Wisata Alam Kalibiru: Tiket Masuk & Spot Foto

Posted on
Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru: Rp10.000 – Rp20.000
Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB
Nomor Telepon:
Alamat / Lokasi: Jalan Waduk Sermo, Kokap, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia , 55653

Wisata Alam Kalibiru, terletak di Kulonprogo, merupakan salah satu destinasi wisata alam menarik di Yogyakarta. Awalnya kawasan ini adalah hutan negara yang subur, namun dengan kerjasama pemerintah dan masyarakat setempat, kini Kalibiru telah dijadikan kawasan wisata nan asri. Untuk memasuki area ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk yang terjangkau, dan beberapa spot foto memiliki tarif tersendiri.

Wisata Alam Kalibiru
Salah Satu Spot Foto Terbaik di Wisata Alam Kalibiru yaitu gardu pandang. Foto: google map/Aulia Sabrina

Objek wisata Kalibiru menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan beragam wahana menarik. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari menara pandang, terutama saat matahari terbenam. Selain itu, wisatawan dapat mencoba aktivitas menantang seperti flying fox dan high rope yang akan menguji adrenalin.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kalibiru adalah saat musim penghujan, ketika pepohonan tampak hijau dan segar. Jika Anda mencari pengalaman alam yang menarik dan memacu adrenalin, Wisata Alam Kalibiru adalah tempat yang sempurna untuk dikunjungi di Jogja.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru menyediakan dua jenis tiket masuk, yaitu untuk pengunjung pada hari biasa dengan harga Rp10.000 dan tiket masuk khusus untuk turis internasional dengan harga Rp20.000. Harga tiket masuk yang terjangkau ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati keindahan alam Kalibiru dan mengikuti berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan di dalamnya.

Harga Tiket Masuk Kalibiru
Hari biasa Rp10.000
International Tourist Rp20.000

Tiket masuk tersebut juga termasuk akses untuk menikmati pemandangan dari menara pandang yang menakjubkan serta kesempatan mencoba flying fox dan high rope yang akan memberikan pengalaman seru dan mendebarkan. Dengan harga yang terjangkau, tidak heran jika Wisata Alam Kalibiru menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Baca:  Situs Warungboto: Daya Tarik Wisata & Harga Tiket

Jam Buka

Wisata Alam Kalibiru buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.00 sore (Waktu Indonesia Barat). Pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan berbagai wahana yang ditawarkan selama jam operasional tersebut. Selain itu, jika berkunjung di sore hari, pengunjung juga akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang spektakuler dari menara pandang Kalibiru.

Jam Operasional
Setiap hari 08.00 – 16.00 WIB

Dengan jam operasional yang luas, wisatawan memiliki banyak waktu untuk menjelajahi dan menikmati setiap sudut keindahan alam Kalibiru tanpa terburu-buru.

Aktivitas & Wahana Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru adalah destinasi yang menawarkan beragam aktivitas seru dan wahana menantang untuk para pengunjung yang mencari petualangan. Berada di ketinggian 450 mdpl, tempat ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang ditumbuhi berbagai jenis pepohonan seperti cemara, jati, dan kayu putih. Selain menikmati pesona alam yang memukau, pengunjung dapat merasakan sensasi unik dalam menghadapi wahana-wahana berikut:

Melihat Pesona Keindahan di Menara Pandang

Melihat Pesona Keindahan di Menara Pandang. Foto: google map/Wisata Kalibiru

Menara pandang menjadi salah satu daya tarik utama di Wisata Alam Kalibiru. Dari puncak menara, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan indah Pegunungan Menoreh yang bergelombang dan Waduk Sermo yang memikat. Keindahan alam yang begitu menakjubkan ini akan membuat setiap momen di menara pandang tak terlupakan. Tidak hanya itu, spot-spot foto di sekitar menara juga sangat menarik untuk mengabadikan kenangan.

Memacu Adrenalin dengan Flying Fox

Memacu Adrenalin dengan Flying Fox. Foto: google map/Kalibiru

Bagi para pencinta petualangan dan tantangan, wisata ini menawarkan wahana flying fox yang menegangkan. Pengunjung akan merasakan sensasi meluncur di atas pohon dengan kecepatan tinggi, sambil menikmati panorama alam yang luar biasa. Selain itu, ada juga wahana high rope yang menguji ketangkasan dan keseimbangan pengunjung saat menyeberangi jembatan tali dan kayu yang berayun di antara pepohonan. Aktivitas-aktivitas ini akan meningkatkan adrenalin dan memberikan pengalaman tak terlupakan di tengah pesona alam Kalibiru.

Baca:  Goa Pindul Jogja: Aktivitas Seru & Tiket Masuk

Waktu yang Pas Berkunjung ke Wisata Alam Kalibiru

Waktu yang Pas Berkunjung ke Wisata Alam Kalibiru. Foto: google map/ryan andriawan

Salah satu faktor penting dalam menikmati keindahan alam Kalibiru adalah memilih waktu yang tepat untuk berkunjung. Musim penghujan, khususnya bulan-bulan setelah hujan deras, adalah waktu yang ideal karena pepohonan dan vegetasi akan tampak segar dan hijau. Kunjungan di musim penghujan akan memberikan pengalaman menyaksikan alam dalam keadaan terbaik. Selain itu, datanglah di sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam dari menara pandang. Pemandangan langit senja yang spektakuler akan menjadi puncak pengalaman wisata di Kalibiru.

Jika Anda adalah pencinta petualangan dan keindahan alam, Wisata Alam Kalibiru adalah destinasi yang tak boleh dilewatkan. Nikmati sensasi meluncur di atas pepohonan dengan flying fox, nikmati pesona alam dari ketinggian di menara pandang, dan kunjungi Kalibiru pada waktu yang tepat untuk memaksimalkan pengalaman wisata Anda. Jadikan momen di Kalibiru sebagai kenangan indah yang akan selalu terpatri dalam ingatan.

Fasilitas

Wisata Alam Kalibiru telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di lokasi:

  1. Toilet Bersih
  2. Warung Makan
  3. Area Parkir Luas
  4. Homestay

Fasilitas yang lengkap dan terawat dengan baik di Wisata Alam Kalibiru akan memastikan pengalaman wisata yang menyenangkan dan lancar bagi setiap pengunjung. Tidak perlu khawatir tentang kenyamanan dan kebutuhan dasar karena semua fasilitas tersebut telah disiapkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Dengan fasilitas yang memadai, pengunjung dapat sepenuhnya menikmati keindahan alam dan aktivitas seru di Kalibiru tanpa khawatir kesulitan dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Alamat Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru berlokasi di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan jasa transportasi umum.

Baca:  Teras Malioboro 1: Pilihan Kuliner & Spot Menarik

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengikuti rute perjalanan sebagai berikut:

  1. Dari pusat Kota Yogyakarta, arahkan perjalanan ke arah barat menuju Jalan Magelang.
  2. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Jend. Sudirman dan teruskan ke Jalan Palagan Tentara Pelajar.
  3. Setelah itu, ikuti petunjuk arah menuju Kecamatan Kokap, Kulonprogo.
  4. Sesampainya di Kokap, ikuti petunjuk arah menuju Desa Hargowilis.
  5. Wisata Alam Kalibiru berada di sekitar Desa Hargowilis.

Jika menggunakan transportasi umum, pengunjung dapat mengambil Bus Trans Jogja dengan rute 4A (Terminal Condongcatur – Giwangan) hingga Terminal Giwangan. Dari Terminal Giwangan, lanjutkan dengan mengambil angkutan umum atau ojek menuju lokasi Wisata Alam Kalibiru di Desa Hargowilis.

Sebagai referensi, wisata ini berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam tergantung dari kondisi lalu lintas. Selama perjalanan, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan pesona pedesaan sekitar Kulonprogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *