

Baca:  Puncak Becici: Aktivitas Seru & Harga Tiket

Fasilitas

Meskipun Situs Warungboto adalah situs bersejarah dengan keindahan arsitektur yang memukau, pengunjung tak perlu khawatir tentang fasilitas yang tersedia. Meski tidak memiliki fasilitas lengkap seperti wisata modern pada umumnya, ada beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung untuk memberikan kenyamanan selama berkunjung.

  • Area Parkir
  • Area Istirahat
  • Area Spot Foto
  • Toilet Umum
  • Tempat Makan dan Minum

Penting untuk diingat bahwa Situs Warungboto adalah situs bersejarah yang memiliki nilai budaya dan sejarah yang tinggi. Oleh karena itu, para pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan ketertiban selama berada di situs ini. Semua fasilitas tersebut hadir untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman berwisata yang menyenangkan sambil mengapresiasi keindahan arsitektur dan sejarah Jogja yang terpancar dari Situs Warungboto.

Lokasi Situs Warungboto Jogja

Situs Warungboto merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kota Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Umbulharjo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang strategis memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi situs bersejarah ini. Berikut adalah informasi lebih detail mengenai lokasi Situs Warungboto Jogja.

Situs Warungboto terletak di Jalan Veteran No.77, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Kota Jogja. Lokasinya yang berada di tepi jalan raya membuatnya mudah diakses baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, dapat langsung menggunakan navigasi di ponsel atau menggunakan peta kota Jogja untuk mencapai situs. Selain itu, situs ini juga dapat dijangkau dengan berbagai moda transportasi umum, seperti angkutan kota atau taksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *