Taman Sari Jogja: Aktivitas, Spot Foto & Harga Tiket

Posted on
Harga Tiket Masuk Taman Sari Jogja: Rp10.000 – Rp25.000
Jam Buka: 09.00 – 15.00 WIB
Nomor Telepon: 08179424442
Alamat / Lokasi: Jl. Taman Sari No.42, Kadipaten, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55132

Yogyakarta, dengan segala pesonanya, menyimpan sejarah yang kaya di setiap sudutnya. Taman Sari Jogja adalah salah satu destinasi yang membawa kita melintasi lorong waktu menuju masa lampau. Dikenal sebagai istana air, Taman Sari adalah bagian tak terpisahkan dari keraton Yogyakarta. Memiliki pesona unik yang menggabungkan sejarah dan keindahan alam, tempat ini telah menarik minat baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Taman Sari Jogja

Taman Sari adalah istana air yang memiliki latar belakang sejarah yang kuat. Berdiri di atas tanah bekas kebun istana keraton Yogyakarta, tempat ini memiliki arsitektur yang mengingatkan kita pada masa kejayaan kerajaan. Terbentang di atas lahan seluas 10 hektar, tempat ini dulunya memiliki 57 bangunan yang menghiasi lingkungan istana.

Meskipun beberapa bagian sudah tidak lagi utuh, sisa-sisa bangunan istana air ini tetap memukau dan memancarkan aura kemegahan yang tak terlupakan. Dengan lokasinya yang strategis, Taman Sari menjadi salah satu tujuan favorit bagi mereka yang ingin menggali sejarah dan menikmati pesona alam Yogyakarta secara bersamaan.

Harga Tiket Masuk Taman Sari

Bagi para pengunjung yang ingin mengalami petualangan sejarah dan keindahan alam yang unik di Taman Sari Jogja, tiket masuknya tergolong sangat terjangkau. Biaya tiket masuknya bervariasi berdasarkan jenis pengunjung, baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Berikut adalah daftar harga tiket masuk Taman Sari:

Jenis Tiket Harga Tiket
Tiket Masuk Anak Domestik 2-12 Tahun Rp10.000
Tiket Masuk Dewasa Domestik Rp15.000
Tiket Masuk Anak Mancanegara Rp20.000
Tiket Masuk Dewasa Mancanegara Rp25.000
Baca:  The Lost World Castle: Tiket Masuk & Spot Foto

Penting untuk diingat bahwa jika Anda berencana untuk mengambil video menggunakan kamera profesional, sebaiknya konfirmasi terlebih dahulu di kantor Taman Sari. Dengan tarif yang terjangkau ini, pengunjung dapat menikmati pengalaman berharga di lokasi yang sarat sejarah dan pesona alam yang memukau.

Jam Buka Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja adalah salah satu destinasi wisata yang memiliki jam operasional teratur, sehingga pengunjung dapat merencanakan kunjungan mereka dengan baik. Tempat ini menyediakan waktu yang cukup luas untuk menjelajahi setiap sudutnya. Berikut adalah jam buka resmi Taman Sari Jogja:

Hari Jam Buka
Senin-Minggu 09.00 – 15.00 WIB

Dengan jam operasional dari pukul 09.00 pagi hingga 15.00 sore setiap hari, pengunjung memiliki kesempatan yang baik untuk mengunjungi Taman Sari dan menikmati segala pesona sejarah dan keindahan alamnya. Namun, pastikan Anda datang dengan waktu yang cukup agar dapat mengeksplorasi dengan santai dan tidak terburu-buru.

Aktivitas Seru di Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja bukan hanya sekadar bangunan bersejarah, tetapi juga menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa aktivitas seru yang dapat Anda lakukan ketika mengunjungi Taman Sari:

Gapura Agung Taman Sari

Gapura Agung Taman Sari

Gapura Agung Taman Sari menjadi titik awal petualangan di kompleks ini. Dengan hiasan ornamen berbentuk bunga dan sayap burung, gapura ini menyuguhkan keindahan arsitektur tradisional yang masih terjaga hingga kini.

Pesanggrahan

Pesanggrahan

Di area pesanggrahan, Anda dapat merasakan nuansa sejarah yang kuat. Bangunan ini dulunya berfungsi sebagai tempat strategi perang dan penyimpanan baju perang serta senjata. Lapangan di depannya digunakan sebagai tempat berlatih pedang.

Umbul Binangun

Umbul Binangun

Salah satu daya tarik utama Taman Sari adalah Umbul Binangun, yang terdiri dari tiga kolam berair biru. Kolam ini memiliki sejarah tersendiri, dimana Umbul kawitan digunakan untuk pemandian putri-putri raja, Umbul pamuncar untuk para selir raja, dan Umbul Panguras yang terpisah.

Baca:  Alun-Alun Kidul Jogja: Harga Tiket & Aktivitas

Sumur Gumuling

Sumur Gumuling

Sumur Gumuling merupakan area yang unik, karena memiliki bentuk seperti masjid bawah tanah. Bangunan ini memiliki dua tingkat melingkar 360° dengan bangunan tengah berlubang. Akustik yang unik membuatnya terdengar hingga ke seluruh ruangan, dan bentuknya sering menjadi spot foto menarik.

Gedung Kenongo

Gedung Kenongo

Gedung Kenongo adalah gedung tertinggi di Taman Sari, dulunya digunakan sebagai tempat bersantap raja. Sekarang, gedung ini menjadi tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam yang mempesona serta seluruh pemandangan Taman Sari.

Dengan berbagai aktivitas dan tempat menarik yang dapat dijelajahi, pengunjung dapat merasakan atmosfer sejarah dan keindahan alam yang memukau di Taman Sari Jogja. Selain itu, area ini juga cocok untuk sesi foto yang menawan dan eksplorasi budaya yang kaya.

Fasilitas di Taman Sari Jogja

Ketika mengunjungi Taman Sari Jogja, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai fasilitas yang dapat membuat kunjungan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Berikut adalah beberapa fasilitas yang dapat Anda temukan di Taman Sari:

  • Toilet Umum
  • Area Istirahat
  • Area Parkir
  • Warung dan Toko Cenderamata
  • Petugas Keamanan
  • Pemandu Wisata

Dengan fasilitas-fasilitas tersebut, pengunjung dapat merasa nyaman dan puas selama berada di Taman Sari Jogja. Fasilitas yang tersedia di sini memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan dan sejarah Taman Sari.

Lokasi Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja, yang juga dikenal sebagai “Istana Air,” merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang sangat populer di Yogyakarta. Terletak di Jalan Kompleks Wisata Taman Sari Pathen, Kraton, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia 55133. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah diakses oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagi para pengunjung yang datang dari pusat Kota Yogyakarta, jarak ke Taman Sari tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 2-3 kilometer, atau sekitar 10-15 menit berkendara, Anda sudah bisa mencapai lokasi ini. Selain itu, aksesibilitas ke Taman Sari juga terjamin, dengan berbagai pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan.

  • Transportasi Umum: Bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi, Anda dapat memanfaatkan transportasi umum seperti taksi atau becak. Terdapat juga angkutan khusus wisata yang melayani rute keraton, Taman Sari, dan Ngabean. Julukannya adalah “si Thole,” dan angkutan ini beroperasi dari pukul 08.00 hingga 22.00 WIB.
  • Kendaraan Pribadi: Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda dapat memanfaatkan area parkir yang tersedia di sekitar Taman Sari. Area parkir yang luas akan memastikan kendaraan Anda aman dan terjaga selama kunjungan.
Baca:  TAMAN BUDAYA Yogyakarta: Tiket & Aktivitas Seru

Lokasi Taman Sari yang mudah dijangkau membuatnya menjadi destinasi wisata yang populer. Dengan berbagai pilihan transportasi yang tersedia, Anda dapat dengan mudah mencapai Taman Sari dan menikmati keindahan serta sejarah yang ditawarkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *