Manfaat Travelling Bagi Kesehatan Jiwa

Seringkali kita dengar istilah “kurang piknik” atau “pikniknya kurang jauh” ditujukan kepada orang-orang yang sensitive, galau atau bahasa trendinya baper. Bisa jadi hal tersebut ada benarnya. Menghabiskan bertahun-tahun dalam rutinitas yang selalu sama tentunya bisa menghadirkan kebosanan di dalam diri. Makanya di butuhkan Travelling atau Jalan-jalan untuk kesehatan jiwa kita.

Kebosanan yang akut bisa melahirkan berbagai efek samping, seperti kurang fokus pada pekerjaan, mudah uring-uringan hingga tidak bersemangat menjalani hari. Itulah kenapa sangat penting bagi kita untuk menyisihkan beberapa hari dalam satu bulan, atau setidaknya satu tahun, untuk melakukan sebuah perjalanan ke suatu tempat. Tidak harus jauh, menepi sejenak ke pantai atau gunung bisa menyegarkan kembali jiwa kita dan mengusir rasa penat. Berikut ini  manfaat travelling bagi kesehatan jiwa.

1. Mengembalikan Semangat Hidup

Rutinitas yang kita jalani setiap hari bisa menuai kebosanan di dalam diri. Rasa bosan yang terlalu lama dibiarkan bisa membuat diri kita tidak lagi bersemangat menjalani hidup. Hidup menjadi hambar dan berjalan tanpa tujuan. Dengan Travelling atau dengan kata lain menyempatkan untuk pergi sejenak dari rutinitas dan menapaki tempat-tempat baru, kita bisa mengumpulkan kembali semangat hidup yang tercecer. Pengalaman baru, pemandangan yang indah, udara yang bersih, tempat yang unik bisa memberikan kita kebahagiaan dan menghapus kebosanan. Karena dengan Travelling atau jalan-jalan  ke tempat yang baru atau tempat yang lebih segar mampu membuat Semangat hidup kita lebih baik dalam menjalani hidup.

 

2. Menenangkan Pikiran

Rutinitas acap kali membuat kita lebih mudah lelah, tidak fokus, dan menjadi gampang uring-uringan. Ditekan dengan target-target harian dan pekerjaan membuat pikiran tidak tenang dan jiwa menjadi tak bersih. Pergi traveling ke suatu tempat yang kita sukai bisa membantu untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan kedamaian jiwa. Hati dan jiwa yang tenang sangat baik untuk kelanjutan hidup ke depan.

3. Mendapat Sudut Pandang Baru

Manfaat travelling bagi kesehatan jiwa berikutnya yaitu untuk mengumpulkan pengalaman dan wawasan baru. Dengan pergi ke sebuah tempat, kota atau negara – khususnya yang belum pernah kita singgahi sebelumnya – bisa memberikan kaca mata baru bagi kita tentang bagaimana bersikap, perbedaan budaya hingga bagaimana menyelesaikan masalah dengan sudut pandang baru. Traveling bisa membuat kita semakin bijak dan dewasa memandang hidup ketika kita mampu menikmati proses setiap perjalanan yang kita lakukan.

   

4. Bertemu dengan Orang Baru

Saat bepergian ke berbagai tempat, kita akan bertemu dengan banyak orang. Orang-orang yang baru kita temui baik secara langsung ataupun tidak akan memberikan kita pengalaman dan wawasan baru. Dari mereka kita bisa belajar banyak hal baru tentang menyikapi kehidupan.

Bahkan semakin banyak kita traveling, akan semakin banyak orang yang kita temui, sehingga memungkinkan kita untuk memperluas pertemanan dan networking yang bisa jadi sangat bermanfaat bagi kehidupan kita di masa depan. Semakin banyak teman baik yang kita miliki, semakin berharga hidup yang kita jalani.

 

5. Mendekatkan Diri dengan Keluarga

Ketika rutinitas membelenggu, terkadang kita bahkan tidak memiliki cukup waktu untuk keluarga, bahkan diri sendiri. Dengan melakukan sebuah perjalanan, kita bisa memiliki quality time dengan keluarga, sehingga hubungan yang renggang bisa kembali hangat dan dekat. Melakukan perjalanan bersama keluarga juga akan menimbulkan rasa bahagia dan tenang di hati sehingga ketika kita kembali ke kehidupan yang penuh rutinitas, kita menjadi lebih mengerti arti penting keluarga dalam diri kita.

 

Tentu saja manfaat travelling bagi kesehatan jiwa di atas hanyalah sepersekian bagian dari jutaan manfaat yang ada. Masih ada banyak yang bisa digali dari setiap perjalanan yang kita lakukan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, kita piknik!

                 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Get an awesome sticky message bar!Download
error: Content is protected !!