Sumber Umbulan: Daya Tarik Asri & Tiket Masuk

Posted on
Harga Tiket Masuk Sumber Umbulan Malang: Rp2.000 – Rp5.000
Jam Buka: 08:00 – 17:00 WIB
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Jalan Langlang No.3 RT.11, Langlang II, Desa Langlang, Singosari, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65153

Malang, Jawa Timur, adalah rumah bagi berbagai destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Meskipun pesona buatan terus berkembang, namun di tengah gempuran daya tarik modern, Sumber Umbulan tetap menjadi sebuah tempat yang memikat dengan keindahan alamnya yang alami dan mempesona.

Sumber Umbulan Malang

Sumber Umbulan adalah sebuah mata air alami yang tidak pernah kering, ditemukan di dalam perkampungan terpencil di Malang. Keunikan lokasinya yang tersembunyi menambah daya tariknya. Walaupun lokasinya mungkin agak tersembunyi, suasana alam yang asri dan kejernihan air yang mengejutkan akan membayar setiap perjuangan untuk mencapainya.

Artikel ini akan membimbing Anda untuk mengenal lebih dekat tentang Sumber Umbulan, tempat wisata alam yang masih memancarkan pesona alam murni. Selain membahas tentang pesona alamnya, artikel ini juga akan membahas informasi praktis seperti harga tiket masuk, jam operasional, fasilitas yang tersedia, dan juga bagaimana mencapai lokasi yang tersembunyi ini.

Harga Tiket Masuk Sumber Umbulan

Bagian ini adalah informasi praktis yang banyak dari kita cari sebelum berkunjung ke suatu tempat wisata: harga tiket masuk. Salah satu kelebihan Sumber Umbulan adalah bahwa harga tiketnya sangat terjangkau, menjadikannya tempat yang ramah di kantong bagi wisatawan dari berbagai kalangan. Berikut adalah tabel yang merincikan harga tiket masuk dan biaya parkir yang berlaku di Sumber Umbulan:

Tiket Masuk Harga
Tiket Masuk Gratis
Tarif Parkir Motor Rp2.000
Tarif Parkir Mobil Rp5.000

Seperti yang terlihat dalam tabel di atas, tiket masuk ke Sumber Umbulan adalah GRATIS. Ini tentu menjadi kabar baik, terutama bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dengan anggaran terbatas. Anda hanya perlu membayar biaya parkir yang sangat terjangkau, baik jika Anda datang dengan sepeda motor atau mobil.

Jam Buka Sumber Umbulan

Sebelum Anda merencanakan kunjungan ke Sumber Umbulan, penting untuk mengetahui jam operasionalnya agar Anda dapat mengatur waktu perjalanan Anda dengan baik. Berikut adalah jam buka resmi Sumber Umbulan:

Baca:  Air Terjun Sumber Pitu: Keindahan Alam & Harga Tiket
Jam Operasional Hari Jam Buka Jam Tutup
Setiap hari Senin – Minggu 08:00 WIB 17:00 WIB

Sumber Umbulan buka setiap hari mulai dari Senin hingga Minggu. Tempat ini dibuka mulai pukul 08:00 pagi hingga pukul 17:00 sore waktu Indonesia Barat (WIB). Jadi, Anda memiliki waktu yang cukup panjang untuk menikmati keindahan alamnya. Namun, perlu diingat bahwa wisatawan hanya diperbolehkan berada di sini selama jam operasional yang telah ditentukan.

Daya Tarik Asri Sumber Umbulan

Sumber Umbulan adalah salah satu destinasi wisata alam yang luar biasa di Malang, Jawa Timur. Meskipun terletak di tengah gempuran wisata buatan, Sumber Umbulan masih mempertahankan keaslian alam dan keindahan alaminya. Tempat ini adalah sumber mata air alami yang tak pernah kering, dan menawarkan pengalaman yang asri dan menenangkan bagi para pengunjungnya.

Berikut adalah beberapa daya tarik asri Sumber Umbulan yang menjadikannya tempat yang luar biasa untuk dikunjungi:

Menikmati Asrinya Sumber Umbulan

Menikmati Asrinya Sumber Umbulan

Sumber Umbulan menawarkan kolam air alami yang berasal dari mata air alami. Kolam ini memiliki air yang sangat jernih dengan warna biru kehijauan yang memukau. Kedalamannya hanya sekitar 1,5 meter, membuatnya aman untuk berenang dan berendam bagi pengunjung dari berbagai usia. Dasar kolam terlihat jelas dari atas permukaan air, dengan bebatuan dan tanah yang padat, sehingga tidak ada resiko tenggelam. Ada juga ranting-ranting pohon yang menancap di dasar kolam, menciptakan suasana alami yang menawan.

Tersedia gazebo yang dapat disewa oleh pengunjung. Gazebo-gazebo ini menyediakan tempat yang sempurna untuk bersantai, menikmati pemandangan, dan menikmati hidangan lezat. Bagi yang lebih suka bersantai di sekitar kolam, Anda akan menemukan banyak area berteduh di bawah pepohonan, yang membuatnya tempat yang sempurna untuk duduk sambil merasakan kedamaian alam.

Berenang Di Sejuknya Sumber Mata Air

Berenang Di Sejuknya Sumber Mata Air

Sumber Umbulan menawarkan kolam alami dengan air yang berasal dari mata air alami yang tak pernah kering. Airnya begitu jernih dan sejuk sehingga sangat menggoda untuk berenang. Kedalamannya yang hanya sekitar 1,5 meter dan kondisi kolam yang tenang menjadikannya tempat yang aman bagi anak-anak dan orang dewasa untuk berenang. Dasar kolam yang tampak sangat j clear, dengan bebatuan dan tanah yang padat, sehingga tidak ada risiko tenggelam. Di dasar kolam juga terdapat ranting-ranting pohon yang menambah nuansa alami dan memperkaya pengalaman berenang Anda.

Baca:  Coban Glotak: Daya Tarik & Harga Tiket Masuk

Kolam Buatan Dengan Pemandangan Sawah

Kolam Buatan Dengan Pemandangan Sawah

Selain kolam alami, Sumber Umbulan juga memiliki kolam buatan yang juga mengambil sumber mata air yang sama. Kolam ini memiliki latar belakang yang unik berupa sawah terasering yang berundak-undak, menciptakan pemandangan yang mirip dengan pemandangan sawah di Pulau Bali. Suasana ini memberi Anda sensasi seolah berada di tengah Pulau Dewata, menggabungkan keindahan alam dengan keunikan budaya.

Bersantai Di Kawasan Kolam

Bersantai Di Kawasan Kolam

Di sekitar kolam-kolam, terdapat anjungan sederhana yang terbuat dari bambu, yang berfungsi sebagai tempat duduk bagi pengunjung yang ingin bersantai. Ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, bersosialisasi, atau hanya menikmati ketenangan dan keindahan alam. Anda dapat menceburkan kaki ke dalam kolam, merasakan air sejuk mengelilingi kaki Anda, dan menyaksikan ikan-ikan air tawar yang berenang di bawah air. Momen ini sangat menenangkan dan menambah pesona Sumber Umbulan.

Tempat Ditemukannya Situs Bersejarah

Tempat Ditemukannya Situs Bersejarah

Sumber Umbulan tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga memiliki nilai sejarah yang menarik. Di sekitar sumber mata air, ditemukan peninggalan bersejarah seperti struktur batu bata yang berasal dari abad ke-12 Masehi, yang diduga merupakan peninggalan kerajaan Singosari. Selain itu, juga ditemukan alat-alat seperti lumpang, yang digunakan untuk menumbuk gabah. Seluruh penemuan ini memberikan petunjuk akan sejarah dan budaya tempat ini, dan penggalian lebih lanjut mungkin akan mengungkapkan lebih banyak peninggalan bersejarah.

Sumber Umbulan menawarkan pengalaman wisata yang unik dengan perpaduan keindahan alam, kesegaran air, dan nilai sejarah yang menarik. Tempat ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, menjelajahi keajaiban alam, dan merasakan ketenangan yang hanya dapat ditemukan di tengah alam alami.

Fasilitas di Sumber Umbulan

Sumber Umbulan, sebagai destinasi alam yang menakjubkan, telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk memastikan pengalaman pengunjung yang nyaman dan memuaskan. Meskipun terletak di dalam perkampungan yang mungkin terasa terpencil, Sumber Umbulan telah menyediakan beragam fasilitas yang berguna. Inilah beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di sini:

  • Kamar Mandi dan Tempat Bilas
  • Area Parkir
  • Gazebo
  • Warung
  • Musala
Baca:  Kraton Gunung Kawi: Keindahan, Daya Tarik & Harga Tiket

Walaupun tersembunyi di dalam perkampungan yang tenang, Sumber Umbulan telah memastikan bahwa pengunjungnya merasa nyaman dan memiliki semua fasilitas yang diperlukan untuk menikmati pengalaman wisata yang menyegarkan. Fasilitas-fasilitas ini juga mendukung kenyamanan dan kenyamanan bagi mereka yang ingin bersantai, mengeksplorasi keajaiban alam, dan merasakan ketenangan yang hanya ditemukan di tengah alam alami.

Lokasi Sumber Umbulan

Sumber Umbulan adalah salah satu destinasi alam yang menakjubkan di Malang, Jawa Timur. Keunikan tempat ini terletak pada sumber mata air alami yang tak pernah kering, menciptakan kolam air jernih yang mengundang. Lokasinya mungkin sedikit tersembunyi di dalam perkampungan, tetapi keindahan alamnya membuatnya patut dikunjungi. Berikut informasi lebih lanjut mengenai lokasi Sumber Umbulan:

  • Alamat: Sumber Umbulan terletak di Jalan Langlang No.3 RT.11, Langlang II, Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur.
  • Jarak dari Kota Malang: Destinasi ini berjarak sekitar 13 kilometer dari Alun-Alun Kota Malang. Perjalanan dari pusat kota ke Sumber Umbulan memakan waktu sekitar 40 menit berkendara, tergantung pada lalu lintas dan kondisi jalan.
  • Akses: Anda dapat mencapai Sumber Umbulan dengan kendaraan pribadi atau taksi. Meskipun area parkirnya terletak sedikit jauh dari lokasi utama, perjalanan melalui perkampungan dan persawahan akan memberikan Anda pengalaman yang menarik.

Sumber Umbulan memiliki koordinat geografis yang indah di antara alam alami dan lingkungan pedesaan. Hal ini memberikan suasana yang menenangkan dan alami yang sempurna bagi pengunjung yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan. Mengunjungi Sumber Umbulan adalah pengalaman yang menggabungkan alam, budaya, dan sejarah, semuanya di satu lokasi yang menakjubkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *